29 C
Padang
Selasa, Mei 11, 2021
Beritasumbar.com

DPRD Pelalawan Belajar Sampah ke Payakumbuh
D

Kategori -

Hampir disetiap kota dan kabupaten, masalah sampah menjadi topik yang terus menerus membebankan. Banyak kota dan Kabupaten yang tidak bisa mengelola sampahnya dengan baik, berakhir dengan buruknya pengelolaan lingkungan. Hal inilah yang mendasari Anggota Parlemen dari Kabupaten  Pelalawan Pangkalan Kerinci, Provinsi  Riau berkunjung ke Kota Payakumbuh, Rabu (24/6).  Payakumbuh dinilai berhasil dalam mengelola persampahan ini.

Rombongan yang datang itu adalah anggota Pansus II DPRD Pelalawan, diterima  Walikota Payakumbuh  diwakili Asisten III Setdako Iqbal Bermawi, M.Si, di ruang rapat Balaikota Bukik Sibaluik.

Rombongan Pansus berjumlah 8 orang,  meliputi Baharudin, ketua tim, Saniman, Sudirman, Junaidi Purba, Kasiari, Mardanis, Said Masudi dan Orpan. Tamu dinanti Asisten III Iqbal Bermawi didampingi oleh Kepala  DTRK Zulinda Kamal, Kabag Tapem Edvidel Arda, Kabag. Organisasi Yasrizal, serta Sekretaris DPPKA, Andri Narwan.

Rombongan Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan,  melakukan sharing informasi mengenai 3 Ranperda yang sedang dibahasnya.  Yaitu Ranperda tentang Pengelolaan Sampah, Ranperda tentang SOTK Dinas dan instansi, serta Ranperda yang mengatur Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Namun, kami tertarik ke Kota Payakumbuh dengan Perda Pengelolaan Sampahnya. Terlebih lagi, Kota ini termasuk Kota yang menerima banyak penghargaan yang berkaitan dengan lingkungan. Kami ingin tahu, bagaimana cara kota Payakumbuh mengatur masalah sampah ini” ujar Baharudin, yang juga bertindak Ketua Pansus II.

Sebagai kota sedang yang berkembang, Payakumbuh mampu berbicara dalam ajang Nasional dalam penghargaan dibidang lingkungan. “Kita juga menginginkan pengelolaan sampah seperti Payakumbuh, sampah bisa menjadi berkah bagi masyarakat” kata Baharudin lagi

Menjawab pertanyaan ini, Kepala  Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Kota Payakumbuh, Zulinda Kamal, menjabarkan Perda no. 4 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Payakumbuh. “Pada prinsipnya, Kita di Payakumbuh dalam pengolahan sampah, menganut prinsip 3 R. Yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (penggunaan ulang), dan Recycle (mendaur ulang)” kata Zulinda Kamal.

Selain itu, tambah Zulinda Kamal, banyak jenis sampah yang bisa digunakan kembali. Pemko Payakumbuh juga menggerakkan UMKM yang ada di Payakumbuh untuk diberdayakan mendaur ulang kembali sampah-sampah yang bisa digunakan.

“Masyarakat juga terbantu dengan hal ini. Walaupun orang menganggap sampah sebagai sesuatu yang dibuang. Namun, apabila dikelola dengan baik dan benar, ada ‘emas’ yang terdapat tumpukan sampah tersebut” ujar Zulinda lagi.

Zulinda memberi contoh, sampah-sampah pasar yang dikumpulkan oleh Tim Kebersihan, bisa di daur ulang menjadi pupuk kompos yang bisa dijual kepada petani-petani. Sampah plastik pun apabila diberdayakan, bisa dibuat kerajinan dan memiliki pangsa pasar sendiri.

Ditambahkan Asisten III Iqbal Bermawi,  Payakumbuh telah banyak menerima penghargaan dibidang lingkungan, terbukti dengan 7 kali Payakumbuh mendapat Piala Adipura. “Penghargaan ini merupakan hasil kerja Pemko dan Masyarakat” ujar Iqbal lagi. Selanjutnya, rombongan berkunjung ke TPA Regional di Kapalo Koto untuk melihat secara langsung proses pengolahan sampah di Kota Payakumbuh.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gustami Hidayat, terpilih secara aklamasi dalam Musprov PTMSI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gustami Hidayat terpilih memimpin PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) Sumatera Barat Periode 2021-2025 pada hari rabu, 4 Mei 2021 di Aula Gubernur Sumbar. Dalam Musyawarah Provinsi ini turut hadir perwakilan PB PTMSI dn Koni Sumbar serta pengcab kabupaten/kota.
- Advertisement -

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Operasi Ketupat Singgalang 2021 Dimulai, Genius Pimpin Apel Pasukan

Pariaman.beritaSumbar.com,- Sepekan jelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021, Polres Pariaman laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 di Halaman Mapolres Pariaman, Rabu (5/5/2021).
- Advertisement -

XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo Nikmati Ramadhan Dengan Berbagi Takjil Gratis

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menikmati menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, siswa siswi XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo berbagi takjil gratis di Simpang Tugu Jorong Sawahan Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo kepada pengendara,Rabu 05/05/2021.

Gustami Hidayat, terpilih secara aklamasi dalam Musprov PTMSI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gustami Hidayat terpilih memimpin PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) Sumatera Barat Periode 2021-2025 pada hari rabu, 4 Mei 2021 di Aula Gubernur Sumbar. Dalam Musyawarah Provinsi ini turut hadir perwakilan PB PTMSI dn Koni Sumbar serta pengcab kabupaten/kota.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -