26 C
Padang
Senin, Juli 26, 2021
Beritasumbar.com

Koperasi Mutiara Tigo Pasie Kunjungi Koperasi Mandiri Dan Merdeka
K

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,- Koperasi Mutiara Tigo Pasie (KMTP) adalah koperasi yang didirikan dan diselenggarakan oleh Ibu-Ibu warga Pasie Nan Tigo, masyarakat di wilayah pesisir Kota Padang yang sebagian besar adalah keluarga nelayan. Selama ini mereka menjadi dampingan dari sebuah Organisasi Non-Pemerintah bernama Gugah Nurani Indonesia (GNI), sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan fokus pemberdayaan pada perempuan dan anak-anak dari berbagai bentuk kekerasan. Ibu-ibu Pengurus dan Anggota KMTP sebanyak 10 orang didampingi oleh Direktur GNI Rinawati dan tiga orang aktivis sosial lainnya berkunjung ke Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) di Cupak Tangah, Pauh, Kota Padang, pada Senin 31 Mei 2021, pukul 10.30 sampai 13.30 WIB.

Kunjungan KMTP ke KMDM adalah bagian dari tindak lanjut setelah adanya pelatihan berkoperasi pada beberapa bulan lalu yang diselenggarakan oleh GNI sebagai fasilitator dan KMDM sebagai narasumber pelatihannya. Dalam kunjungan tersebut, para Pengurus dan Anggota KMTP berdiskusi dengan Ketua KMDM Virtuous Setyaka, Direktur Pasar Rabu Tani (PRT KMDM) Zukri Zulkifli, Direktur Sekolah Pertanian Kota (SPeKta KMDM) Brian Permana, dan Direktur Gumarang KMDM Fiky Monova. Diskusi pengalaman baik antara KMDM dan KMTP dimaksudkan untuk saling dukung koperasi-koperasi yang ada di Kota Padang dan bekerja sama antara koperasi ke depan.

Salah satu tema diskusi yang menarik selain tentang berkoperasi yang baik dan benar, dan membangun serta mengembangkan unit usaha koperasi; adalah tentang koperasi sebagai lembaga untuk mengubah perilaku sosial dan kultural masyarakat pesisir. Menurut pengakuan para ibu-ibu yang berasal dari keluarga nelayan di pesisir Kota Padang tersebut, salah satu masalah besar dalam kehidupan mereka adalah kebiasaan tidak bisa menabung dan manajemen keuangan keluarga yang secara turun temurun menjadi kebiasaan dan semacam tradisi. Persoalan ini akhirnya berkembang menjadi salah satu pemicu konflik dan kekerasan dalam rumah tangga yang dialami para perempuan dan anak-anak di keluarga nelayan.

Secara ekonomi, tidak sulit untuk berusaha dan menghasilkan pendapatan ekonomi keluarga yang cukup. Bahkan ketika dibandingkan dengan masyarakat non-pesisir, khususnya masyarakat dengan kultur pertanian di daerah yang sama. Namun ketidakmampuan mengelola keuangan keluarga dalam manajemen yang baik untuk saat ini dan masa depan, membuat mereka berharap kepada KMDM untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ketua KMDM menyampaikan bahwa koperasi menjadi instrumen untuk membantu mereka sebagai masyarakat pesisir dalam pengelolaan sumber daya dan hasil-hasilnya dalam pendistribusian untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bersama. Sedangkan Direktur PRT KMDM/pasarrabutani.com menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam pendampingan produksi dan pemasaran atau pendistribusian hasil usaha mereka yang sebenarnya sangat potensial, dan sebelumnya sudah berjalan dalam kelompok-kelompok usaha kecil. Direktur SPeKta KMDM juga bersedia mendampingi mereka dalam meningkatkan produksi pertanian berupa Budi daya sayur hidroponik dan aquaponik untuk ketahanan pangan keluarga nelayan.

Ulil Fikri Elhaq dari GNI yang juga selaku ketua rombongan dalam kunjungan tersebut menyatakan bahwa ke depan, diharapkan ada kerja sama antara KMDM dan KMTP maupun dengan berbagai pihak lainnya dalam pendampingan produksi dan pemasaran produk yang berkelanjutan. Produk yang sudah dihasilkan oleh ibu-ibu KMTP diantaranya adalah berbagai produk pangan olahan dari ikan, beragam kerajinan tangan yang dihasilkan dari pengelolaan sampah melalui bank sampah, dan lain sebagainya.

Selain ibu-ibu, GNI menurut Direkturnya Rinawati, juga mengorganisir dan mendampingi anak-anak dan para remaja dalam beragam program kegiatan pemberdayaan. Penguatan kapasitas dan kapabilitas mereka untuk hidup yang lebih baik di masa depan, menurut Ketua KMDM, Virtuous Setyaka, sebaiknya juga dididik untuk berkoperasi sejak dini. Sebab koperasi adalah sebuah warisan yang baik bukan hanya sebagai lembaga, tapi juga sistem kehidupan bersama di masyarakat untuk kemandirian dan kemerdekaan para anggotanya.

Dilaporkan oleh: Virtuous Setyaka (Ketua KMDM).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LBH Sumbar Desak Kejari Painan Segera Eksekusi Bupati Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Sehubungan dengan ditolaknya permohonan Kasasi Bupati Pesisir Selatan dalam perkara Nomor: 31 K/Pid.Sus-LH/2021 tanggal 24 Februari 2021 oleh Mahkamah Agung RI, sehingga dengan demikian perkara dimaksud telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde)

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Wakil Ketum DPN LPPKI Meraih Gelar Doktor

Padang,BeritaSumbar.com,- Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan Dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia DPN-LPPKI Dr.Doris Rahmat, SH.MH berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum dan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul pendayagunaan peradilan adat nagari dalam penyelesaian sengketa pusako tinggi pada masyarakat hukum adat Minangkabau Sumatera Barat

PK IMM Kasman Singodimedjo Diskusi Wirausaha Dengan Wagub Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-PK IMM Kasman Singodimedjo berkunjung dan audiensi dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Senin (21/06) di kantor Gubernur SUMBAR. Dalam pertemuan ini membahas tentang kewirausahaan dan program pemprov dalam menghidupkan pelaku usaha/UMKM. Selain itu juga dibahas program PK IMM Kasman Singodimedjo dalam bidang Ekonomi dan Kewirausahaan yang Insyaallah wakil Gubernur SUMBAR serta ketua umum KADIN SUMBAR Ramal Saleh ikut berperan dalam program ini.

LPPKI Bangga Dengan Nagari Mart Melayani Konsumen Dengan Baik

Padang,BeritaSumbar.com,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN- LPPKI) Azwar Siri.SH beserta jajaran pengurus LPPKI lainya mengunjungi Mini market Nagari Mart yang terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Senin 7/6/2021.

Kunjungan Kepala BP2MI Diharapkan Memberikan Peluang Positif dan Kepastian Buat PMI Asal Sumbar

Ketua DPD partai Hanura Sumbar Zalfadri S.T.,M.M. bersama Sekretaris DPD Hanura Sondri BS dan kepala UPT BP2MI Provinsi Sumatera Barat Joko Purwato

Keluarga Besar LPPKI Silaturahmi Dengan Anak Panti Asuhan

Padang,BeritaSumbar.com,- Keluarga besar Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) mengadakan kunjungan silaturahmi dengan panti sosial Lubuk Kilangan, yang bertempat di Panti Sosial Anak Asuh Batu Gadang, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa 1/6/2021.

Ribuan THL Pasbar Dirumahkan, PMM Sebut Diawal Menjabat Bupati Pasbar Berhasil Sengsara kan Rakyat

Padang - Organisasi Pergerakan Milenial Minang (PMM) mengkritisi keras kabar tak sedap tentang tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. sekitar 3.200 THL, yang terdiri dari tenaga guru, medis, teknis dan PTT akan terdepak dari pekerjaan saat ini. Kebijakan itu dilakukan dengan alasan upaya penghematan anggaran, (1/06/2021)

Aksi Solidaritas Masyarakat Sumbar; Palestina Permasalahan Kita

Padang,BeritaSumbar.com,- Puluhan ormas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Sumatera Barat Peduli Palestina menggelar aksi solidaritas, Ahad (23/5/2021). Aksi berupa longmarch dan flashmob digelar di sepanjang jalan Khatib Sulaiman hingga Sudirman, Padang. Peserta aksi dilepas dari pelataran Masjid Raya Sumatera Barat, oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

LPPKI Dukung Pelaku Usaha Untuk Polisikan Konsumen Nakal

Padang,BeritaSumbar.com,-Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI) Azwar Siri.SH dalam suasana Idul Fitri mengingatkan pada konsumen indonesia untuk tidak terlalu kosumtif dan terlena menggunakan keuangan sehingga lupa untuk hal yang penting. Hal tersebut dikatakan oleh Azwar Siri.SH di Padang Sumatera Barat, Rabu 19/5/2021.
- Advertisement -