31 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records
D

Kategori -

YOGYAKARTA (BeritaSumbar.com) – Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.

Membuka Tahun 2021, Donas hadir dengan karakter sebagai penyanyi di industri musik Indonesia dengan merluncurkan album The Best Song Volume 1 yang dirilis pada Sabtu 16 Januari 2021 di kanal YouTube Prima Founder TV.

Album The Best Song Volume 1 dari Donas berisi 11 lagu manis yang berjudul: Aku Bangga Indonesiaku, Benarkah Kita, Gusti Nyuwun Pangaksami, Hadapi Setiap Perkara, Kita Bisa, Kita Semua Sama, Pager Negoro, Pastikan Kamu Bisa, Surat Buat Pengadil, Ternyata, dan Kisah Asmara Arjuna. Semua lagu yang dinyanyikan Donas pada album tersebut merupakan karyanya sendiri.

Donas saat ini berdiam di Kota Yogyakarta, saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Senin (18/1/2021) ia mengatakan, “Album The Best Song Volume 1 yang saya rilis untuk memperkenalkan lagu-lagu saya, dengan harapan bisa memperkaya belantika musik Indonesia. Lagu pada album saya ini semuanya lagu baru yang belum pernah diproduksi oleh label musik manapun dan belum pernah dirilis.”

Donas, Musisi Nasional. (Dok. Istimewa)
Donas, Musisi Nasional. (Dok. Istimewa)

Donas juga mengatakan, lagu-lagu yang ada di album The Best Song Volume 1 ditulisnya dari rentang tahun 1978 hingga 2020.  Beragam genre musik dan tema syair ditawarkan Donas, karena Donas ingin bernyanyi dengan mengeksplorasi jiwa untuk dunia dalam bentuk musik, sehingga terjajaki selera penikmat musik saat ini. Donas optimis menjagokan sebelas lagu yang terdapat pada album The Best Song Volume 1 tersebut, karena ditulis Donas dengan jujur dari pengalaman dan melihat kehidupan. 

Selain di YouTube dan berbagai digital music store, seperti: Joox, Spotify, iTunes, Deezer, Amazon Music, dan lainnya, Donas juga akan merilis album The Best Song Volume 1 dalam bentuk Compact Disc.

Donas, Musisi Nasional. (Dok. Istimewa)

Para penyanyi ternama di Tanah Air yang sukses menyanyikan lagu-lagu karya Donas di antaranya: Franky Sahilatua, Chicha Koeswoyo, Sary Yok Koeswoyo, dan Iga Mawarni. Donas juga pernah menulis lagu untuk penyair wanita Jakarta di komunitas Lembaga Seni Sastra Rebung (LSSR), yaitu: Nana Ernawati, Ay Dhenkrist, Julia Utami, Alya Salaisha, Ardi Susanti, Jane Andariswati, dan M. Noorca Massardi.

“Karena perjalanan bermusik saya dari studio rekaman, tempat para penyanyi memproduksi lagu, sehingga saya bisa memperkenalkan lagu-lagu saya untuk mereka nyanyikan,” kata Donas.

Meskipun baru merilis album perdana, namun eksistensi bermusik Donas sudah puluhan tahun. Donas pernah bergabung di grup musik Rheze asal Yogyakarta, sebagai penulis lagu dan vokalisnya. Pada Agustus 1979, Rheze meraih Juara 1 Lomba Musik Kreatif yang digelar di Taman Ismail Marzuki – Jakarta.

Donas, Musisi Nasional. (Dok. Istimewa)

Meneruskan karir musiknya, Donas berkiprah sebagai arranger untuk musik teater Pasar Seni Ancol – Jakarta pada Tahun 1986 – 1990. Kemudian, dari Tahun 1991 – 2011 Donas dipercaya jadi Art Director di Ken Project, sebagai Penata Panggung dan Videoklip untuk penyanyi Franky Sahilatua.

Selanjutnya, Donas mengasuh acara Animali Natura di Stasiun TVRI Pusat, sebagai Visualisasi / Ilustrator cerita anak yang disampaikan oleh Koko Thole (Pemusik Keroncong) dengan pembawa acaranya Yoshua dan Tina Toon, pada Tahun 2004 – 2007.

Mempercayakan album The Best Song Volume 1 dirilis di Prima Founder Records punya alasan tersendiri bagi Donas, karena Prima Founder Records yang owner-nya Jendral Rich dan AM. Kuncoro memiliki kualitas, visi ke depan yang bagus, dan peka terhadap perkembangan musik yang tengah berlangsung pada berbagai kalangan usia. Donas senang bisa menambah keragaman musik Tanah Air saat ini melalui rilis album The Best Song Volume 1.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Jendral Rich mengatakan, “Saya dan Mas AM. Kuncoro sepakat memproduksi lagu Mas Donas walau tidak usia muda, toh kami melihat potensi.”

(Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

CRID feat Anto Baret Rilis Lagu Honocoroko, Maknai Kesetiaan Hidup Bernegara Saat Hadapi Pandemi

Asal mula aksara Jawa yang dikenal dengan sebutan Honocoroko terdapat dalam legenda Ajisaka. Kisahnya yang mengharukan bisa menjadi bahan edukasi bagi mental bangsa dalam kesetiaan hidup bernegara, apalagi di situasi pandemi saat sekarang ini. Di momen penyambutan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, grup band CRID feat Anto Baret mengangkat mitologi tersebut di lagu terbaru mereka yang berjudul Honocoroko, soft lauching-nya akan dilakukan di acara tumpengan kecil pada Minggu, 18 Juli 2021 di Jalan Kalipasir No. 16 Cikini, Jakarta Pusat.

