26.7 C
Padang
Minggu, Mei 16, 2021
Beritasumbar.com

Kepala Kemenag Kota Pariaman Himbau Warga Cerdas memilih Biro Umrah
K

Kategori -

Kota Pariaman, beritasumbar.com,-Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pariaman, H. Muhammad Nur, MA menghimbau masyarakat Kota Pariaman yang hendak pergi melaksanakan ibadah Umrah ke Tanah Suci Makah al-Mukarramah, supaya cerdas dalam memilih Travel yang akan memberangkatkan ke tempat suci tersebut.
Hal itu dikatakan Muhammad Nur, kepada Calon Jema’ah Haji tahun 2018 Kota Pariaman, Minggu (8/4/2018) siang di Mushalla Balai Kota Pariaman. Menurut Muhammad Nur, masyarakat jangan terpengaruh dengan bayaran murah, tetapi cobalah dibaca dengan akan sehat, kini ada Travel yang menawarkan untuk pergi Umrah ke Tanah Suci dengan biaya di bawah Rp. 20 juta rupiah, dalam hitung-hitungan matematikanya tidak masuk dengan anggaran sebanyak itu.
Tetapi karena masyarakat tergiur dengan harga murah dan tidak pula pernah bertanya ke Kantor Kementerian Agama, ternyata Travel tersebut tidak ada izin dari Kementerian Agama pusat, apalagi di Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman, akibatnya terjadi masalah dalam perjalanan.
“Kalau sudah timbul masalah yang disalahkan pihak Kementerian Agama, apa adil cara demikian, bertanya tidak, melapor tidak, kalau sudah masaalah disalahkan orang lain. Pada hal yang mengambil uang itu pihak Travel,” ujar Muhammad Nur.
Ditegaskannya, akhir-akhir ini ada 200 Jema’ah Umrah yang terlantar di Tanah Suci Makah. Sementara pihak Travel tidak ada yang datang, akhirnya terpaksa dibantu pemulangannya oleh KBRI Jedah. Selain itu 100 orang lebih jema’ah Umrah yang diterlantarkan Travel di Negara Jiran Malaysia, termasuk jema’ah asal Padang.
“Kedepan saya berharap kepada masyarakat Kota Pariaman, cobalah secara cerdas memilih Travel untuk pergi melaksanakan ibdah Umrah dan jangan tergiur dengan biaya murah yang ditawarkan Travel,” tukas Muhammad Nur lagi.
Pada kesempatan itu Muhammad Nur, juga menyampaikan kepada Calon Jema’ah Haji tahun 2018, dalam melaksanakan ibdah haji nanti, sesama jema’ah harus saling kenal mengenal, apalagi sesama jema’ah asal Kota Pariaman, mulai dari sekarang perbanyaklah bertegur sapa antara satu sama lain.
Ibadah Haji adalah ibadah yang dilaksanakan secara bersama-sama dan membutuhkan bantuan orang lain. Disamping itu ibadah Haji juga memerlukan fisik dan kesehatan yang baik, akan sangat sia-sia kalau dokter menyatakan tidak sehat, sementara jema’ah memaksa untuk berangkat juga.
“Apabila badan tidak sehat, sesampai di Makah tidak juga bisa untuk melaksanakan ibadah, artinya menambah masalah sesampai di Tanah Suci, jadi harus ikut nasehat dokter dan tidak ada masalah ditunda pada tahun berikutnya,” tukuk Muhammad Nur.
Disampaikan Muhammad Nur untuk tahun 2018 Calon Jema’ah Haji Kota Pariaman, berjumlah 114 orang, ada 1 orang dinyatakan kesehatannya lolos bersyarat menjelang berangkat, artinya haru berobat dulu dan belum dibolehkan untuk melunasi Biaya Perjalan Ibadah Haji (BPIH) tahap dua. Selebihnya dinyatakan sehat dan boleh melunasi BPIH Tahap duanya, setelah ada petunjuk nantinya. (bb)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kapolres Pessel Sampaikan Pesan anggotanya Jaga Kesehatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Dalam kunjungan itu, Kapolres Pessel melihat situasi pos pelayanan tersebut. Dan, juga kesiapan anggota, termasuk sarana juga prasrana di pos pelayanan.
- Advertisement -

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai...

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

Kapolres Pessel Sampaikan Pesan anggotanya Jaga Kesehatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Dalam kunjungan itu, Kapolres Pessel melihat situasi pos pelayanan tersebut. Dan, juga kesiapan anggota, termasuk sarana juga prasrana di pos pelayanan.

163 Narapidana Lapas Sijunjung Dapat Remisi Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 163 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas ll B Muaro Sijunjung mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Kepala...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai...

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Tim Mata Elang Ringkus Pelaku Narkoba

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Tim Opsnal Mata Elang Sat Resnarkoba Polres Pariaman kembali berhasil meringkus seorang pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu inisial AP (33) di Desa Palak Aneh, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Rabu 5/5/2021 sekira pukul 23:00 WIB

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Operasi Ketupat Singgalang 2021 Dimulai, Genius Pimpin Apel Pasukan

Pariaman.beritaSumbar.com,- Sepekan jelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021, Polres Pariaman laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 di Halaman Mapolres Pariaman, Rabu (5/5/2021).

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...
- Advertisement -