31 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

DPRD Pelalawan Belajar Sampah ke Payakumbuh
D

Kategori -

Hampir disetiap kota dan kabupaten, masalah sampah menjadi topik yang terus menerus membebankan. Banyak kota dan Kabupaten yang tidak bisa mengelola sampahnya dengan baik, berakhir dengan buruknya pengelolaan lingkungan. Hal inilah yang mendasari Anggota Parlemen dari Kabupaten  Pelalawan Pangkalan Kerinci, Provinsi  Riau berkunjung ke Kota Payakumbuh, Rabu (24/6).  Payakumbuh dinilai berhasil dalam mengelola persampahan ini.

Rombongan yang datang itu adalah anggota Pansus II DPRD Pelalawan, diterima  Walikota Payakumbuh  diwakili Asisten III Setdako Iqbal Bermawi, M.Si, di ruang rapat Balaikota Bukik Sibaluik.

Rombongan Pansus berjumlah 8 orang,  meliputi Baharudin, ketua tim, Saniman, Sudirman, Junaidi Purba, Kasiari, Mardanis, Said Masudi dan Orpan. Tamu dinanti Asisten III Iqbal Bermawi didampingi oleh Kepala  DTRK Zulinda Kamal, Kabag Tapem Edvidel Arda, Kabag. Organisasi Yasrizal, serta Sekretaris DPPKA, Andri Narwan.

Rombongan Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan,  melakukan sharing informasi mengenai 3 Ranperda yang sedang dibahasnya.  Yaitu Ranperda tentang Pengelolaan Sampah, Ranperda tentang SOTK Dinas dan instansi, serta Ranperda yang mengatur Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Namun, kami tertarik ke Kota Payakumbuh dengan Perda Pengelolaan Sampahnya. Terlebih lagi, Kota ini termasuk Kota yang menerima banyak penghargaan yang berkaitan dengan lingkungan. Kami ingin tahu, bagaimana cara kota Payakumbuh mengatur masalah sampah ini” ujar Baharudin, yang juga bertindak Ketua Pansus II.

Sebagai kota sedang yang berkembang, Payakumbuh mampu berbicara dalam ajang Nasional dalam penghargaan dibidang lingkungan. “Kita juga menginginkan pengelolaan sampah seperti Payakumbuh, sampah bisa menjadi berkah bagi masyarakat” kata Baharudin lagi

Menjawab pertanyaan ini, Kepala  Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Kota Payakumbuh, Zulinda Kamal, menjabarkan Perda no. 4 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Payakumbuh. “Pada prinsipnya, Kita di Payakumbuh dalam pengolahan sampah, menganut prinsip 3 R. Yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (penggunaan ulang), dan Recycle (mendaur ulang)” kata Zulinda Kamal.

Selain itu, tambah Zulinda Kamal, banyak jenis sampah yang bisa digunakan kembali. Pemko Payakumbuh juga menggerakkan UMKM yang ada di Payakumbuh untuk diberdayakan mendaur ulang kembali sampah-sampah yang bisa digunakan.

“Masyarakat juga terbantu dengan hal ini. Walaupun orang menganggap sampah sebagai sesuatu yang dibuang. Namun, apabila dikelola dengan baik dan benar, ada ‘emas’ yang terdapat tumpukan sampah tersebut” ujar Zulinda lagi.

Zulinda memberi contoh, sampah-sampah pasar yang dikumpulkan oleh Tim Kebersihan, bisa di daur ulang menjadi pupuk kompos yang bisa dijual kepada petani-petani. Sampah plastik pun apabila diberdayakan, bisa dibuat kerajinan dan memiliki pangsa pasar sendiri.

Ditambahkan Asisten III Iqbal Bermawi,  Payakumbuh telah banyak menerima penghargaan dibidang lingkungan, terbukti dengan 7 kali Payakumbuh mendapat Piala Adipura. “Penghargaan ini merupakan hasil kerja Pemko dan Masyarakat” ujar Iqbal lagi. Selanjutnya, rombongan berkunjung ke TPA Regional di Kapalo Koto untuk melihat secara langsung proses pengolahan sampah di Kota Payakumbuh.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.
- Advertisement -

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.
- Advertisement -

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -