30 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Dinas LH Kota Payakumbuh Lakukan uji Emisi Kendaraan Roda Empat
D

Kategori -

Payakumbuh — Melihat keadaan kualitas udara di kota Payakumbuh yang sudah di bawah baku mutu Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP), Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) kota Payakumbuh laksanakan kegiatan uji emisi kendaraan roda empat di lingkungan Pemko Payakumbuh.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20 Tahun 2017 tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru kategori M, kategori N dan kategori O, serta Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 tentang pengendalian dan pencemaran udara.

Uji emisi kendaraan roda empat yang berlangsung di Terminal Koto Nan Empat, Kelurahan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat itu berlangsung dari tanggal 12-16 Oktober 2020, dan akan menguji sebanyak 53 kendaraan roda empat di lingkungan Pemko Payakumbuh.

Sekretaris Rida Ananda saat akan membuka kegiatan uji emisi mengatakan, salah satu upaya dalam mewujudkan komitmen tersebut yaitunya melalui pengujian emisi bagi kendaraan bermotor roda empat secara berkala dan berkesinambungan.

Dengan begitu, dapat diketahui tingkat emisi gas buang setiap kendaraan di samping menganalisis dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memelihara kendaraannya demi meminimalisir polusi udara di Kota Payakumbuh.

“Kegiatan uji emisi ini merupakan komitmen Pemko dalam upaya mempertahankan kualitas udara agar selalu baik di kota ini. Kita tentu berharap, pencemaran udara bisa dikendalikan, apalagi mengingat perkembangan jumlah kendaraan yang semakin meningkat disertai kemajuan kota sejauh ini,” ungkap Sekretaris Daerah Rida Ananda ditemui sesaat sebelum acara digelar, Senin (12/10).

Menurut Rida, kualitas udara yang kurang baik dikarnakan peningkatan alat transportasi yang ada di kota Payakumbuh, serta juga dikarenakan letak kota Payakumbuh sebagai jalan lintas menuju kota Pekanbaru menyebabkan potensi pencemaran udara Yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor akan meningkat”, terang Sekretaris Daerah itu.

Rida turut mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Payakumbuh agar dapat mengikuti uji emisi gas buang kendaraannya.

“Uji emisi ini sangat penting demi mengetahui kondisi kendaraan yang kita gunakan. Sehingga nanti kendaraan yang kita gunakan tidak termasuk kendaraan yang menjadi penyebab pencemaran udara di kota ini,” ujarnya.

Sementara, berdasarkan pembagian kategori kendaraan yang akan dilakukan uji emisi, Kepala Dinas LH kota Payakumbuh, Dafrul Pasi menyampaikan jika untuk kendaraan kategori M mencakup kendaraan roda empat yang digunakan untuk angkutan orang, kategori N yakni kendaraan roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan barang, dan untuk kategori O merupakan kendaraan bermotor penarik untuk gandengan.

Dafrul Pasi juga menyampaikan selain berdasarkan Permen LH dan Kehutanan Nomor P.20 Tahun 2017, dasar pelaksanaan uji emisi ini juga mengikuti dari undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor saat ini, sangat beresiko membuat terjadinya pencemaran Udara oleh emisi gas buang kendaraan bermotor. Dan dengan melihat keadaan ini semoga nanti kedepannya Pemko Payakumbuh bisa melaksanakan uji emisi gas buang kendaraan ini secara rutin”, ucap Daf sapaan akrab Kadis LH itu.

Bagi kendaraan yang telah selesai melaksanakan uji emisi gas buang maka setiap kendaraan akan ditempelin stiker bertanda kendaraan tersebut telah luli uji emisi dan layak pakai.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

2 Ribuan Vaksin Sinovac Sampai Di Dinkes Kota Payakumbuh

Sebanyak 2.320 dosis vaksin Covid-19 tiba di kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut akan digunakan saat pencanangan yang direncanakan Senin (01/02) depan untuk seluruh Forkopimda Kota Payakumbuh dan selanjutnya tenaga kesehatan (nakes) yang memenuhi syarat.
- Advertisement -

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.
- Advertisement -

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Bambang Surya Irwan Lantik Drs. Hamdani Hasnam, M.Si Sebagai Anggota DPRD Sijunjung

Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Bambang Surya Irwan melantik dan mengambil sumpah jabatan Anggota dewan dari Kader Partai Golkar. Pelantikan dan pengucapan sumpah anggota dewan ini, Sesuai dengan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-4-2021, tentang pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Saudara Drs. Hamdani Hasnam, M.Si, sisa masa jabatan tahun 2019-2024, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Gedung DPRD Sijunjung, Selasa(26/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Antisipas Bahaya Dimusim Hujan, DLH Pangkas Ratusan Pohon

Pemangkasan ratusan pohon di sekitar Payakumbuh Kota terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh selama Januari 2021. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai musibah yang mungkin timbul akibat terpaan angin dan hujan pada pohon-pohon yang menjadi peneduh dan paru-paru kota tersebut.

2 Ribuan Vaksin Sinovac Sampai Di Dinkes Kota Payakumbuh

Sebanyak 2.320 dosis vaksin Covid-19 tiba di kantor Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut akan digunakan saat pencanangan yang direncanakan Senin (01/02) depan untuk seluruh Forkopimda Kota Payakumbuh dan selanjutnya tenaga kesehatan (nakes) yang memenuhi syarat.

PBJ Dalbang Lakukan Gerak Cepat Dalam Proses Pengadaan Barang Dan Jasa

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pengendalian Pembangunan (PBJ Dalbang) melakukan gerak cepat untuk proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah dimulai sejak awal Januari 2021 ini.

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil

Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri bersama jajarannya kembali mendatangi Pesantren Cahaya Islam yang berada di Jalan Puti Elok Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (26/1).

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua

Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.
- Advertisement -