30 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Jaringan Pemimpin Redaksi Sumbar Kubak Kriteria Pemimpin Minangkabau Masa Depan
J

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Jaringan Pemimpin Redaksi Sumatera Barat (JPS), “kuliti’ kreteria calon pemimpin Sumatera Barat pada pemilu kepala daerah serentak 2020, pada diskusi bertajuk “Mencari Pemimpin Sumbar Kedepan,’, Jumat (13/12).

Dalam diskusi yang menghadirkan tiga narasumber kawakan, H. Leonardy Harmaini, S.IP, MH Dt. Bandaro Basa, Drs. H. Kahirul Jasmi, MM, Dr. Aidinil Zetra SIP.MS, merupakan ahli dibidangnya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Leonardy yang merupakan Ketua Badan Kehormatan DPD-RI saat ini mengatakan, landasan hukun dalam pilkada dengan dasar hukum UU 32/2004 dan UU 23/2014.

Selain landasan hukum yang ada, dalam mencari kepemimpinan masa depan perlu orang-orang memiliki Inovatif serta kreatif.

Selain inovatif dan kreatif, pemimpin kedepan harus bersih, transparan dan progesional, serta memiliki hubungan baik dengan pemerintah pusat, sehingga bisa menarik anggaran nasional ke daerah ini.

Untuk mencapai hal tersebut, pemimpin kedepan harus takah,tokoh dan tageh, jangan hanya sekedar mengedepankan uang untuk dipilih, melainkan lebih humanis dan cerdas.

‘Kita harus memilih pemimpin masa depan Sumatera Barat adalah orang-orang yang memiliki kepintaran, kemanusian serta peduli, selain memiliki hubungan dengan pemerintah pusat serta stakeholder yang ada,’ Tegas Leonardy.

Ditambahkannya, media juga harus berani menyatakan kebenaran tentang calon pemimpin, termasuk juga latar belakangnya, sehingga masyarakat tidak salah pilih.

Apa yang disampaikan Leonardy tidak jauh berbeda dengn pendapat Wakil Dekan Fisip Unand Aidinil Zetra, dimana ia mengatakan, kepemimpinan kedepan harus bisa mengangkat kejayaan Sumbar yang saat ini sedang mengalami stadnand atau jalan ditempat.

“Pemilih harus cerdas untuk memilih pemimpin jangan hanya berfikir sesaat, karena kedepan Sumbar harus lebih baik,” ungkap Aidinil.

Pernyataan dua panelis diperkuat Drs. H. Khairul Jasmi,MM yang kerap disapa KJ, dimana kepemimpinan saat ini sangat tidak humanis, bahkan jika hari libur Gubernur,Bupati dan Walikota berada di Jakarta, tidak mempeegunakan kesempatan bertemu ramah dengan masyarakatnya.

Lebih parah lagi, tingkat kebahagian bahkan tingkat pendidikan di Sumatera Barat amat tendah, rata-rata hanya sampai kelas 2 SMP.

Bukan hanya itu, tingkat keberanian pemimpin Sumatrera Barat saat ini juga tidak ada, sehingga sulit untuk membuat daerah ini berkembang.

“Kedepan pemimpin Sumatera Barat harus berani dan memiliki jiwa kemanusiaan, sehingga bisa mengangkat harkat negri ini,” tegas KJ.

Diskusi yang diikuti para jurnalis, mahasiswa dan politisi, yang di-moderator-i DR. Abdullah Khusairi itu, berjalan hangat dan terbuka.( Rezki Aryendi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap
- Advertisement -

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.
- Advertisement -

Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang Sepakat Laksanakan Pesantren Leadership Ramadhan

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,- Permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat tidak dapat dipungkiri salah satunya juga disebabkan karena pemuda itu sendiri. Masih banyaknya pemuda yang tidak bisa menentukan arah masa depannya secara jelas, terkadang membuat mereka mengambil jalan pintas yang berujung pada tindakan kriminal, seperti mengonsumsi Narkoba dan prilaku yang mengganggu ketertiban umum lainnya.

Satlantas Polres Pariaman Amankan pelaku Balap Liar

Pariaman, beritasumbar.com,-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman kembali amankan puluhan kendaraan roda dua yang ditunggangi para Anak Baru Gede (ABG) yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan By Pass Kota Pariaman,Sabtu (malam) 17/4/2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

SIKOCI Helat Festival Mentari

Hari ini Selasa (6/4) sekitar pukul 10.00 WIB, Festival Mentari yang ditaja oleh Serikat Koreografer Cinta Indonesia (Sekoci) akan dibuka di Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Padang. Sepuluh koreografer muda Sumbar siap menampilkan karya terbaik mereka dalam iven tersebut
- Advertisement -