24 C
Padang
Senin, November 29, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

BRI Payakumbuh Launching e-Form Menggunakan e-KTP
B

Kategori -
- Advertisement -

BRI Payakumbuh laounching fasilitas e-form, untuk manjakan nasabah membuka rekening baru dan mendapatkan pelayanan kartu ATM. Hanya butuh waktu sepuluh menit, publik sudah dapat mengantongi kartu tabungan berikut ATM. Tanpa harus menunggu antrian yang panjang.

Lounching e-form itu sangat sederhana. Hanya dengan menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik (baca, KTP-el). Program kerjasama Depdagri dengan BRI ini, diluncurkan Pimpinan Cabang BRI Andreas Chandra Santosa bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Payakumbuh Mediar Indra, M.Si dan Kepala Disduk Capil Limapuluh Kota H. Azfrizal Aziz, di kantor BRI setempat di Jalan Sudirman Payakumbuh, Rabu (12/11).

Kadisduk Capil kedua daerah itu, langsung difasilitasi oleh Pimpinan Cabang BRI Andreas untuk membuka rekening dan mendapatkan buku tabungan serta kartu ATM, dengan hanya memasukkan KTP-el ke lobang yang tersedia pada mesin e-Form, seperti box ATM dalam ruangan pelayanan bank, Pemilik KTP-el hanya butuh waktu dua menit mengisi perintah yang sudah tersistem dalam mesin e-form dimaksud.

Tidak hanya kedua Kadisduk Capil, Sekretaris Disduk Capil Payakumbuh Suhatril, Kabid Perencanaan Kependudukan, H. Asrul Yunus dan Sekretaris Disduk Capil Limapuluh Kota Mismitra, bersama Kasubag Program dan Pelaporan Desi Marta, juga ikut membuka rekening di BRI lewat e-Form, menggunakan KTP-el.

Begitu dienter, form yang sudah diisi calon nasabah langsung keluar dalam bentuk print out. Untuk selanjutnya, lembaran form dimaksud dibawa ke customer service (CS), dan petugas CS langsung memberikan buku tabungan beserta kartu ATM. “Inilah bentuk pelayanan kami terbaru dan pertama di Sumatera Barat,” ucap Andreas sambil menyerahkan buku tabungan dan ATM, plus door prize BRI kepada pejabat Disduk Capil kedua daerah itu.

Kepala Disduk Capil Payakumbuh Mediar Indra dan Kepala Disduk Capil Limapuluh Kota, menginformasikan, tidak hanya berguna untuk membuat kartu ATM. Tapi KTP-el juga multi fungsi, sebagai pengganti kartu kredit dan kartu keanggotaan BPJS serta kartu lainnya. Ke depan, publik tak harus mengantongi banyak kartu, cukup dengan KTP-el, sudah dapat melakukan transaksi.

Karena itu, pihaknya akan mempercepat proses pelayanan pembuatan KTP-el kepada seluruh masyarakat kedua daerah. Menurutnya, terhadap puluhan ribu warga Payakumbuh dan Limapuluh Kota yang belum mendapatkan KTP-el, pihaknya masih menunggu konfirmasi Depdagri. Mudah-mudahan menjelang akhir tahun ini, seluruh KTP-el yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat itu tiba di Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Namun demikian, katanya, jika masih belum datang juga, mulai awal tahun 2015, kedua Disduk Capil kedua daerah akan melakukan pencetakan KTP-el tersebut. “Mulai awal tahun depan KTP-el sudah dapat dicetak disemua daerah, termasuk Payakumbuh dan Limapuluh Kota,” tegas Mediar. (rfk)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img