Dirjen SDA Kementerian PU Mujadi MSc menyerahkan kendaraan operasional kepada Walikota Riza Falepi atas prestasi kota ini dalam PKPD PU 2013 Bidang Sumber Daya Air

Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, serahkan kendaraan operasional jenis pick up Grand Max buat Kota Payakumbuh, atas prestasi Dinas PU kota ini dalam Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang PU (PKPD-PU) 2013, Bidang Sumber Daya Air.

Penyerahan kendaraan tersebut berlangsung dalam acara peresmian gedung kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera V di Padang, Jum’at (22/8). Kunci kendaraan itu diserahkan Dirjen Sumber Daya Air Ir. Mujadi, M.Sc kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi, didampingi Plt. Kadis PU Payakumbuh Ir. Muslim.

“Hanya kita (Payakumbuh, Red) satu-satunya kota di Indonesia yang menerima hadiah itu. Karena, dalam PKPD-PU 2013 Bidang Sumber Daya Air, Payakumbuh keluar sebagai pemenang III. Tim penilai pusat, tidak menetapkan pemenang I dan II, karena tak ada kota yang mampu memenuhi persyaratan penilaian,” ungkap Plt. Kadis PU Payakumbuh Ir. Muslim, Minggu (24/8).

Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang dihubungi, membenarkan, jika kinerja PU Bidang Pengairan Payakumbuh cukup berhasil dalam mengaplikasikan program-program pembangun kota ini, sesuai dengan visi kepala daerah. “Saya sangat senang dengan kinerja jajaran PU Bidang Pengairan. Dan mudah-mudahan dapat dipertahankan dan ditingkatkan ke depan,” sebut Riza.

Dalam dua tahun terakhir Dinas PU Bidang Pengairan Payakumbuh, tengah menyelesaikan pekerjaan berskala besar untuk mendukung ketahanan pangan, konservasi, penyediaan air baku dan pengendalian daya rusak air yang ditandai dengan semakin berkurangnya kawasan yang terkena dampak banjir.

Di antara pembangunan yang dikerjakan, sepanjang 2012-2014, normalisasi Sungai Batang Lampasi, Sungai Batang Agam dan Sungai Batang Pulai. Kemudian juga diperbaiki sistem dan pemeliharaan irigasi pada ketiga sungai tersebut, selain merencanakan pembangunan embung untuk penyediaan air baku tahun depan. Dalam membangun infrastruktur itu, Payakumbuh menerima kucuran dana dari APBN lebih kurang Rp50 Miliyar.

Pemeliharaan prasarana irigasi dan infrastruktur Bidang Sumber Daya Air di kota ini, bagian yang menjadi penilaian tertinggi buat Payakumbuh. Makanya, dalam kegiatan PKPD-PU Bidang Sumber Daya Air, 2013, Payakumbuh yang dinilai memenuhi persyaratan, meski hanya mampu merebut gelar juara III. Dan itu, membuat Dinas PU makin tertantang untuk meningkatkan kinerjanya ke depan, simpul Muslim. (humas payakumbuh)

loading...