25.5 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Magang Di Tengah Pandemi, Wako Riza Falepi: Mahasiswa Harus Beradaptasi
M

Kategori -

Payakumbuh — Situasi Pandemi saat ini sangat berdampak ke berbagai sektor. Mulai dari sektor bisnis, kesehatan, ataupun pariwisata. Pendidikan juga memiliki berbagai polemik sendiri terkait situasi saat ini, terkhususnya mahasiswa yang mencari tempat untuk kuliah kerja nyata (KKN) atau yang biasa disebut magang.

Magang, menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa untuk menyadang gelar sarjana. Magang juga menjadi ladang pengalaman untuk mereka. Namun, situasi pandemi saat ini membuat peluang untuk dapat magang secara efektif sangatlah minim.

Banyak alasan bagi beberapa perusahaan untuk tidak menerima anak magang, salah satunya adalah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat hampir semua perusahaan memberlakukan work from home (WFH). Dengan begitu mahasiswa magang seperti tidak terlalu dibutuhkan.

“Dalam pemilihan tempat magang banyak kami yang ragu untuk mendaftar di kantor pemerintahan, karena takut tidak adanya tugas yang dapat kami lakukan. Takutnya jadi tukang foto kopi, ini menjadi istilah yang berkembang dikalangan mahasiswa tingkat akhir. Beredar kabar kalau magang di kantor pemerintah tidak ada kerjaan dan hanya jadi suruh-suruhan saja,” tutur Syerly, mahasiswa tingkat akhir Universitas Andalas yang magang di Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh, Jumat (2/10).

Namun, persepsi itu ditampik oleh Pemerintah Kota Payakumbuh. Wali Kota Riza Falepi sangat komitmen dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga istilah-istilah negatif yang melemahkan semangat juang tidak boleh disugestikan kepada mahasiswa. Kepala Dinas Kominfo Jhon Kenedi, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (2/10), menekankan mahasiswa magang harus bisa belajar menyesuaikan diri. Harus berpandai-pandai mengisi waktu mereka saat melaksanakan magang, apalagi banyak hal bisa mereka lakukan disaat ini, apakah akan memperdalam ilmu di bidang kehumasan atau memperdalam ilmu administrasi.

“Kita selalu ada pembagian tugas dalam peliputan reporter, jadi mahasiswa dapat ikut mendampingi reporter kita memberitakan kegiatan atau menemui narasumber berita. Karena kebijakan pembatasan aktifitas beramai-ramai saat pandemi, maka tugasnya kita bagi agar jangan berkumpul-kumpul sekali meliput. Kalau dibilang tukang foto kopi itu kurang tepat, karena bagaimanapun itu pekerjaan, bagian dari belajar mengurus berkas-berkas administrasi, sama pentingnya,” kata Jhon Kenedi didampingi Kabid Humas Hermanto.

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan kesempatan bagi para mahasiswa yang sedang berada di kampung halaman untuk bergabung bersama tim humas dalam program magang. Pada tanggal 3 Agustus 2020, program magang bagi mahasiswa Universitas Padjadjaran sudah dimulai. Saat ini juga sudah bergabung 4 mahasiswa lain asal Universitas Andalas, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak bulan September.

Sarah, Mahasiswa Universitas Padjajaran bercerita bagaimana pengalamannya setelah dua bulan melaksanakan program magang di lingkungan pemerintahan Kota Payakumbuh. Sarah mengakui adanya perbedaan proses bekerja pada saat masih berada di kampus dengan turun langsung di lapangan, menurutnya itu menjadi pelajaran yang berharga.

“Walaupun sudah belajar bagaimana meliput berita dan membuat rilis pada saat di kampus, saya sendiri belum pernah melakukan kegiatan ke lapangan ini secara langsung tanpa direncanakan terlebih dahulu. Turun kelapangan dengan tuntutan mendapat berita yang harus di update hari itu juga menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk bekerja dengan taktis dan sigap, kakak-kakak reporter pun tak segan berbagi kiat bagaimana mengambil timing dan mengatur konsep pemberitaan yang kita buat,” tutur Sarah.

Mahasiswa Universitas Kegiatan magang yang telah memasuki hari ke lima ini diisi dengan beberapa aktivitas seperti liputan dan dokumentasi kegiatan, pembuatan release, dan kliping pemberitaan pers. Mereka tetap mengikuti skema Word From Office (WFO) sesuai dengan jam kerja Pegawai Negri Sipil (PNS) lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Yolan, salah satu mahasiswa magang dari Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ) mengatakatan sangat banyak mendapatkan ilmu disaat terjun kelapangan bersama reporter humas, karena bisa praktik bagaimana kinerja atau kegiatan dalam divisi humas tersebut.

“Kami mahasiswa magang belajar banyak disini dan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat seperti meliput berita, wawancara, serta bagaimana membuat rilis yang tidak direncanakan terlebih dahulu. Yang sangat berbeda dari tugas kampus karena dikampus biasanya membuat berita itu membutuhkan waktu yang lama,” ujar Yolan.

Mahasiswa magang di Diskominfo Payakumbuh berasal dari Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Binas Nusantara (BINUS), Universitas Andalas (UNAND), serta Universitas Pajajaran (UNPAD). (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...
- Advertisement -

Menjadi Ikon Basket Sumbar, Riza Falepi Berlaga Dengan Perbasi Kota Solok

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Payakumbuh dijamu Perbasi Kota Solok dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Sport Centre Hall Indoor Kota Solok, Sabtu (3/4).

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.
- Advertisement -

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Santri Ponpes Al Jauhar IKHD Kota Duri Senang Ke Sentra IKM Randang Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Kota Payakumbuh dengan brandingnya The City of Randang sudah menjadi bagian dari destinasi wisata bagi semua kalangan, baik berasal dari dalam maupun luar Sumatera Barat.
- Advertisement -