25.9 C
Padang
Kamis, Januari 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gorengan Politik
G

Kategori -
- Advertisement -

Oleh Reido Deskumar (Ketua Gema Keadilan Sumbar)

Pernah mencoba makan goreng pisang? Bagaimana, enak bukan? Apalagi dimakan saat hari hujan ditemani segelas kopi bersama kawan, sensasinya sungguh nikmat sekali. Momen indah, yang ingin terus terulang.

Goreng pisang salah satu makanan yang sangat merakyat. Bahan yang digunakan juga cukup sederhana. Pisang di rendam dengan tepung, lalu dimasukan ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan. Ditunggu beberapa menit, goreng pisang sudah bisa dinikmati.

Mencarinya juga tidak begitu sulit. Sering “di jojo” dari satu gang jalan ke gang yang lain. Hargapun sangat pas disaku. Punya uang lima ribu rupiah saja, sudah dapat tiga buah goreng pisang plus dengan keraknya.

Makan goreng pisang, sangat nikmat jika ada kawannya. Bisa dengan kopi hangat, bisa juga dengan ketan. Kalau sudah berkawan, tidak cukup satu empat buah gorengan bisa habis dibuatnya. Apalagi suasana mendukung, ada kawan yang membersamai.

Ada pula gorengan yang berbeda dengan goreng pisang. Gorengan ini nikmat tetapi penikmatnya beda. Goreng pisang dinikmati oleh rakyat, sedangkan gorengan satu ini dinikmati para elit. Ya, sebut saja itu gorengan politik. Semakin di goreng semakin hangat lah dia. Tak karuan dan tak berujung.

Penikmat gorengan politik ini biasanya bergerak dari satu isu ke isu yang lain. Lapaknya juga khusus, bukan di kedai melainkan di media. Persfektif berfikirnya juga berbeda, yang penting salah. Jika ditanya soal solusi, jangan terlalu berharap. Karena spesialsiasi gorengan politik itu bukan untuk mencari solusi akan tetapi menciptakan sebuah kesalahan.

Ibarat goreng pisang yang sedang dimasak dalam minyak hangat. Gorengan politik itu jangan direspon atau diangkat. Dibiarkan saja sampai hangus sendiri. Kalau sudah hangus, terbuang juga itu barang.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img