29 C
Padang
Kamis, Mei 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Gedung Baru KUD Mungka Diresmikan
G

- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Masyarakat Nagari Mungka dari tahun 1973 sudah mendirikan Koperasi Unit Desa(KUD). Tiga tahun berjalan tepatnya di tahun 1976 KUD Mungka sudah mampu dirikan kantor sendiri. Pada tahun 2017 KUD Mungka pendapat anggaran dari Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.
Kondisi bangunan kantor dari dibangun sampai tahun 2016 tidak pernah tersentuh yang namanya rehab bangunan. ALhamdulillah tahun 2017 mendapatkan anggaran dari pemerintah daerah melalui DAKN Tambahan yang di perjuangkan adinda Deni Asra wakil kami dari kecamatan Mungka di DPRD Limapuluh Kota ” terang Ketua KUD Mungka, Drs. Hendra Triwarman, yg juga ketua Bamus Nagari Mungka pada peresmian Kantor KUD Selasa 16/1.
Deni Asra wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota yang juga Putra Nagari Mungka tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa “koperasi memiliki peranan yg strategis dalam pergerakan ekonomi masyarakat. Kita berharap Pemda melalui dinas perdagangan, koperasi dan UMKM untuk dapat melakukan pembinaan intensif terhadap Pengembangan koperasi baik secara kualitas maupun kuantitas. Setidaknya ada 3 hal yang perlu kita lakukan,
1. Memberikan pendidikan koperasi kepada generasi muda sebagai penerus koperasi baik sebagai pemanfaat maupun pengelola untuk masa akan datang,
2. Merangkul semua lapisan masyarakat untuk bergabung dengan koperasi dan melakukan berbagai kreasi, inovasi dan terobosan,
3. Melakukan pembinaan dan kontrol dari perangkat nagari dan pemda terhadap perkembangan koperasi.
Kita sangat yakin, ketika KUD bisa tumbuh dan berkembang di Limapuluh Kota kota, maka kesejahteraan masyarakat semakin dekat untuk kita gapai. KUD akan betul betul menjadi ujung tombak pergerakan ekonomi masyarakat.”
Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Limapuluh Kota yang hadir mewakili Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yg mempunyai kepedulian terhadap tumbuh kembangnya koperasi di Limapuluh kota. Ketika kita sudah bersama sama berjuang untuk koperasi, maka kami dari dinas tentunya optimis untuk keberadaan dan kemajuan koperasi untuk masa yang akan datang. Kita sudah memiliki gedung PLUT di Ketinggian, Harau yang dibangun dg bantuan APBN senilai 3 M.
Gedung ini berfungsi sebagai tempat konsultasi bagi koperasi dan UKM yang ada di Limapuluh Kota. Kita mendatangkan konsultan yang profesional sebagai “dokter” bagi koperasi dan UKM yang “sakit”. Semoga untuk tahun selanjutnya, kita bisa bergerak maju “.ujar  Kasman Kasim.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img