27.9 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Melalui Lomba Kolase Kembangkan Potensi Seni Anak Didik Sejak Dini
M

Payakumbuh–Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar yang telah dibubuhi lem sebagai perekat. Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan. Sekitar 455 siswa Raudhatul Athfal (RA) yang berasal dari 11 RA yang ada di jajaran kankemenag Kota Payakumbuh pagi ini hadir di aula serbaguna kantor ini untuk saling berlomba perlihatkan kreatifitas dan seni siswa. Lomba kolase yang bertemakan “aktualisasi, spritual, ikhlas beramal dan karya nyata dalam mewujudkan siswa RA yang berkarakter, bermutu dan berdaya saing sebagai benteng NKRI mendatang” digelar dalam rangka Milad Ke 15 tahun 2017 yang jatuh tanggal 29 Oktober 2017, mendatang.

Lomba kolase mengisi pola bergambar buah apel dan jambu ini dibuka langsung Kepala kankemenag diwakili Kasi Pendidikan Madrasah, Darius hari ini Sabtu (28/10) yang didampingi Pengurus IGRA, Jumiati dan menghadirkan juri penilai Ibu Erdawati kepala TK Ar Rahmah Kota Payakumbuh dan Ibu Asma kepala TK Tunas Harapan dari Kec. Akar Biluru Kab. 50 Kota.

Membuka lomba kolase, Kasi Pendmad, Darius menyampaikan apresiasi kepada Pengurus IGRA Kota Payakumbuh yang telah laksanakan kegiatan rutin tahunan ini. Mari kita arahkan siswa kita supaya dapat berkarya dengan maksimal, sehingga akan terlahir para nominasi yang kita harapkan. Bermain sambil belajar.

” Mari jadikan semangat hari Sumpah Pemuda sebagai semangat tumbuh kembang generasi emas dalam meraih prestasinya. Lomba Kolase merupakan program rutin tahunan sebagai wadah silaturrahmi bertemunya walimurid dari 11 RA yang ada di Kota Payakumbuh, termasuk para siswa dengan siswa RA lain. Dari lomba ini akan tampak dan lahirlah bakat seni peserta didik, sekaligus sebagai wadah menyiapkan siswa yang akan berlaga di cabang kolase yang akan digelar dalam berbagai ajang di tingkat kota dan provinsi, nantinya. Selamat berlomba anak-anak Bapak semuanya, para guru silahkan koordinir anak-anak dimana tempat yang aman untuk berkarya,” arah Darius.

Salah seorang dewan penilai, Erdawati dalam arahannya menjelaskan bahwa aspek yang akan dinilai adalah kecocokan antara gambar dengan warna potongan kaelnder yang ditempalkan pada gambar. Selain itu kita juga lakukan penilaian terkait K3.

“Silahkan para siswa pikirkan, apa warna yang akan ditempelkan pada pola kolase. Untuk siswalaki-laki kita serahkan pola kolase buah jambu dan untuk siswi kita serahkan pola kolase buah apel. Silahkan masukan warna yang diinginkan sehingga tercipta gambar yang cantik, dan jangan sampai gelepotan dan kotor, ya anakku semua yang kami sayangi,” terang Erdawati dengan manja.

Para siswa berlomba mengisi pola kolase yang ada di meja belajar yang telah disiapkan. Terlihat wajah manja dan bermalas-malasan para siswa melakukan pengisian kertas kolase bergambar buah alias peta kosong. Juga tampak walimurid terkadang memberikan motivas dan mengarahkan anak mereka supaya mengerjakan pengisian pola kolase tepat waktu. Keterbatasannya ruang untuk berkerasi, atas izin kepala kankemenag, sebahagian ruang dan lapangan yang ada di kankemenag dimanfaatkan untuk lokasi lomba.

Dalam lomba yang berlangsung hingga pukul 11.00 siang ini, setelah melakukan penilaian secara independen, juri Erdawati dan Asma menetapkan Shiren siswi RA Pelita sebagai Juara I, Juara II diraih Asy-Syifa siswi RA Pelita dan Yaya juga siswi RA Pelita. Cabang lomba kolase untuk putra, Juara I diraih Fahran dari RA Al-Ikhlas, Juara II Zikri dari RA Al Ikhlas dan Juara II Rafiq dari RA Panginang.

Ketua IGRA, Jumiati menyampaikan ucapan terima kasih kepada 11 Kepala RA se Kota Payakumbuh.

“Terimakasih kami aturka kepada kepala RA dan majlis guru, terkhusus terima kasih kami aturkan untuk walimurid yang telah berpartisipasi terlaksananya kegiatan kolase ini. Karena jarak yang tersebar, kita sengaja ambil keputusan lomba dilaksanakan di aula kankemenag. Selanjutnya pemenang lomba kolase ini akan kita jadikan inventaris untuk ajang lomba mendatang. Terima kasih,” ucap Jumiati.ul

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.
- Advertisement -