24.7 C
Padang
Sabtu, Juli 31, 2021
Beritasumbar.com

Dr Elita Amrina: Manufaktur Berkelanjutan Strategi Menghemat Energi
D

Kategori -

Padang – Akademisi sekaligus peneliti dari Jurusan Tekni Industri Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Dr Elita Amrina menilai bahwa industri pabrik atau manufaktur yang berjalan dengan prinsip berkelanjutan sebagai suatu langkah besar dalam upaya penghematan energi.

“Dalam prinsip industri manufaktur berkelanjutan terdapat upaya mengurangi jumlah penggunaan energi dalam kegiatan menghasilkan barang dan jasa,” katanya, di Padang, Jumat.

Dia menjelaskan salah satu penggunaan energi besar hasil dari kegiatan produksi ini yakni melakukan pengolahan limbah dan sampah.

Dalam prinsip manufaktur berkelanjutan pengolahan limbah ini harus seminimal mungkin menggunakan energi.
Bahkan menurutnya pengolahan limbah tersebut bukan menghabiskan energi melainkan menghasilkan energi alternatif baru.

“Upaya melakukan daur ulang limbah dan sampah juga menjadi salah satu prinsip dalam manufaktur berkelanjutan,” imbuhnya.

Prinsip ini kata dia lebih dikenal dengan 6 R atau “Reduce, Reuse, Recycle, Recover, Redesign, dan Remanufacture”.
Hal tersebut mengandung arti bahwa dalam kegiatan pabrik yang menghasilkan limbah dan residu, penanganannya harus beracuan prinsip “6R” tersebut.

Adapun Prinsip “6R” ini yaitu upaya mengurangi, memakai, mendaur ulang, mengembalikan, membuat dan menghasilkan kembali limbah pabrik menjadi suatu hasil produksi yang bermanfaat, kata Elita.

Dia mencontohkan suatu pabrik yang menghasilkan barang dengan limbah cair sebagai sisa produksinya.

Bila pabrik tersebut menggunakan prinsip “6R” tersebut, sudah ada upaya untuk mengurangi pengeluaran limbah, pemakaian kembali serta mendaur ulang seperti pembuatan pupuk.

Disamping itu katanya, dalam perkembangannya pabrik tersebut mampu mengembalikan, membuat ulang hingga menghasilkan suatu barang kembali dari limbah dan sampah tersebut.

Dengan demikian selain efisiensi biaya produksi, penggunaan energi pun tidak terlalu banyak.

Hal ini tentunya menjadi suatu upaya untuk menghemat energi yang berasal dari bahan bakar fosil seperti batu bara tersebut, katanya.

Sementara itu Pengamat Lingkungan, Ardinis Arbain menilai prinsip berkelanjutan tidak hanya menguntungkan bagi lingkungan semata, namun juga dapat berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat.

Seperti halnya pengelolaan sampah terpadu yang menggunakan prinsip “6R” tersebut dapat menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit bagi pelakunya.

Selain dapat menghemat pengeluaran terhadap pembelian barang, upaya daur ulang menjadi produk baru, atau pengumpulan bank sampah dapat menambah pendapatan masyarakat.

Apabila ini terus diupayakan secara kolektif dan terpadu tentunya akan memberikan keuntungan yang berlipat, imbuhnya.

 

Sumber: Antara/Denya Utama
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -