31 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Divisi Hukum Bawaslu Sijunjung Sebutkan Titik Rawan Sengketa Pilkada
D

Kategori -

Sijunjung, Berita Sumbar– Ada beberapa titik kerawanan sengketa Pilkada kabupaten Sijunjung, kata Devisi Hukum Bawaslu Ranah Lansek Manih Yuni Wandri SH, di Muaro Sijunjung, Rabu (2/9).

Adapun titik yang rawan sengketa itu, berada saat pendaftaran paslon diminit-minit akhir batas waktu pendaftaran. kedua adanya dualisme pimpinan partai politik. ketiga, tidak lengkapnya persyaratan paslon pada saat pendaftaran. Keempat terjadinya mahar politik yang berhasil dibuktikan.

Semua ini akan mudah tersulut bila para pelaku pilkada tidak memahami posisi masing-masing, apalagi tidak melihat aturan main yang ada dalam regulasi pilkada ini, jelas Yuni.

Pada acara rapat koordinasi penyelesaian sengketa yang dihadiri pimpinan partai dan panwas kecamatan, menghadirkan nara sumber dari KPU Sijunjung Gunawan. Pada kesempatan itu Gunawan mengingatkan pimpinan partai politik yang mengusung paslon bupati dan wakil bupati untuk mematuhi protap covid-19 pada saat pendaftar nantinya.

Mereka yang boleh masuk ke kantor KPU adalah Ketua dan Sekretaris partai politik. Kemudian paslon harus melakukan rapidtes dan swab. Pada kesempatan tersebut Herman dari PKS mempertanyakan ke Gunawan, kenapa yang dilakukan rapidtes hanya paslon, kenapa ketua dan sekretaris partai tidak dilakukan rapidtes dan swab.

Seharusnya untuk mencegah penyebaran covid-19, semuanya harus mematuhui protap kesehatan ini, pesan Herman.

Untuk hal ini Gunawan sangat berterima kasih atas masukan ini, nanti akan dibicarakan dan kita berharap semuanya memang harus melakukan rapidtes, kata Gunawan.(alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.
- Advertisement -

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.
- Advertisement -

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pembelajaran Tatap Muka Di Kabupaten Sijunjung Berjalan Lancar

Proses belajar tatap muka berjalan lancar, di Kabupaten Sijunjung sampai saat ini. Pelaksanaan dilapangan dengan sistem 50 persen anak yang masuk ke dalam kelas, dengan bergantian hari.Pokoknya kita patuhi protokol kesehatan secara ketat dan baik untuk menjaga kelangsungan proses pembelajaran berjalan sesuai harapan kita bersama, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler,SH.MM, diruang kerjanya, Senen (25/1).

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling

Mobil Samsat keliling mempermudah dan meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka, kata Kepala Samsat Sijunjung, Masri, diruang kerja, Kamis (21/1).

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.

Usai Pilkada, Kapolres Sijunjung Kunjungi Para Cabup

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, SiK., M.Hum didampingi Kasat Intel Iptu Alminazri dan Kasubag Humas AKP Nasrul.N melakukan silaturrahim tatap muka ke kediaman Cabup Sijunjung Beny Dwipa Yuswir di Jorong Kampung Baru Nagari Sijunjung, pasca, kamis (7/1).

Selama 2020 Ini Pengungkapan Kasus Di Polres Sijunjung

Pada tahun 2020 yang lalu, jajaran Polres Sijunjung telah berhasil mengungkap berbagai kasus, kata Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, yang didampingi Waka Polres, para Kasat di Mapolres Sijunjung diakhir tahun kemaren.
- Advertisement -