Kota Pariaman,BeritaSumbar.com,-Dalam kurun waktu satu bulan terakhir ini, sudah 3 kementerian Republik Indonesia berkunjung ke Kota Pariaman. Kamis 13/12 menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Perdagangan Eggartiasto Lukita hadir bersamaan dalam rangka perencanaan pembangunan pasar Pariaman. Sebelumnya Arcandra Tanhar Wamen ESDM juga datang ke Kota Pariaman.

Pembangunan pasar di Kota Pariaman ini sangat penting ,mengingat akan menjadi sentra perdagangan di dua daerah tingkat dua. Yaitu Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Apalagi sejak 2009 lalu kondisi pasar ini sudah jauh dari kata layak untuk berjualan. Banyak bangunan pasar yang sudah mulai rubuh dan retak sehingga bisa membahayakan bagi keselamatan pedagang.

Melihat lansung kondisi pasar, Menteri PUPR mengatakan ada hal hal yang wajib diperhatikan dalam konsep suatu pasar. Yaitu kenyamanan dan rasa aman bagi pelaku pasar. Sehingga pedagang dan pembeli tidak dihantui rasa takut atau cemas beraktifitas.

Sementara itu menteri Perdagangan RI, Enggartiasto juga mengatakan hal yang sama serta menyampaikan bahwa hasil tinjauan ini akan lansung dilaporkan kepada Presiden untuk di tindak lanjuti di 2019 ini. Soal pembiayaan pasar ini akan masuk prioritas dalam anggaran dan alokasi khusus nantinya ujar Menteri Perdagangan ini.

Kehadiran menteri di Kota Pariaman menjadi dalas satu sugesti untuk pembangunan dan pergerakan kota ini agar lebih baik kedepan dibawah pimpinan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin. Dengan memanfaatkan koneksi yang bagus ke pemerintah pusat melalui dinas terkait sesuai kebutuhan pembangunan daerah ini. (Syamsul)

loading...