24.9 C
Padang
Selasa, Maret 5, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bertanam Bunga Bougenville
B

Kategori -
- Advertisement -

BeritaSumbar.com,- Bunga kertas atau yang biasa disebut juga dengan bunga bougenville merupakan salah satu jenis bunga yang cukup populer di Indonesia. Bunga ini memiliki warna bunga yang sangat cerah yang menjadi salah satu faktor keindahan dan daya tarik. Maka tak heran jika bunga ini banyak diminati oleh banyak orang. Bunga yang memiliki nama ilmiah Bougainvillea ini berasal dari berasal dari Amerika Selatan namun, seiring waktu bunga ini makin tersebar luas hingga ke kawasan Indonesia yang beriklim tropis. Tanaman bougenville ini ditemukan oleh Louis Antoine de Bougenville dari salah seorang perajut dari perancis pada tahun 1769-1776. Bunga ini dapat diartikan sebagai kasih sayang, baik untuk anak, orang tua, pasangan dan lain sebagainya.

Bunga ini memiliki ciri khusus yaitu batangnya yang keras dan bercabang memiliki duri yang tajam. Biasanya batang bugenvil ini memiliki tinggi sekitar 5 hingga 15 meter. Percabangan tanaman banyak sehingga membutuhkan pemangkasan rutin untuk mengatur arah pertumbuhan cabang. Pemangkasan terbaik ketika tanaman usai berbunga. Daunnya merupakan daun tunggal yang bertangkai dan berhadapan, bentuknya bulat atau elips dengan ujung daun yang meruncing dengan sisi yang sama. Daunnya berukuran sekitar 4-10 cm dan lebarnya sekitar 2-6 cm.

Keindahan kembang kertas alias bugenvil terletak pada bunganya yang warna warni. Ada merah muda, ungu, putih, jingga, dan kuning. Bunga yang tampak mata adalah seludang bunga. Bunga bugenvil yang sesungguhnya berukuran mini, berbentuk terompet, berwarna putih, dan terlindung oleh seludang. Perbungaan muncul di ketiak daun dan ujung batang. Bunga ini memiliki bentuk kecil dengan 3 kelopak daun pelindung di setiap bunganya. Bunga ini sangat tipis, maka tak heran jika sering disebut-sebut sebagai bunga kertas.Biasanya bunga bougenville ini akan menggugurkan daun-daunnya ketika sedang berbunga. Tanaman Bunga bougenville biasanya berbunga lebat sepanjang musim kemarau. Pada musim hujan, bunga bougenville berguguran. Di akhir musim hujan, kuncup bunga bougenville akan bermunculan kembali.

Bunga bougenville memiliki jenis yang cukup banyak dengan warna yang semuanya cerah dan tentunya akan sangat indah jika ditanam di depan rumah. Adapun jenis-jenisnya seperti Bambino Majik, Barbara Karst, Alexandra, Coconut Ice, Cherry Blossom, Baby Victoria, Bambino Baby Lauren, Bambino Baby Allison, Gold Rush, dan California Gold.

Cara merawat tanaman bougenville ini sangat mudah. Tanaman ini tidak membutuhkan lebih banyak air. Jiki disiram terlalu sering, maka dapat merusak bunga dan tanaman tidak tumbuh dengan baik. Boungenville adalah tanaman hias yang tumbuhnya merambat. Ia dapat ditanam dalam pot, sebagai bonsai, di keranjang gantung, di sepanjang dinding, di atas teralis, dan sebagai pagar.

Bunga bougenville merupakan tanaman bunga yang membutuhkan banyak asupan sinar matahari yaitu sekitar 70% sinar matahari. Bahkan disaat matahari terik sekalipun. Maka dari itu, simpanlah bunga bougenville pada tempat-tempat terbuka yang dapat terkena paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu bunga bougenville bersifat rimbun sehingga diperlukan pemangkasan agar tanamannya tidak bersulur kemana-mana. Dengan pemangkasan berkala, maka tampilan bunga bougenville bisa disesuaikan dengan keinginan.

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img