25 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Dibalik salah Sebut Provinsi Padang
D

Kategori -

Hari ini Rabu tanggal 19 Mei tahun 2021, presiden Jokowi meninjau progress pembangunan jalan tol Sumatera ruas Pakanbaru – Padang di ruas Pakanbaru Bangkinang. Dalam akun youtube yang dicuplik beberapa media online tersebut pak Jokowi sempat menyebut provinsi Padang untuk provinsi sumatera barat yang kemudian dalam kalimat berikutnya dikatakan kota Padang di provinsi Sumatera Barat.

Hal sepele jika ditinjau dari bahasa masyarakat umum, tetapi tidak sepele dalam bahasa diplomasi atau bahasa pergaulan tingkat tinggi karena hal itu bisa diartikan bermacam-macam. Karena nama adalah kata yang paling berarti atau spesial bagi sipemilik nama. Seseorang akan merasa sangat tersanjung atau terhormat jika banyak orang atau orang yang tidak dia kenal tetapi menyebut namanya atau mengenalnya dengan sangat baik.

Begitu juga sebaliknya, sipemilik nama akan sangat kecewa atau merasa disepelekan jika ada orang yang sangat kenal dengannya lalu lupa dengan namanya. Penulis bukannya suudzon kepada pak Jokowi yang mungkin pura-pura lupa dengan nama sumatera barat atau mungkin juga lupa dengan suku Minang. Tetapi ditengah kendala-kendala berat dalam pembangunan ruas tol Padang-Pakanbaru, khususnya dalam hal pembebasan lahan yang terkesan sepertinya masyarakat kurang mendukung pembangunan jalan tol tersebut.

Sangat berbeda dengan di daerah lain yang masalah pembebasan lahan untuk jalan tol itu tidak sesulit atau serumit di ruas Padang-Pakanbaru tersebut. Oleh karena itu penulis yang kebetulan putra Minangkabau lebih melihat salah sebut ini sebagai bahan introspeksi. Bahwa dibalik mayoritas rakyat sumatera barat tidak suka dengan Jokowi, perhatian pemerintah pusat terhadap pembangunan provinsi sumatera barat ini sangat kuat. (baca hasil pilpres 2014 dan 2019).

Berbeda dengan provinsi Riau yang kaya raya karena memiliki tambang dan sumber daya alam yang melimpah, sumatera barat lebih banyak tergantung kepada pemerintah pusat. Bukan saja dan untuk membangunan jalan tol atau pembangunan lainnya, bahkan belanja rutin pemerintah daerah sumatera barat berikut kabupaten dan kotanya juga sebagian besar masih disumbang oleh pemerintah pusat.

Kalau dulu provinsi sumatera barat ini dikenal sebagai gudangnya pemikir dan cendikiawan agama serta ilmu pengetahuan, akan tetapi sekarang sepertinya juga miskin pemikir dan cendikiawan. Lalu apa yang ada di sumatera barat sekarang? Yang tersisa hanya nostalgia indah masa lalu sambil meratapi meraja lelanya penyakit masyarakat berupa penyimpang dan kasus-kasus pelanggaran hukum. (baca data dari Depkes dan kementerian perempuan dan perlindungan anak). Mengenang budaya Minangkabau yang begitu agung dan mulia, sehingga dulunya banyak sekali pejabat yang bukan berasal dari Minangkabau tetapi merasa sebagai orang Minang begitu ditugaskan beberapa tahun di daerah sumatera barat ini.

Tanpa perlu mencari siapa yang salah dengan kondisi Minangkabau sekarang, yang perlu dilakukan adalah upaya-upaya yang sistematis dan terstruktur untuk mengembalikan marwah atau ciri khas Minangkabau ke dalam pergaulan sehari-hari.

Semoga tulisan ini ada manfaatnya, dan mohon maaf jika ada kekhilafan atau kekeliruan.

Jakarta, 19 Mei 2021

Dedi Mahardi
Author-Inspirator

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.
- Advertisement -