25 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

BPBD Limapuluh Kota Adakan Sosialisasi Penguatan Kapasitas TRC-PB
B

- Advertisement -

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pada saat terjadi bencana terdapat berbagai permasalahan antara lain waktu yang sangat singkat, kebutuhan yang mendesak dan berbagai kesulitan koordinasi antara lain yang disebabkan karena banyaknya institusi yang terlibat dalam penanganan darurat bencana.

Untuk meningkatkan penanganan bencana di Kabupaten Lima Puluh Kota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengadakan Sosialisasi Penguatan Kapasitas Team Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) di Gedung Gambir Payakumbuh, Selasa(18/12).

Prosedur Tetap Tim Reaksi Cepat BNPB bertujuan memberikan panduan bagi personil yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat BNPB untuk dapat melaksanakan tugas secara cepat dan tepat sesuai dengan perkembangan kondisi bencana yang terjadi, kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota H.Joni Amir,S.Sos.

Potensi Bencana Alam di Kabupaten Lima Puluh Kota, Banjir, Longsor, Puting Beliung, Kebakaran Hutan, Gerakan Tanah (Gertan) dan Gempa. Tapi yang paling sering terjadi adalah bencana banjir, kata H.Joni Amir,S.Sos.

Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang tinggi yang dialirkan melalui sungai-sungai besar, seperti Sungai Batang Maek, Sungai Batang Sinamar, Sungai Batang Kapur, Sungai Batang Samo dan Sungai Batang Mangilang, Ucap H.Joni Amir,S.Sos.

Bencana Alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Selain itu beberapa faktor terjadinya bencana alam, tata penggunaan lahan yang tidak terkontrol contoh : seperti pembukaan lahan pada daerah hutan atau kemiringan pada perbukitan, sedimentasi yang tinggi pada DAS contoh ,terjadinya pendangkalan pada sungai dan Pembalakan liar contoh, melakukan penebangan hutan secara ilegal, lanjut H.Joni Amir,S.Sos.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Polri, TNI dan Unsur OPD (BPBD). Materi yang diberikan, Mewujudkan Masyarakat Lima Puluh Kota Yang Tangguh Dan Siap Menghadapi Bencana oleh Kalaksa BPBD Kab.Lima Puluh Kota H.Joni Amir,S.Sos dan Skema Alur Penanganan Bencana oleh Rahmadinol S.Pd.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img