25 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Magang Di Tengah Pandemi, Wako Riza Falepi: Mahasiswa Harus Beradaptasi
M

Kategori -

Payakumbuh — Situasi Pandemi saat ini sangat berdampak ke berbagai sektor. Mulai dari sektor bisnis, kesehatan, ataupun pariwisata. Pendidikan juga memiliki berbagai polemik sendiri terkait situasi saat ini, terkhususnya mahasiswa yang mencari tempat untuk kuliah kerja nyata (KKN) atau yang biasa disebut magang.

Magang, menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa untuk menyadang gelar sarjana. Magang juga menjadi ladang pengalaman untuk mereka. Namun, situasi pandemi saat ini membuat peluang untuk dapat magang secara efektif sangatlah minim.

Banyak alasan bagi beberapa perusahaan untuk tidak menerima anak magang, salah satunya adalah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat hampir semua perusahaan memberlakukan work from home (WFH). Dengan begitu mahasiswa magang seperti tidak terlalu dibutuhkan.

“Dalam pemilihan tempat magang banyak kami yang ragu untuk mendaftar di kantor pemerintahan, karena takut tidak adanya tugas yang dapat kami lakukan. Takutnya jadi tukang foto kopi, ini menjadi istilah yang berkembang dikalangan mahasiswa tingkat akhir. Beredar kabar kalau magang di kantor pemerintah tidak ada kerjaan dan hanya jadi suruh-suruhan saja,” tutur Syerly, mahasiswa tingkat akhir Universitas Andalas yang magang di Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh, Jumat (2/10).

Namun, persepsi itu ditampik oleh Pemerintah Kota Payakumbuh. Wali Kota Riza Falepi sangat komitmen dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga istilah-istilah negatif yang melemahkan semangat juang tidak boleh disugestikan kepada mahasiswa. Kepala Dinas Kominfo Jhon Kenedi, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (2/10), menekankan mahasiswa magang harus bisa belajar menyesuaikan diri. Harus berpandai-pandai mengisi waktu mereka saat melaksanakan magang, apalagi banyak hal bisa mereka lakukan disaat ini, apakah akan memperdalam ilmu di bidang kehumasan atau memperdalam ilmu administrasi.

“Kita selalu ada pembagian tugas dalam peliputan reporter, jadi mahasiswa dapat ikut mendampingi reporter kita memberitakan kegiatan atau menemui narasumber berita. Karena kebijakan pembatasan aktifitas beramai-ramai saat pandemi, maka tugasnya kita bagi agar jangan berkumpul-kumpul sekali meliput. Kalau dibilang tukang foto kopi itu kurang tepat, karena bagaimanapun itu pekerjaan, bagian dari belajar mengurus berkas-berkas administrasi, sama pentingnya,” kata Jhon Kenedi didampingi Kabid Humas Hermanto.

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan kesempatan bagi para mahasiswa yang sedang berada di kampung halaman untuk bergabung bersama tim humas dalam program magang. Pada tanggal 3 Agustus 2020, program magang bagi mahasiswa Universitas Padjadjaran sudah dimulai. Saat ini juga sudah bergabung 4 mahasiswa lain asal Universitas Andalas, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak bulan September.

Sarah, Mahasiswa Universitas Padjajaran bercerita bagaimana pengalamannya setelah dua bulan melaksanakan program magang di lingkungan pemerintahan Kota Payakumbuh. Sarah mengakui adanya perbedaan proses bekerja pada saat masih berada di kampus dengan turun langsung di lapangan, menurutnya itu menjadi pelajaran yang berharga.

“Walaupun sudah belajar bagaimana meliput berita dan membuat rilis pada saat di kampus, saya sendiri belum pernah melakukan kegiatan ke lapangan ini secara langsung tanpa direncanakan terlebih dahulu. Turun kelapangan dengan tuntutan mendapat berita yang harus di update hari itu juga menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk bekerja dengan taktis dan sigap, kakak-kakak reporter pun tak segan berbagi kiat bagaimana mengambil timing dan mengatur konsep pemberitaan yang kita buat,” tutur Sarah.

Mahasiswa Universitas Kegiatan magang yang telah memasuki hari ke lima ini diisi dengan beberapa aktivitas seperti liputan dan dokumentasi kegiatan, pembuatan release, dan kliping pemberitaan pers. Mereka tetap mengikuti skema Word From Office (WFO) sesuai dengan jam kerja Pegawai Negri Sipil (PNS) lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Yolan, salah satu mahasiswa magang dari Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ) mengatakatan sangat banyak mendapatkan ilmu disaat terjun kelapangan bersama reporter humas, karena bisa praktik bagaimana kinerja atau kegiatan dalam divisi humas tersebut.

“Kami mahasiswa magang belajar banyak disini dan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat seperti meliput berita, wawancara, serta bagaimana membuat rilis yang tidak direncanakan terlebih dahulu. Yang sangat berbeda dari tugas kampus karena dikampus biasanya membuat berita itu membutuhkan waktu yang lama,” ujar Yolan.

Mahasiswa magang di Diskominfo Payakumbuh berasal dari Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Binas Nusantara (BINUS), Universitas Andalas (UNAND), serta Universitas Pajajaran (UNPAD). (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).
- Advertisement -

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.

Berontaknya Alam di Provinsi Kalimantan Selatan

Seminggu yang lalu kita dikejutkan denganbencana banjir yang parah yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengapa saya katakan parah? Karena banjir ini melanda hampir seluruh kabupaten/kota di Kalsel. Barang kali ini adalah banjir yangterparah yang pernah terjadi di wilayah provinsi ini.Sekali lagi, mengapa bisa separah ini? Sebelum tahun 1990Provinsi Kalsel terkenal dengan hutan tropikalnya,dan saat itu hasil tambang yang dikenal masyarakat umum hanyalah intan.
- Advertisement -

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Maksimalkan Pelayanan Keliling

Sejak awal tahun 2021 ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh langsung tancap gas melakukan pelayanan keliling, salah satunya adalah perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum rekam dan memiliki KTP-el.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Maksimalkan Pelayanan Keliling

Sejak awal tahun 2021 ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh langsung tancap gas melakukan pelayanan keliling, salah satunya adalah perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum rekam dan memiliki KTP-el.

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"
- Advertisement -