26 C
Padang
Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Melahirkan Bibit Pembaca UUD 1945 Berkualitas, Mahasiswa KKN UNAND Adakan pelatihan Pembacaan UUD 1945
M

Kategori -
- Advertisement -

Agam,BeritaSumbar.com,-Mahasiswa KKN UNAND yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), ibu Ulfanora, melakukan program kerja pendidikan yaitu pelatihan pembacaan Undang Undang Dasar 1945 di SD N 06 Hulu Banda pada senin (07/08/2023).

Undang-Undang Dasar 1945 merupakan dasar konstitusi dan sumber hukum tertinggi yang berlaku di Indonesia. Sudah sewajarnya Undang-Undang Dasar dibacakan dengan lantang ketika Upacara terutama di tingkat sekolah. Atas dasar untuk menciptakan generasi yang

unggul dalam wujud pengabdian kepada negara, salah satunya dengan mempraktekan secara lantang pembacaan Undang-Undang Dasar, maka mahasiswa/i KKN UNAND melakukan program kerja bidang pendidikan yaitu mengajar kelas Undang-Undang Dasar tanpa melihat teks.

Kegiatan ini disambut hangat oleh siswa/i dan bapak ibuk guru. Target kegiatan ini bukan hanya sekedar bisa menyampaikan secara lantang tanpa melihat teks Undang-Undang Dasar saja namun juga dapat menciptakan generasi muda yang dapat memaknai Undang Undang Dasar dengan baik untuk kejayaan bangsa dan negara.

“Kelas kita mulai sepulang sekolah yaitu pukul 13.00 hingga pukul 15.30, sebelumnya adik-adik kita suruh membawa bekal dan air” Ujar Suwanda Alfasha, mahasiswa Sastra Jepang selaku ketua penanggung jawab kegiatan.

Lebih lanjut, untuk teknis proses belajar mengajar di kelas, diberikan waktu kurang lebih lima belas menit untuk menghafalkan dua paragraf awal teks, lalu kita dipraktekkan satu per satu dengan maju ke depan kelas sembari kakak-kakak mahasiswa membimbing bacaan adik-adik.

“Terima kasih adik-adik mahasiswa sudah mau memberikan pelajaran mengenai Undang-Undang Dasar kepada adik-adik siswa-siswi SD N 06 Hulu Banda, bapak berharap dari kegiatan ini dapat menghasilkan bibit bibit unggul, tidak perlu banyak, jika sudah ada dan terus diregenerasikan nantinya teman-teman dan adik-adik tingkatnya akan mengikutinya”, Ujar Bapak Ali Imran selaku Kepala Sekolah SD N 06 Hulu Banda.

(Suwanda Alfasha/mahasiswa KKN UNAND)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img