Amir Roez feat Ocka Sampaikan Pesan Perdamaian untuk Dunia Lewat Rilis Lagu Seperti Waktu

Pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini, wabah tersebut juga menimbulkan prasangka dan rasa saling curiga yang berujung pada caci maki, baik antara individu maupun kelompok tertentu. Tak ingin kondisi tersebut memberi efek negatif pada psikologis masyarakat, Amir Roez featuring Ocka memberi pesan perdamaian melalui lagu terbaru berjudul Seperti Waktu, dirilis pada Rabu, 7 Juli 2021 di kanal YouTube Sembilan Production Official.

AM Kuncoro Rilis 3 Karya Lagu dari 3 Genre Musik di Bulan Juni 2021

Karya lagu biasanya terlahir dalam genre musik tertentu. Setiap genre musik memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Seorang penikmat musik bisa saja menyukai lebih dari satu genre musik. Membaca peluang tersebut, AM. Kuncoro, Vokalis grup band Heniikun Bay akan merilis 3 lagu dari 3 genre di bulan Juni 2021 pada stasiun radio berbagai kota di Indonesia.

Prima Founder Records Gelar Jumpa Pers OST Web Series Mimi Mintuno – The Story of Tresno

Kepiting Tapal Kuda dikenal masyarakat Jawa dengan nama Mimi Mintuno. Mereka memfilosofikan Mimi Mintuno sebagai sepasang hewan sejoli yang saling setia sehidup semati. Filosofi tersebut jadi budaya tersendiri bagi masyarakat Jawa, termaktub dalam doa pada saat prosesi pernikahan, "Dadio pasangan koyo mimi lan mintuno", artinya "Jadilah pasangan yang awet dan setia seperti mimi dan mintuno”.

AM Kuncoro bersama Steven & Tege Coconut Treez Siap Lestarikan Bahasa Daerah Lewat Lagu Mimi Mintuno Tresno

Sebuah lagu juga dapat menjadi media dalam pelestarian bahasa daerah untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya. Seperti Mimi Mintuno Tresno, lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh AM. Kuncoro berkolaborasi dengan Steven & Tege, dua personal Coconut Treez, grup musik reggae legendaris Indonesia yang popular dengan lagu Welcome to My Paradise.

The Bungsu Optimis Rilis Single Perdana Setelah 16 Tahun Berkiprah

The Bungsu bukanlah nama baru di peta musik Tanah Air. Grup band tersebut sudah 16 tahun menjajal berbagai panggung hiburan di Bandung, kota asalnya. Berbekal kematangan dari menjalani proses bermusik, The Bungsu optimis merilis single perdananya yang berjudul 'Cinta Sebelah Mata' pada Kamis, 27 Mei 2021 di kanal YouTube Ruangkreasi TV.

Prima Founder Records Buka Casting Web Series Mimi Mintuno – The Story of Tresno

Songbanyu, sebuah desa terpencil yang terletak di ujung timur Provinsi Yogyakarta memiliki keindahan alam yang begitu mempesona. Melihat potensi yang dimiliki oleh desa tersebut, Prima Founder Records mengangkat kearifan lokal yang dimilikinya ke dalam web series yang berjudul Mimi Mintuno – The Story of Tresno, casting-nya resmi dibuka dari tanggal 12 - 23 Mei 2021 untuk para pegiat seni peran di seluruh Indonesia.

Alex Yunggun Produseri Sendiri Single Solo Perdananya ‘Painting of Beauty’

Alex Yunggun, remaja berusia 16 tahun asal Kota Yogyakarta punya selera dan imajinasi unik dalam menulis lagu, seperti pada lagu Painting of Beauty yang akan menjadi single solo perdananya. Alex Yunggun akan take vokal lagu tersebut pada pada Senin, 31 Mei 2021 di Yogyakarta.

Andre Gustian Vokalis Lochness Rilis Single Solo Perdana Gadisku, Karya Yoni Dores Penulis Lagu Nike Ardila

Andre Gustian, Vokalis grup band Lochness dipercaya Yoni Dores, adik kandung Deddy Dores untuk menyanyikan karya lagunya yang berjudul Gadisku. Lagu tersebut jadi single perdana Andre Gustian, dirilis pada Kamis, 20 Mei 2021 di channel YouTube Bintang Delapan Production.

AM Kuncoro Vokalis Heniikun Bay feat Steven & Tege Coconut Treez Bakal Rilis Ulang ‘Mimi Mintuno Tresno’

AM. Kuncoro, Musisi asal Kota Yogyakarta makin mendapat pengakuan di industri musik Tanah Air. Karya lagunya yang berjudul Mimi Mintuno Tresno dipercaya jadi soundtrack film serial Mimi Mintuno. Untuk versi soundtrack film tersebut, lagu Mimi Mintuno Tresno digarap ulang oleh AM. Kuncoro bersama dua musisi reggae legendaris Indonesia, Steven dan Tege Coconut Treez, proses recording dan syuting videoklipnya akan dilakukan pada 28 - 30 Mei 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -