28.7 C
Padang
Kamis, Mei 13, 2021
Beritasumbar.com

Jalan dari Andiang ke Maek rawan kecelakaan
J

Kategori -

 

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com-Akibat bencana alam akhir akhir ini,jalan yang menuju Kanagarian Maek Bukik Barisan Banyak terban. Hal ini mengkhwatirkan bagi masyarakat pengguna jalan menuju dan keluar dari Maek.Untuk itu Masyarakat Kenagarian Maek Kecamatan Bukik Barisan meminta perbaikan jalan Andiang-Maek yang kini sudah  rawan bahaya kecelakaan lalulintas. Bila kondisi ini dibiar berlarut, akses perhubungan satu-satunya ke nagari penghasil gambir itu dikhawatirkan akan putus.

“Kami berharap Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota segera memperbaiki jalan ruas Andiang-Maek. Sebab, akses satu-satunya ke nagari ini sudah banyak yang terban dan tertutup tanah longsor,” ungkap Wali Nagari Maek Afri Hendra di hadapan tim  safari Ramadhan Pemerintahan Daerah Kabuten Limapuluh Kota yang dipimpin Ketua DPRD diwakili Sekretaris DPRD Desri, S.Pd di Masjid Al Iklas Jorong Ronah Maek, Sabtu (11/6).

Pada beberapa titik, kata Afri, badan jalan tinggal separoh, itupun sudah mulai menunjukan gejala terlihat retak-retak.

“Kami sangat berharap jalan itu segera ditangani. Bila putus, masyarakat Maek yang berjumlah 12.000 jiwa bakal terisolasi,” tutur Afri.

Disamping jalan Andiang-Maek, warga juga memohon peningkatan jalan dari Jorong Ronah hingga Jorong Nenan yang kini kondisinya sudah sangat parah. Tak hanya berlobang dan terban, sebagian besar permukaan jalan ke ujung nagari Maek ini juga masih berupa tanah yang senantiasa sulit dilewati setiap kali datang hujan.

“Jalan ke Jorong Nenan juga sangat parah dan mengkhawatirkan. Kami sangat mengharapkan perhatian dan tindaklanjut berupa perbaikan, untuk tahap awal ini barangkali Pemkab bisa melaksanakan gerakan gotong royong (Gerbang Gor) seperti yang telah banyak dilaksanakan di nagari lain,” tutur Afri.

Kondisi jalan yang tidak baik tersebut, lanjut Afri, cukup berdampak terhadap kelancaran arus transportasi puluhan ton produksi gambir di Maek setiap bulannya. Akibat jalan yang tidak layak tempuh, ongos angkut jadi lebih mahal.

Disamping masalah infrastruktur jalan, masyarakat juga mempertanyakan tindak lanjut pemasangan listrik bagi 60 rumah di Jorong Koto Tinggi Maek yang sudah dibayarkan biaya premi pertama oleh warga, namun realisasinya belum ada .

Sementara salahseorang warga H Ratius Usman menyampaikan kondisi guru SMAN Maek yang baru berjumlah 19 orang dan hanya mempunyai 3 orang guru PNS, sedangkan 16 lainnya masih honor sekolah.

“Karena gurunya banyak yang berstatus honor sekolah, tentunya ini akan menyulitkan pihak wali murid dan komite. Menyikapi ini, kami berharap adanya tambahan guru PNS dari pemerintah,” ucap Ratius.

Menjawab berbagai aspirasi masyarakat tersebut pimpinan rombongan Desri menyebut akan menyampaikannya kepada Bupati dan instansi terkait lainnya. Dalam kesempatan itu Desri juga mengingatkan masyarakat Maek akan ancaman degradasi moral generasi muda yang kian memiriskan. Desri juga mengajak para lulusan SLTP di Maek untuk sama-sama membesarkan SMAN Maek yang baru berdiri sejak setahun lalu.

“Kita sengaja membangun SMA di Maek karena menyadari tidak semua warga yang mampu menyekolahkan anaknya di luar Maek. Karena kini sudah ada SMA sendiri, mari sama-sama kita besarkan sekolah baru itu,” ajak mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota ini sembari mengatakan akan menyampaikan masalah guru SMA ini ke Dinas Pendidikan.

Safari Ramadhan ini juga diikuti Kepal BPM Syahrial Amri, S.Sos, M.Si, Camat Bukik Barisan Drs. Rahmad Hidayat, M.Si serta sejumlah pejabat Pemkab Limapuluh Kota.

Pada kunjungan itu Desri juga menyerahkan bantuan sebanyak 5 lembar tikar kepada pengurus Masjid Al Iklas Jorong Ronah

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Matangkan Konsep School Of Randang, Wawako Gelar Diskusi Dengan Stakeholder Terkait

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Untuk lebih mematangkan konsep School of Randang, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama stakeholder terkait melaksanakan diskusi di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, Jumat (07/05).
- Advertisement -

DPC Gerindra Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Pemakaian Pupuk Organik

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerindra Kecamatan Sintuk Toboh Gadang (Sintoga) didampingi DPC Gerindra Kabupaten Padang Pariaman mengadakan sosialisasi pemakaian pupuk organik bersama Eco Farming dan Kelompok Wanita Tani KWT Jaya Abadi serta seluruh kelompok tani KWT yang ada di Sintoga,tentang penyuluhan tata cara bercocok tanam yang baik serta tata cara penggunaan pupuk organik yang dipimpin langsung oleh Leader Sumbar Romi Yanto dan Irwan. Sabtu 8/5/2021

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

Program Rumah Sakit Peduli Dari RSUD Sijunjung Direspon Positif Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Program Rumah Sakit Peduli yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung mendapat respon positif dari masyarakat sekitarnya, yang mana kepedulian para...

Matangkan Konsep School Of Randang, Wawako Gelar Diskusi Dengan Stakeholder Terkait

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Untuk lebih mematangkan konsep School of Randang, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama stakeholder terkait melaksanakan diskusi di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, Jumat (07/05).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai...

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.
- Advertisement -