sumber foto: https://kaba12.co.id/

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Shiyue Zhou,(43) tenaga kerja asing asal Cina yang bekerja di PT. Berkat Bhineka Perkasa, Tanjung Balit Pangkalan, Kabupaten 50 Kota tidak dapat kembali ke negara asalnya China karena dampak pendemi Corona virus.

Kepala Seksi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, Deny Haryadi mengatakan, tenaga kerja asing asal China itu saat ini masih berada di lokasi tambang itu.

“Awalnya jumlah tenaga kerja asing asal China itu ada 13, namun saat imlek kemaren 12 temannya pulang dan ia tinggal sendiri,” jelas Deny, Senin (16/03).

Deny menyampaikan Tenaga Kerja Asing itu memang sudah berkeinginan untuk pulang karena tidak ada teman. Namun, keinginannya pulang tidak bisa dikarenakan penerbangan ke negara asalnya China untuk sementara sudah ditutup.

Kini, tenaga kerja asing itu tidak ada melakukan kegiatan apapun. Meski demikian, ulas Deny, untuk masa tinggal orang asing itu masih berlaku hingga November 2020.

Deny melajutkan, ke 12 warga Tiongkok itu ingin kembali ke Indonesia, namun tak bisa, karena terkendala penerbangan. Begitupun sebaliknya, seorang warga China yang saat ini di Tanjung Balik tidak bisa juga pulang ke negeri asalnya.

“Begitupun yang masih tinggal ini, dia ingin pulang ke Tiongkok tak bisa, penerbangan langsung tak ada,” terangnya.

Saat ini warga Tiongkok itu masih menetap di Tanjung Balit demi menunggu waktu bisa pulang. Sementara izin tinggalnya, akan habis pada Bulan Desember 2020 mendatang.

“Tak hanya warga Tiongkok, kita juga akan pantau warga asing lainnya jika ada yang masuk, seperti dari Italia misalnya, sejauh ini belum ada,” tegasnya.( https://kaba12.co.id/ )

loading...