25.5 C
Padang
Minggu, Mei 9, 2021
Beritasumbar.com

Kuasa Hukum Korban Penyanderaan PT BRIJ Minta Polsek Bukit Raya Seriusi Penanganan Laporan Kliennya
K

Kategori -

Pekanbaru,BeritaSumbar.com ,- Law Firm YK & Partners yang beranggotakan Dr. Yudi krismen. SH. MH, Kairul azwar anas SH. MH, Dedek gunawan. SH. MH, Syopiadewi Marissa. SH pada Kamis 29/3 mendatangi Polsek Bukit Raya Pekanbaru. DR. Yudi Krismen SH.MH dan kawan kawan ini datang mendapingi Korban penyanderaan oleh PT BRIJ.
PT BRIJ dilaporkan kepolsek Bukit Raya oleh Muharlis (paman Korban) atas penyanderaan terhadap Tri Maharfa (korban). Didamping kuasa hukum Tri Maharfa dan Muharlis mendatangi tim penyidik Polsek Bukit raya untuk diambil berita acara pemeriksaan saksi korban pada kasus tersebut.
Permasalahan yang di tangani DR Yudi krismen. SH. MH dan kawan kawan ini berawal dari kasus dugaan melarikan uang perusahaan oleh Yudi salah seorang karyawan PT BRIJ yang beralamat di Jalan Jend Soedirman no E10 (masih ada label sitaan KPK). Yudi diduga melarikan uang senilai 1,2 Milyar Rupiah.
Usman, Rika Dan Udin sebagai penanggung jawab keuangan di perusahaan tersebut tidak terima begitu saja atas pelarian uang oleh Yudi, menyuruh karyawan lain untuk mendatangi rumah Yudi di Kabupaten kampar. Di Kampar karyawan suruhan penanggung jawab manajemen keuangan perusahaan ini bertemu dengan istri dan mertua korban. Istri dan mertua korban dibawa ke kantor PT BRIJ di Pekanbaru untuk mempertanggungjawabkan perbuatan Yudi tersebut.
Diduga dikantor ini istri dan mertua Yudi ditahan selama 36 jam. Dan selama itu Tri Maharfa yang sehari hari bekerja sebagai perawat di salah satu puskesmas Siak Hulu tidak bisa melaksanakan aktifitasnya.Juga karena merasa kehilangan saudara dan keponakan, paman korban membuat laporan ke Polsek Bukit Raya pada tanggal 27/3/2018. Sesuai STPL no. 477/III/2018.

Untuk melengkapi laporan penyidik Polsek Bukit Raya menyuruh datang pada Kamis 29/3/2018. Pada hari yang di jadwalkan tersebut korban dan pelapor datang ke Polsek menemui penyidik didamping kuasa hukum mereka. Namun sampai di Polsek, Tim penyidik terkesan enggan untuk mem BAP Korban dan menyarankan tim kuasa hukum konfirmasi ke Kapolsek Bukit Raya terlebih dahulu.Padahal laporan dibuat pada hari senin tgl 27 maret 2018. Sesuai STPL no. 477/III/2018.
Kuasa hukum korban DR. Yudi Krismen. SH. MH mengatakan bahwa; perbuatan penyanderaan yang dilakukan oleh anggota PT. BRIJ terhadap korban adalah perbuatan salah kaprah alias error in personal, Karena permasalahan sebenarnya ada perbuatan penggelapan uang perusahaan oleh suami korban adalah sesuatu hal yang berbeda dengan perkara penyanderaan. Dalam pertanggungjawaban pidana tidak dikenal dengan pengalihan tanggungjawab dari pelaku kepada orang lain.
Perbuatan yang dilakukan oleh para pelaku penyanderaan telah dapat dikategorikan melanggar pasal 333 ayat 1 KUH Pidana yang berbunyi;”Barang siapa dengan sengaja dan dengan melawan hukum merampas kemerdekaan seseorang, atau meneruskan perampasan kemerdekaan yang demikian, diancam dengan pidana penjara paling lama 8 tahun”
Bahwa perbuatan pidana yg dimaksud dalam pasal 333 ayat 1 KUHP diatas tergolong kepada pidana berat tentang kemanusiaan. Untuk itu Polsek Bukitraya harus melakukan tindakan hukum yang serius terhadap para pelaku. Kalau bisa terhadap pelakunya dilakukan penahanan supaya perbuatan tersebut tidak terulang kembali, karena para korban masih was was dengan tidak dilakukan tindakan tegas oleh penyidik polsekta Bukit Raya dan kita minta Polsek Bukitraya menseriusi penanganan kasus ini, Ungkap DR yudi Krismen SH.MH yang juga kuasa hukum media Buser Kriminal.
Untuk ancaman pidana diatas 5 tahun penyidik bisa melakukan penahanan terhadap para pelaku” tegas pengacara korban penyanderaan. Sementara itu Polsek bukit raya Kompol Pribadi ,saat di konfirmasi melalui pesan WhatsAap, belum ada jawaban. (eman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rojanah Rilis Perdana Single ‘Algoritma Cinta’ di 60 Radio se-Indonesia

Keunikan vokal Rojanah dalam mengusung genre musik dangdut remix modern punya potensi tersendiri di industri musik Tanahair. Gadis molek asal kota kembang Bandung tersebut merilis single perdananya yang berjudul Algoritma Cinta, yang diputar serentak di 60 stasiun radio se-Indonesia pada Selasa, 6 April 2021.
- Advertisement -

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi

Sijunjung, beritasumbar.com - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan...

Tim Mata Elang Ringkus Pelaku Narkoba

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Tim Opsnal Mata Elang Sat Resnarkoba Polres Pariaman kembali berhasil meringkus seorang pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu inisial AP (33) di Desa Palak Aneh, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Rabu 5/5/2021 sekira pukul 23:00 WIB
- Advertisement -

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -