25.2 C
Padang
Selasa, Januari 18, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Capai Herd Immunity, Pemko Payakumbuh Gelar Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun
C

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Pemerintah Kota Payakumbuh tidak pernah lelah dalam mencapai Herd Immunity guna menghindari penyebaran wabah virus covid-19. Hal ini terlihat dengan dilaksanakannya rapat bersama seluruh kepala sekolah SD Negeri dan swasta dan pengawas satuan SD kota Payakumbuh di aula pertemuan ngalau lantai III kantor walikota, Senin (10/1).

Rapat yang mengagendakan rencana untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun itu diprakarsai oleh dinas pendidikan kota Payakumbuh bekerjasama dengan dinas kesehatan, dinas Kominfo dan Polres kota Payakumbuh.

Walikota yang diwakili Asisten III bidang administrasi umum Amriul Dt. Karayiang dalam sambutannya mengatakan target untuk vaksinasi covid-19 pada anak usia 6-11 tahun sebanyak 60 persen dari data anak yang ada.

“Saat ini ada sebanyak 15 ribu lebih data anak dalam rentang usia 6 hingga 11 tahun ini, dan sesuai arahan dari walikota setidaknya dari jumlah data anak yang ada ini akan kita capai target untuk anak mendapatkan vaksin sebanyak 60 persen,” ungkap Amriul.

Dan terkait vaksinasi covid-19 yang akan dilaksanakan ini nantinya, Amriul sampaikan agar dapat berjalan sesuai rencana, dimana dengan telah diberikan vaksinasi untuk semua warga di Indonesia dan terkhusus untuk kota Payakumbuh maka kita semua akan dapat terbebas dari wabah virus covid-19 ini nantinya, sehingga kehidupan dapat berjalan seperti semula” kata Asisten III tersebut.

Tidak lupa, Amriul sampaikan harapannya kepada bapak dan ibu guru yang hadir agar dapat menjadi teladan dan contoh yang baik bagi seluruh siswa dan murid di sekolah dalam memberikan pengertian vaksinasi covid-19.

“Sehingga guru ini dapat mengajak dan membawa anak ini untuk dapat ikut vaksinasi covid-19, agar generasi penerus ini dapat membawa kota Payakumbuh ke depannya maju dan menang,” tukasnya.

Sementara kepala dinas pendidikan kota Payakumbuh Dasril mengatakan jika seluruh sekolah dasar yang ada di kota Payakumbuh akan langsung bergerak untuk persiapan vaksinasi covid-19.

Disampaikannya, di kota Payakumbuh ada sebanyak 81 (delapan puluh satu) sekolah dasar, dimana untuk sekolah dasar negeri sebanyak 66 (enam puluh enam) dan sekolah dasar swasta sebanyak 15 (lima belas) sekolah dasar. Dan kita akan menargetkan setidaknya dari anak usia 6-11 tahun ini akan ikut vaksinasi sebanyak 60 persen dari seluruh data anak yang ada,” ungkap Dasril.

Agar berjalan lancarnya proses vaksinasi covid-19 digelar, Dasril mengajak kepada seluruh kepala sekolah dasar sekota Payakumbuh untuk langsung melakukan sosialisasi di sekolah masing-masing yang akan dimulai pada Selasa 11 Januari dan Rabu 12 Januari esok.

“Dan setelah dilakukan sosialisasi selama dua hari ini, maka pada hari Kamis 13 Januari-nya kita akan langsung lakukan vaksinasi covid-19 bagi anak kita hingga nanti telah terbentuk Herd Immunity kelompok agar anak-anak kita dapat belajar dengan tenang secara tatap muka di sekolah,” kata Dasril.

Dari dinas kesehatan yang diwakili Kepala bidang Kesmas dan K3 Fatmanelly dalam keselamatan tersebut turut menyampaikan bahwa untuk jenis vaksin yang akan diberikan kepada anak-anak ini nantinya vaksin jenis coronavac.

“Saat ini dinas kesehatan kota Payakumbuh memiliki sebanyak 8704 dosis vaksin yang tersedia, dan jika dosis vaksin ini nanti tidak mencukupi atas jumlah anak yang akan divaksin nanti, maka kita akan langsung berkoordinasi dengan pihak Provinsi Sumbar untuk meminta bantuan tambahan dosis vaksin agar anak-anak ini dapat di vaksin untuk mereka kembali dapat belajar secara tatap muka di sekolah,” terang Nelly.

Dan menanggapi atas apa yang disampaikan kepala dinas pendidikan Dasril, Nelly katakan jika besok dalam sosialisasi dilaksanakan pihak petugas vaksinator akan melakukan skrening kepada anak yang masuk dalam data yang akan ikut vaksinasi covid-19.

“Ia, anak-anak nanti akan di skrening lebih dahulu, dimana mereka nanti akan kita masukan dalam 3 kategori, yakni kategori layak, ditunda dan tidak layak. Dimana dalam kategori yang kita tetapkan ini nantinya agar anak-anak ini dapat mendapatkan vaksinasi sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing,” ungkapnya melanjutkan.

Kepala Polres Kota Payakumbuh yang diwakili Kasat Binmas AKP. Yuneldi Chair katakan akan siap sedia dalam mensukseskan vaksinasi covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun ini, dan kami dari pihak Polres akan menempatkan personel vaksinator di setiap sekolah dasar selama vaksinasi covid-19 berlangsung,” ucap Kasat Binmas Polres Payakumbuh itu.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img