25 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Buka COJ Ke-IX MTsN 2 Solok, Ini Kata Ka. Kankemenag Kab. Solok
B

- Advertisement -

Kabupaten Solok, beritasumbar.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag., M.M yang didampingi Ketua DWP, Ny. Yessi Zulkifli menghadiri sekaligus membuka acara Competition Of Junior (COJ) ke IX MTsN 2 Solok di lapangan MTsN 2 Koto Baru, Solok. Sabtu (04/03/23)

Acara pembukaan COJ ke-IX itu juga dihadiri oleh Kasi Pemad Kemenag Kab. Solok, Lizi, S.St.,M.Si., Kepala MAN 1 Solok Plus Keterampilan, Drs. Syukrizal, M.M., Ketua Komite MTsN 2 Solok, Drs. Syafrizal, M.M dan Civitas Akademika MTsN 2 Solok, serta peserta dan tamu undangan, siswa-siswi dari SD/MI dari Kota dan Kabupaten Solok beserta guru pendamping.

Dalam sambutannya, Ka. Kankemenag Kab. Solok menyampaikan bahwa program madrasah adalah Madrasah Hebat Bermartabat dan Madrasah Mandiri Berprestasi.

“Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan 4T+1P, yaitu T pertama ialah teruji keimanannya, akidahnya kuat, tauhidnya kokoh, imannya mantap. Hal inu yang ditanamkan di madrasah. T kedua yaitu terbinanya ibadah, di MTsN 2 ini anak dibimbing shalat Jum’at di masjid madrasah dan perempuan forum annisa juga shalat zuhur berjamaah,” ujar H. Zulkifli

“Di sini anak-anak shalat dhuha, zuhur dan ashar di madrasah. Jika akidah anak sudah mantap, ibadahnya terbina, anak di rumah akan shalat tepat waktu tanpa disuruh lagi. Selanjutnya T yang ketiga ialah tertuntun akhlaknya, dan T keempat ialah terbangunnya intelektual,” lanjutnya

“Dengan perpaduan ilmu pengetahuan dan teknologi serta iman dan taqwa, maka akan mewujudkan generasi Qur’ani menuju masyarakat madani. Sedangkan P ialah public speaking, alumni madrasah memiliki public speaking yang mumpuni untuk menyampaikan ilmunya di tengah masyarakat,” jelas Ka. Kankemenag tersebut

H. Zulkifli juga menjelaskan, dengan demikian tertatanya program pendidikan di madrasah, diharapkan lahirnya pemimpin-pemimpin yang memadukan antara konsep pikir dan zikir.

COJ merupakan kompetisi rutin yang diadakan oleh MTsN 2 Solok, terhitung sudah sembilan kali diadakan hingga tahun 2023 ini.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana COJ IX, Ferni Hastuti, S.E menyampaikan bahwa COJ ini merupakan program rutin OSIM MTsN 2 Solok.

“Tujuan diadakan kegiatan ini ialah pertama untuk menjalin silaturrahim antara sesama insan pendidikan di Kota dan Kabupaten Solok, kemudian memperkenalkan MTsN 2 Solok. Kali ini kita melayangkan undangan kepada 50 SD/MI Kota dan Kabupaten Solok, ditambah dengan undangan melalui berbagai media sosial,” ujar Ferni Hastuti

Waka Kesiswaan tersebut juga berharap agar COJ IX ini bisa menjadi ajang pengikat solidaritas dan silaturrahim guna lahirnya generasi yang cerdas dan berkarakter di masa mendatang.

Kompetisi ini juga diadakan untuk melihat kemampuan siswa tingkat dasar atau calon siswa baru MTs dalam berbagai bidang mata pelajaran dan ektrakurikuler. Bagi para pemuncak selain mendapatkan reward juga akan diberikan keringanan biaya masuk ke MTsN 2 Solok.

Bidang yang diperlombakan dalam COJ ke-IX ini ialah PBB, bidang studi, solo song, dan cerdas cermat keagamaan.

Dalam sambutannya, kepala MTsN 2 Solok, H. Maidison, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Ka. Kankemenag beserta Ibu DWP Kemenag Kab. Solok yang selalu mensupport program dan kegiatan di MTsN 2 Solok.

“Terima kasih juga kepada ketua komite yang telah banyak membantu untuk terlaksananya acara hari ini, terima kasih kepada segenap panitia pelaksana, pengurus OSIM dan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir hari ini,” ujar Maidison

Dalam acara pembukaan COJ ke IX tersebut ditampilkan atraksi robotik sebagai hasil dari ekskul MTsN 2 Solok yang telah meraih prestasi terbaik 3 sebanyak 2 kali di tingkat Provinsi Sumatra Barat.

Selain itu, juga dimeriahkan oleh kesenian tradisional Minangkabau, yaitu Pencak Silat dan Tari Karak Baka, sebagai hasil latihan ekskul siswa di bidang kesenian. Semuanya tampil secara apik dan menghibur. (Fitria)

Atraksi Robotik Siswa MTsN 2 Solok
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img