26.4 C
Padang
Jumat, Mei 7, 2021
Beritasumbar.com

Dapat Kabar Honorer Guru Di Bukittinggi Akan Umroh, Honorer Di Daerah Lain Jatuhkan Air Mata
D

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Perihal adanya kabar dari media instagram @kaba.bukittinggi yang menyatakan, 1.000 honorer guru non PNS di Kota Bukittinggi dapat reward akhir tahun berupa umroh. Membuat tenaga honorer lainnya baper, melelehkan air mata dan mendukung niat baik Pemko Bukittinggi.

Emoticon – emoticon menangis dari para tenaga honorer di Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, Kabupaten Solok dan Kabupaten Pesisir Selatan terpantau bersileweran dijagad media sosial, oleh redaksi Beritasumbar.com Selasa malam (24/12). Tak hanya itu, ketika diwawancara via WhatsApp sejumlah tenaga honorer di Limapuluh Kota mengaku bersedih.

Pasalnya mereka hanya dihargai 300ribu rupiah per bulan, mereka juga mengatakan “demi anak murid menuntut ilmu kami rela melakukan,” kata sumber yang tak mungkin dituliskan nama. Pasalnya, beberapa kali mereka bertemu Bupati dan setiap bertemu mereka memberi usulan tentang kelayakan hidup guru honorer.

Namun janji hanyalah janji, “ketika diberi usulan, Pak Bupati mengiyakan dan menyuruh agar kepala dinas pendidikan untuk mencatatnya. Namun hingga kini, belum satu pun aspirasi guru honorer yang dikabulkan,” katanya. Ia juga menambahkan bahwa sangat berharap kepada Bupati dan Kadisdik untuk memberikan kebijakan terbaik untuk honorer.

Kadisdik Kabupaten Limapuluh Kota Indrawati, ketika ditanya via WhatsApp menjawab “akan menanyakan kepada Kadisdik Bukittinggi bagaimana caranya menganggarkan dan bagaimana tekniknya dalam menganggarkan APBD untuk guru honorer. Sekarang ini Untuk Kabupaten Limapuluh Kota, kini dari APBD diarahkan utk guru mengaji, guru MDA dan Garin,” timpalnya.

Ia juga menambahkan, “Sebetulnya telah banyak yang diperjuangkan Bupati untuk guru honor, antara lain guru honor di SK kan utk bisa ngurus NUPTK, guru honor TK sudah diperjuangkan untuk bisa dapat SK dari pusat, untuk bisa nerima tunjangan, yang dari APBD tentu disesuaikan dg anggaran dan aturan yg ada,dan itu menyangkut pihak ekskutif dan legislatif. Kita punya guru honor banyak, beda dengan Kota Bukittinggi, mudah – mudahan ke depan lebih lagi untuk guru honor, tahun ini kita juga dpt CPNS 170 orang dan tahun kemaren juga dpt 172 orang.Tentu tidak bisa sekaligus kita tuntaskan.” Kata Indrawati.

Menyikapi jawaban dari Kadisdik tersebut, tenaga honorer guru jelas tidak puas. “Yang kami butuhkan adalah bukti, bukan janji – janji yang selalu kosong. Terlepas dari alokasi APBD yang minim, pemberian santunan untuk guru honorer juga sangat lambat. Janjinya saat kampanye, alokasinya saat masa jabatan Bupati Irfendi Arbi akan berakhir.” Tukasnya.

Terpisah sejumlah tokoh – tokoh peduli pendidikan Luak Limopuluah juga memberikan komentar, Yudilfan Habib mengatakan, ” Pemilu Kada serentak diharap tidak mempolitisasi tunjangan tenaga honorer Pemda. Jangan jadikan tenaga honorer alat politik oleh incumbent, maupun partai pengusung pasangan calon kepala daerah,” katanya Rabu (25/12).

Disaat yang sama, Tokoh peduli pendidikan Desri Imam juga mengatakan, “bagus Bukittinggi, dibutuhkan keberanian kepala daerah untuk seperti itu, tentu menyesuaikan dgn aturan yg ada, selagi aturanya membolehkan, kenapa tidak?” Kata Desri Imam Mantan Kadisdik Limapuluh Kota itu. Sedangakan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi tidak bisa dihubungi media ini.
(frp)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

AM Kuncoro Vokalis Heniikun Bay feat Steven & Tege Coconut Treez Bakal Rilis Ulang ‘Mimi Mintuno Tresno’

AM. Kuncoro, Musisi asal Kota Yogyakarta makin mendapat pengakuan di industri musik Tanah Air. Karya lagunya yang berjudul Mimi Mintuno Tresno dipercaya jadi soundtrack film serial Mimi Mintuno. Untuk versi soundtrack film tersebut, lagu Mimi Mintuno Tresno digarap ulang oleh AM. Kuncoro bersama dua musisi reggae legendaris Indonesia, Steven dan Tege Coconut Treez, proses recording dan syuting videoklipnya akan dilakukan pada 28 - 30 Mei 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...
- Advertisement -

Gercep PK IMM Kasman singodimedjo Berbagi Sembako

Padang BeritaSumbar.com,- Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IKM) Kasan Singodimedjo berbagi sembako kepada masyarakat kurang mampu di Kota Padang pada Minggu 2/5. Kegiatan ini diadakan sehari usai melakukan santunan yatim di panti asuhan Aisiyah Lubuk Begalung.

Pelajari Aplikasi Sipedati, Pemko Solok Kunjungi Kota Payakumbuh.

Payakumbuh,Beritasumbar.com,- Pemerintah Kota Solok dalam hal ini diwakilkan oleh Kabid Informatika dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok Feri Agriadi beserta rombongan mengunjungi Kota Payakumbuh untuk melakukan sharing informasi dan mempelajari Sistem Informasi PKK dan Dasawisma Terintegrasi (SiPedati) yang ada di Kota Payakumbuh, Jumat(30/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Temui Kaban Geologi, Wabup RKN: SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei

Bandung,BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, di Bandung.

Siapkan SPAM Regional Batang Maek Kuniang, pemkab Audiensi Dengan Pemprov dan BWSS V Padang

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,- Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Sistem Penyedia Air Minum (SPAM), Biro Kerja Sama Provinsi Sumatera Barat, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat lakukan audiensi dengan Bupati Safaruddin DT. Bandaro Rajo. Audiensi itu terkait program SPAM regional Batang Maek Kuniang sebagai peningkatan tata kelola penyedian air minum layak dan aman di daerah.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...
- Advertisement -