27 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ingin Ciptakan Atlet Nasional, Pemko Bantu SD Dengan Alat Olahraga
I

Kategori -
- Advertisement -

Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh akan bantu 73 SD negeri dan swasta di kota ini, dengan berbagai peralatan olahraga, dalam tahun anggaran 2014 ini. Pemko mengalokasikan dana sebesar Rp 1.142.577.462 untuk pengadaan alat-alat olahraga dimaksud. Proses tendernya, Pengadaan Peralatan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD Negeri dan Swasta itu, tengah dilakukan Unit Layanan Pengadaan Payakumbuh.

Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh melalui Kabid TK/SD Zetriwardi, S.Pd di Balaikota Payakumbuh, Jum’at (22/8), menginformasikan, bantuan alat-alat olahraga dimaksud, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan kurikulum 2013. Tapi, untuk melahirkan bibit-bibit olahraga yang potensial. Harapan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, katanya, ke depan, akan lahir atlet berprestasi nasional dari kota ini, tegasnya menjawab tantangan kepala daerah itu.

Di antara alat-alat olahraga yang akan didistribusikan ke SD itu, bola kaki, bola voli dan net, meja pimpong berikut raket, net dan bola pimpong, serta alat olahraga atletik. Untuk cabang-cabang olahraga dimaksud, prestasi pelajar Payakumbuh cukup lumayan maju. Hanya saja, dalam beberapa kali iven olahraga pelajar, seperti O2SN dan POR Usia Dini, cabang olahraga beregu tersebut, Payakumbuh belum mampu merebut emas.

Dengan dilengkapinya seluruh SD di Payakumbuh dengan alat-alat olahraga itu, mudah-mudahan prestasi Payakumbuh di tingkat provinsi akan lebih baik. Dan dari SD Payakumbuh ini, muncul atlet yang berprestasi sampai ke tingkat nasional, katanya.

Sementara, terhadap olahraga tertentu lainnya, seperti senam, renang, dan silat, pihak Dinas Pendidikan akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh buat pengadaan alat-alat olahraganya. Pasalnya, menurut Zetriadi, terhadap cabang-cabang khusus itu, pengadaan alat-alat olahraganya sangat spesifik sekali.

Contohnya, ungkap Zetriadi, alat olahraga senam, untuk pengadaan matrasnya saja, butuh anggaran sangat besar, belum lagi peralatan kuda-kuda pelana, meja lompat, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, ring, dan balok keseimbangan. Kesulitan lainnya, tidak semua sekolah yang punya ruang atau aula yang mampu memuat alat-alat olahraga itu. Makanya, pengadaan alat-alat olahraga ini, butuh koordinasi dengan SKPD terkait atau KONI Payakumbuh, simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img