28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Kembangkan “Agam Menyemai”, Pemprov Sumbar Sumbang Bibit
K

Kategori -

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, menyerahkan bibit sawit dan beberapa bibit komoditi unggulan kepada masyarakat, Kamis (6/11), di Dusun Kurao Ujung, Jorong Pasar Durian, Nagari Manggopoh, Kabupaten Agam. Tampak hadir pada acara tersebut antara lain Bupati Agam, Indra Catri; Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumbar, Fajaruddin; Kepala Dinas Sosial, Abdul Gafar; Muspida Kabupaten Agam, serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam, Yulnasri, mengatakan tujuan pemberian bibit sawit adalah dalam rangka pengembangan perkebunan sawit, yang masuk dalam salah satu program andalan “Agam Menyemai”.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Agam, Indra Catri, menyampaikan bahwa program “Agam Menyemai” telah dimulai tahun 2009 guna meningkatkan hasil perkebunan dan memperluas perkebunan rakyat. Berdasarkan catatan Pemkab Agam, untuk tahun 2013 jumlah lahan sawit yang ada di Kabupaten Agam berjumlah 18.000 Ha, tersebar di beberapa kecamatan.

“Salah satu cara dalam peningkatan hasil perkebunan sawit adalah dengan penggunaan bibit unggul yang bersertifikat. Sehingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Nanti setelah panen, harga jual (kelapa sawit-red) pun mampu bersaing dan tidak bisa dipermainkan,” ucap Indra.

Indra juga berharap pada empat atau lima tahun kedepan, petani yang mendapat bantuan bibit komoditas perkebunan mampu meningkatkan perekonomian. Para petani juga diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup. Oleh karena itu, para petani diimbau memanfaatkan bantuan bibit secara maksimal dan memeliharanya dengan sungguh-sungguh.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, menjelaskan bahwa hasil perkebunan merupakan salah satu komoditi penting bagi masyarakat Sumatera Barat. Hasil perkebunan telah banyak memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan petani, penyerapan tenaga kerja, sumber pemasukan daerah, bahkan yang tidak kalah penting juga mendukung kelestarian alam dan lingkungan sebagai penyedia sumber daya air dan oksigen.

Untuk Kabupaten Agam sendiri – melalui APBD Provinsi 2014 – menerima bantuan bibit sawit sejumlah 16.375 batang, 10.500 karet, 47.000 kakao, 4.550 kelapa, 5.000 kopi, 12.000 pala, gunting pangkas kakao dan kopi sebanyak 150 unit, dengan total anggaran Rp 1,4 Milyar. Sedangkan melalui APBN, Kabupaten Agam mendapat program peremajaan kelapa seluas 100 Ha, kebun entres karet 1 Ha, embung 3 unit, optimasi lahan karet 40 Ha, optimalisasi lahan kakao 60 Ha, dengan total anggaran sebesar Rp 700 Juta. Sehingga, total keseluruhan bantuan untuk Kabupaten Agam adalah Rp 2,1 Milyar.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan mengimbau kepada para petani agar lebih bersungguh-sungguh dalam bekerja dan mengelola perkebunan. Oleh karena dengan kesungguhan, akan mampu meningkatkan tarap hidup keluarga petani menjadi lebih sejahtera.

“Kepada petani yang telah menerima bantuan (bibit-red) tersebut, tentunya diharapkan agar bantuan bibit komoditas perkebunan yang telah diterima benar-benar ditanam, dan sungguh-sungguh pula memeliharanya. Sehingga mendapatkan hasil yang maksimal, memberikan manfaat, serta keuntungan bagi petani juga,” harap Irwan.

Irwan menambahkan kesuksesan pembangunan suatu daerah dapat diukur dari partisipasi, dukungan, dan peran aktif masyarakat dalam mendukung program pembangunan yang dicanangkan pemerintah daerah tersebut. (rfk/red)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -