25 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

BNN Payakumbuh Maksimalkan Pengawasan Obat-Obatan
B

Kategori -

Payakumbuh – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), memaksimalkan pengawasan obat-obatan shingga tidak membahayakan bagi masyarakat setempat.

Kepala BNN Kota Payakumbuh, AKBP Firdaus ZN di Payakumbuh Kamis mengatakan pihaknya bersama tim gabungan melakukan operasi pegawasan peredaran barang-barang tersebut pada setiap apotek di kota itu.

“Operasi itu berlangsung selama dua hari bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap apotek, toko obat, ataupun klinik dokter yang berada di Kota payakumbuh. Selama dua hari ada 28 tempat penjualan obat yang dikunjungi oleh tim,” kata dia.

Ia mengatakan, tim tersebut terdiri dari Satuan Reserse Narkoba Polres Payakumbuh, Dinas kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), dan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP)
Ia menyebutkan, pihaknya juga menemukan penyalahgunaan resep obat golongan psikotropika pada beberapa apotik, dimana dalam resep itu tidak sesuai dengan peruntukan pasien dari usia pemakaiannya.

Kemudian, juga didapatkan beberapa apotek atau toko obat yang surat izin usahanya sudah habis masa berlakunya, dan sebagian masih dalam proses pengurusan.

Menurutnya, operasi yang bersifat pembinaan administrasi dan sumber daya manusia bertujuan agar pemilik apotek ataupun toko obat turut berperan aktif dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika.

Bahkan pihaknya mempunyai kewenangan untuk mengajukan rekomendasi pencabutan izin usaha apotek yang terbukti menjual barang terlarang tersebut.

“Ketergantungan terhadap narkotika sekarang beralih ketergantungan terhadap obat-obatan seperti obat penenang jenis alprazolam. Tim juga banyak menemukan bekas obat batuk komik yang masih memiliki kandungan dextro yang disinyalir marak beredar di Payakumbuh,” kata dia.

Salah seorang Warga Payakumbuh Saiful mengapresiasi langkah instansi terkait dalam meminimalisir dampak obat-obatan bagi masyarakat daerah itu.

“Untuk mengurangi bahaya penyalahgunaan obat-obatan, maka instansi terkait harus menurunkan tim untuk mengawasinya secara bertahap,” kata dia.  (Ant/Denya Utama/Mardikola Tri Rahmad)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.
- Advertisement -

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -