25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gonjong Limo Bandung Angkat Cerita Saribanilai Dalam Penampilan Sendratasik
G

- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Lembah Harau selain terkenal dengan keindahan alam juga memiliki sebuah cerita atau legenda yang menarik. Saribanilai nama legenda tersebut. Menurut cerita tutur yang didapat, Saribanilai merupakan Seorang perempuan yang berlayar dari negeri Hindustan dan terdampar di Puncak bukit Harau.
Yang dalam cerita lembah sekarang merupakan hamparan laut dahulu kalanya. Cerita ini menjadi daya tarik bari group sendratasik Keluarga Besar Gonjong 5 Bandung untuk diangkat dalam sebuah pertunjukan seni. Sabtu 23/6 pertunjukan seni Sendratasik Saribanilai di tampilkan di Medan Nan Bapaneh Nagari Tarantang Kecamatan Harau Limapuluh Kota.
Cerita ini kita angkat kepermukaan melalui pertunjukan seni tidak lain untuk menarik minat anak kemenakan agar mau mmepelajari sejarah leluhur mereka,Ujar Muhammad Aziz salah seorang sesepuh G5 Bandung yang sekaligus inspirator kegiatan sendra tasik ini.
Dalam cerita Saribanilai banyak tersimpan sejarah negeri ini. 3 raja besar di Sumatera diceritakan lahir dari keturunan Saribanilai. Bahkan sampai ketanah Jawa dan Bali. Karena dari keturunan Saribanilai lah lahir Wangsa Sailendra yang dalam sejarah bangsa ini merupakan dinasty pertama tercatat dalam sejarah membangun pemerintahan terbesar di Nusantara,yaitu Sriwijaya,cerita Muhammad Aziz diatas panggung sebelum pementasan Saribanilai tersebut.
Muhammad Aziz berharap generasi sekarang mampu mengangkat kearifan budaya lokal dan tidak lupa akan pentingnya pendidikan. Sesuai pesan yang tersirat dalam cerita Saribanilai,Lahirkanlah Bunga untuk menjadi putik dikampung Halaman ini. Insya Allah kami dirantau siap menjadikan putik itu buah yang ranum,untuk di Bandung tidak ada alasanb bagi anak kemenkaan putus sekolah hanya karena alasan tiada biaya. Kita ada untuk mereka,Ujar Muhammad Aziz disambut riuh tepuk tangan hadirin di Lapangan Medan Nan Bapaneh tersebut.
Sementara itu Nikmatul Akbar dari Gonjong Limo Pekanbaru saat berbincang bincang dengan BeritaSumbar.com didampingi Wahyudi dari Gonjong Limo Batam Alfian Amir Gonjong Limo Bandung berharap kedepan ada pembekalan bagi anak kemenakan di rantau akan adat,seni dan budaya Luak Limopuluah ini. Karena mereka banyak lahir dan besar dirantau,lebih mengenal budaya daerah mereka berdomisili daripada kampung halaman sendiri.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img