25 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dengan Program Pamsimas,Warga Sikabu Kabu Nikmati Aliran Bersih
D

- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Harapan masyarakat jorong Sikabu kabu Nagari Tanjuang Haro Sikabu Kabu padang panjang Kecamatan Luak Limopuluah Kota akan air bersih mulai mendapat titik terang. Melalui program Pamsimas dari sumber air di Bukik Lauik air sudah bisa mengalir kerumah warga.
Selasa 16/1 bertempat di panorama Kayu Kolek serah terima dari satuan kerja Pamsimas kepada Badan Pengelola Sarana Air Minum dan Sanitasi, sekaligus peresmian pemakaian air dilaksanakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Limapuluh Kota, Yunire Yunirman membuka secara resmi pemanfaatan air bersih dalam program air minum berbasis masyarakat (Pamsimas) dengan pengguntingan pita dan memutar kran kecil di lokasi acara yang juga sedang di kembangkan oleh nagari setempat untuk lokasi wisata.
Wajah bahagia warga terlihat jelas sebagai wujud rasa syukur.”Alhamdulillah, akhirnya kita bisa menikmati air bersih untuk kebutuhan harian. Air bisa dinikmati didalam rumah dengan kamar mandi dan sanitasi yang bersih sesuai standar kesehatan,”ungkap Kamardi
Gawai, 60, salah seorang warga saat ikut menghadiri peresmian dan serah terima PAMSIMAS ke Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP SPAMS).
daerah ini memang tidak pernah dilanda kekeringan, namun sumber air bersih sangat jauh dari harapan. Masyarakat hanya memanfaatkan saluran air terbuka dari bukit yang menjadi sumber air daerah ini. Bahkan ada yang memakai kolam ikan sebagai tempat mandi dan mencuci.
 
Sangat beruntung dengan program Pamsimas digelontorkannya anggaran oleh pemerintah, ditambah swadaya masyarakat dan iuran partisipasif dengan  jumlah total sekitar Rp 350 juta. Sehingga akhirnya air bersih bisa dinikmati sampai dirumah warga.
“Kita sangat bangga atas partisipasi masyarakat dalam program Pamsimas ini, bisa terlaksana dengan baik untuk ketersedian air bersih. Kita berharap bisa dijaga agar berkelanjutan,”sebut Kepala Dinas PUPR Limapuluh Kota, Yunire Yunirman dihadapan Camat Luak, Muftil Wahyudi dan District Coordinator (DC) Pamsimas Limapuluh Kota Rosnimar.
Program ini awalnya sempat menuai pro kontra di tengah masyarakat. Banyak yang cemas akan berdampak kekeringan pada lahan pertanian terutama sawah sawah warga. Hal ini tidak lain karena minimnya pengetahuan warga yang menolak akan fungsi dan kinerja pengadaan air minum program Pamsimas ini.
Walau sempat di tolak,pemuka masyarakat dan warga yang sudah paham akan manfaat Pamsimas kembali mengusulkan agar program ini bisa di laksanakan di Jorong Sikabu Kabu. Pada usulan kedua ini sudah tidak ada lagi penolakan karena warga sudah mulai mengerti dan paham,apalagi melihat di daerah lain sangat membantu kepada masyarakat program Pamsimas ini.
 
“Akhirnya masyarakat bisa menikmati air bersih dan rencananya akan dialirkan kerumah warga dengan  cakupan sekitar 220 rumah warga,”terang Kepala Jorong Sikabu-kabu yang juga Koordinator Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Pamsimas Bukiklawik ini.
Berkat kerja keras, kader Pamsimas, KKM dan Pemerintah Nagari Sikabu-kabu Tanjuang Haro Padang Panjang, saat ini untuk  tahap awal akan mengaliri sekitar 165 unit rumah tangga.
Tim Fasilitator Boy Maulana bersama Fasilitator Teknik, Arfan Ari Shandy, Fasilitator Pemberdayaan, Isma Safitri, terbilang sukses mewujudkan kebutuhan masyarakat, mendampingi hingga pelaksanaan tuntas dan air bisa mengalir dengan  baik.
“Mudah-mudahan kedepan akan bisa melahirkan banyak manfaat bagi masyarakat, dengan adanya air bersih, sanitasi yang sehat, mampu mewujudkan warga yang  produktif untuk mencapai kesejahteraannya,”pungkas Koordinator Fasilitator Kabupaten Limapuluh
Kota, Rosnimar sebelum serah terima program kepada BPSPAMS, Ismail.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img