23 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinas Perikanan Limapuluh Kota Kampanyekan Manfaat konsumsi Ikan
D

- Advertisement -

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com-Limapuluh Kota merupakan salah satu penghasil ikan yang cukup lumayan besar. Apalagi didukung topografi daerah yang cocok untuk pengembangan ikan air tawar.Saat ini ribuan ton ikan mampu di produksi daerah ini setiap tahun.

Setiap tahun produksi ikan di Limapuluh Kota 2.700 ton lebih. Hal ini di sampaikan oleh kepala Perikanan Limapuluh Kota Ir. Refilza di kantornya pada kamis 16/3 kemaren.

Sayangnya hasil produksi yang tinggi ini berbanding terbalik dengan konsumsi ikan warga daerah ini. pada tahun 2016 konsumsi ikan di Limapuluh Kota baru pada angka 29,5kg/kapita/tahun. Sementara Sumatera Barat menetapkan kecukupan gizi dengan mengkosumsi ikan di angka 36,42kg/kapita/tahun. Sementara di tingkat nasional di rekomendasi di angka 41kg/kapita/tahun.

Rendahnya konsumsi ikan di sebabkan rendahnya kualitas sumber daya manusia terutama di bidang difersifikasi pengolahan atau kebiasaan pola makan,memasyarakatkan makan ikan(gemarikan).

Untuk mendukung program ini dinas perikanan Limapuluh Kota akan mempergencar kampanye konsumsi ikan di tengah masyarakat. Berbagi kegiatan untuk menunjang ini akan di adakan dinas ini kedepan.

Ir.Refilza juga menjelaskan,untuk meningkatkan dan melancarkan program ini pemkab Limapuluh Kota sudah mengukuhkan pengurus Forikan di setiap kecamatan yang ada. Hai ini tak lain bertujuan untuk mengkampanyekan manfaat mengkonsumsi ikan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img