27 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

Di Kota Payakumbuh Kehadiran Pemilih Pada Pilgub 2020 Hanya 51,45 Persen
D

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh tetapkan hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020 tingkat Kota Payakumbuh di Aula Husni Kamil Manik Lt. II Kantor KPU Kota Payakumbuh, Selasa (15/12).

Dalam penghitungan di tingkat Kota Payakumbuh ini Pasangan Calon (Paslon) Mulyadi dan Ali Mukhni memperoleh suara 12.892 Paslon Nasrul Abit dan Indra Catri memperoleh suara 8.978 Paslon Fakhrizal dan Genius Umar memperoleh suara 3.543 sedangkan Paslon Mahyeldi dan Audy Joinaldy memperoleh suara 22.003.

Berdasarkan hasil perolehan suara Paslon tersebut, jumlah warga Payakumbuh yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 47.743 pemilih dari 93.671 jumlah pemilih DPT Kota Payakumbuh, Jumlah Pemilih yang Pindah Memilih (DPPh) yang menggunakan hak pilihnya 282 pemilih dari 313 pemilih DPPh yang terdata sedangkan jumlah pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT yang menggunakan hak pilihnya dengan KTP-el (DPTb) 363 pemilih.

“Dari data tersebut dapat kita simpulkan, hanya 51,45 persen warga Payakumbuh yang menggunakan hak pilihnya dari target 77,5 persen yang ditetapkan KPU,” kata Ketua KPU Haidi Mursal kepada media.

Dengan telah ditetapkannya hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020 tingkat Kota Payakumbuh pada pukul 20.56 WIB, Haidi mewakili Komisioner KPU lainnya beserta jajaran mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat atas suksesnya Pemilihan di tingkat Kota Payakumbuh.

“Terimaksih kami ucapkan kepada semuanya, semoga ini menjadi ladang amal dan ibadah bagi kita semua, terutama kepada PPK, PPS dan KPPS se-Kota Payakumbuh,” ucapnya.

Dikesempatan itu Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz memberikan apresiasi kepada seluruh penyelenggara Pilkada di Kota Payakumbuh serta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraannya sehingga Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumbar berjalan dengan sukses, lancar, aman dan damai di Kota Payakumbuh.

“Terimakasih kepada semua pihak, dari pantauan kami dilapangan di hari pencoblosan semuanya berjalan dengan aman, dan terimakasih juga kepada seluruh masyarakat Kota Payakumbuh yang telah menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada tahun 2020 ini,” kata Wawako Erwin Yunaz.

Kedepannya orang nomor dua di Kota Payakumbuh tersebut berharap agar partisipasi pemilih di Kota Payakumbuh bisa jauh diatas target yang telah ditetapkan oleh KPU sehingga nantinya proses demokrasi di Payakumbuh dapat berjalan lebih baik lagi.

“Di Pilkada yang akan datang kita harus gencar mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga partisipasi pemilih dapat meningkat, mungkin saat ini karena pandemi covid-19 partisipasi pemilih menurun tidak sesuai dengan target yang kita harapkan,” ujarnya.

Dari pantauan media dilokasi semua saksi dari masing-masing Paslon serta Bawaslu Kota Payakumbuh menerima semua hasil tanpa ada keberatan dan rekomendasi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkopimda Kota Payakumbuh, Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh Muhamad Kadafi beserta jajaran, Kakan Kesbangpol Kota Payakumbuh Buddy D. Permana, saksi dari masing-masing pasangan calon serta Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) se-Kota Payakumbuh. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...
- Advertisement -

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -