27 C
Padang
Selasa, Agustus 9, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Cetak hattrick Pada Laga Ke Dua Piala AFF U16, Nabil Asyura Jadi Perbincangan Publik Di Sumbar
C

- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Debut Nabil Asyura di Timnas U16 asuhan Coach Bima Sakti terjadi pada ajang piala AFF melawan Filipina menjadi perbincangan hangat dikancah pesepakbolaan Sumatera Barat khususnya Luhak 50. Status WA, Story instagram, status Fb dan media sosial lainnya begitu banyak yang memposting aksi Nabil membela Timnas.

Nabil yang memakai jersey No. Punggung 17 begitu gagah menjadi striker Timnas Indonesia. Apalagi Nabil tampil begitu dominan, enam peluang emas diraih oleh top skor Piala Soeratin U15 tahun 2021/2022 ini. Komentator dan analis Tv yang menyiarkan secara langsungpun juga sering menyebut nama Nabil, posturnya yang begitu ideal dan penempatan posisi Nabil yang begitu akurat menjadi sorotan. “Sepertinya kita hanya akan menunggu waktu saja untuk melihat Nabil Asyura menciptakan goll Bung” Ujar Valentino Jembret ketika memandu Live pertandingan.

Nabil yang tampil dari menit awal hingga menit 65 tampil begitu percaya diri. Tapi sayang, goll debut Nabil di Timnas harus tertunda, walau peluang-peluang emas berhasil diciptakan pemain yang membela Gasliko dalam ajang Soeratin U15 zona Sumatera Barat beberapa waktu lalu.

Pada laga kedua, Nabil kembali diberi kepercayaan untuk menghadapi Singapura. Tidak ingin menyianyiakan kepercayaan Coach Bima Sakti, kali ini Nabil langsung tampil menggila dari menit awal. Tidak butuh waktu lama, menit ke 3 Striker berpostur 176cm ini berhasil menggetarkan jala gawang Singapura. Unggul Indonesia 1-0.

Belum puas untuk memperlihatkan bahwa dirinya memang layak menjadi kepercayaan Timnas Indonesia, dimenit 17 Nabil kembali menambah pundi-pundi golnya melalui sundulan manis. Serta pada menit ke 30 anak dari Bapak Bismianto dan Ibu Martaliza ini melengkapi penampilannya untuk menciptakan hattrick, kembali melalui sundulan yang akurat.

Dibabak kedua sebenarnya Nabil juga memiliki beberapa peluang emas. Akan tetapi hingga menit ke 90 Nabil yang dipercaya tampil fulltime gagal menambah gol walau Timnas U16 berhasil menang telak 9-0 melawan Singapura.

Salah serang tokoh Sepakbola Luak 50, yang juga merupakan pelatih Nabil di SSB Arafah kota Payakumbuh berpandapat bahwa, Nabil dibanding ketika berhadapan dengan Filipina penampilannya memang lebih baik, bukan hanya Nabil tapi Timnas U16 secara keselurahan juga lebih maksimal. Dipertandingan pertama begitu terlihat anak-anak terbaik se Indoneaia ini tampil sedikit grogi karena menjalani debut Internasional mereka, akhirnya para pemain banyak bermain secara individu dan gagal memaksimalkan peluang. Berbanding terbalik ketika melawan Singapura, kekompakan tim begitu terlihat, terkhusus buat Nabil dapat kita nilai bahwa penampilannya jauh lebih dewasa. Jarang sekali kita melihat Nabil melakukan akselerasi berlebihan, bukan karena dia tidak mampu tapi karena bermain taktis dengan memaksimalkan semua potensi tim jauh lebih efektif daripada mamaksakan diri, Nabil tau kapan harus mengoper, melakukan akselerasi maupun shoting, akhirnya melahirkan begitu banyak gol dalam pertandingan.

“Kita sangat bangga dengan keberhasilan Nabil menjadi bagian Timnas U16, kita berharap Nabil tidak cepat puas dengan prestasinya saat sekarang ini, selain itu peran Orang Tua, Pengurus Organisasi Sepakbola mulai dari SSB sampai ke Timnas yang melakukan Pembinaan serta Pelatih Yang Pernah melatih Nabil tidak bisa kita Nafikan. Semua Berperan dan memberikan sumbangsihnya, mulai dari SSB sampai ke Timnas semua melalui proses. Kita Semuanya Bangga Anak Sumbar dan khususnya Luak 50 bisa masuk ke Level Nasional” Ujar Wahyu yang juga merupakan pimpinan SSB Arafah dan Payakumbuh Selec.

Dilain sisi, Riki Naldi pelatih Nabil di Gasliko U15 mengatakan bahwa “Salah satu kunci keberhasilan Nabil menciptakan hattrick adalah dirotasinya posisi Nabil ketika melawan Filipina yang lebih ke kanan atau sayap kanan menjadi second striker ketika berhadapan dengan Singapura. Nabil lebih nyaman pada posisi ini sehingga dia lebih leluasa bergerak tanpa perlu terlalu banyak memegang bola dan dengan penempatan posisi yang pas maka Nabil berhasil menciptakan gol maupun memberikan asist kepada temannya” Ujar Riki yang berhasil bersama Gasliko menjadi Runner Up Soeritin U15 zona Sumatera Barat musim 2021.

“Semoga keberhasilan Nabil bermain untuk Timnas U16 menjadi motivasi tambahan bagi pemain, pelatih, SSB, Klub, pengurus Organisasi Sepakbola, dan Orang tua pemain yang juga bermimpi bisa bermain di level Timnas bahkan lebih. Hal tersebut sudah dicapai Nabil, dan kalau soal potensi saya rasa di Luak 50 masih banyak pemain-pemain yang juga layak bisa bermain di level lebih tinggi, kuncinya adalah punya tekad yang kuat dan mau berlatih dengan tekun. Bisa kita ambil contohnya adalah Nabil, ketika berlatih di Gasliko dia selalu datang paling awal dan sudah mulai berlatih sendiri untuk meningkatkan kemampunnya.” Ujar pelatih yang pernah bermain di klub Persebaya ini.

Sementara itu, presiden Gasliko Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri turut bangga atas keberhasilan Nabil bermain di Timnas. Selamat kita ucapkan kepada ananda Nabil, keberhasilan Nabil adalah kebanggaan kita bersama, selamat kita ucapkan kepada SSB Arafah dan ISSB Kota Payakumbuh yang sudah berhasil mendidik nabil dari usia dini.

Selamat kita ucapkan kepada uda Riki Naldi, Bang Etmon, coach Jovan, Hafiz dan Zinda yang sudah mendidik Nabil ketika di Gasliko, bahkan saya masih ingat ketika Nabil sempat bimbang menentukan pilihannya untuk bermain di klub mana pada ajang Soeratin tahun lalu, bang Etmonlah yang akhirnya membantu meyakinkan Nabil dan orangtuanya jika di Gasliko insyaAllah akan menjadi batu loncatan terbaik bagi Nabil.

Selamat juga kita ucapkan kepada klub PSP dan PPLP Sumbar yang pada ajang Soeratin Nasional mengajak Nabil untuk bergabung, sehingga tertanggal 1 maret 2022 Gasliko melepas Nabil ke PSP dan pada ajang Soeratin Nasional itulah Nabil mulai terpantau ditingkat Nasional.

“Selamat teristimewa tentu kita ucapkan kepada kedua orangtua Nabil yang selalu mendukung anaknya, masih saya ingat ketika memantau latihan Gasliko U15 orang tua Nabil dan orangtua pemain lainnya begitu setia menemani anaknya, salut kita dengan perjuangan orangtua yang ingin anaknya sukses dikancah Sepakbola ini” Ujar RKN.

“Semoga Nabil adalah awal dari akan lahirnya kembali pemain-pemain Luak 50 berkibrah dikancah Nasional, Liga 1, bahkan Internasional. Ayo semangat para pemain dan pelatih untuk mencapai hal tersebut, insyaAllah kalau kita bersama untuk kemajuan Sepakbola pasti kita bisa!” Seru RKN yang juga merupakan ketua Askab PSSI Limapuluh Kota. (THI)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img