24 C
Padang
Rabu, Desember 1, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Berkunjung Ke Kota Payakumbuh, Pengusaha Korea Sambangi Rumah Produksi Kopi Di Kelurahan Limbukan.
B

- Advertisement -

Payakumbuh,Beritasumbar.com – Dua orang pengusaha dari Korea Selatan mengunjungi rumah produksi Bengkel Kopi, Rabu siang (3/7). Tempat pengolahan kopi yang berada di Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan itu, dikunjungi usai bertemu Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di ruang kerjanya, Kantor Balai Kota eks Poliko. Mereka juga berkunjung ke beberapa pusat kuliner yang ada di kota Payakumbuh.

Dalam hal ini, agenda pertemuan mereka untuk melihat peluang – peluang kerjasama pemasaran produk UMKM di Indonesia, terkhusus Kota Randang Payakumbuh. “Hasil dari pertemuan tersebut, pengusaha Korea itu sudah melihat potensi – potensi bisnis dari UMKM di Kota Payakumbuh, termasuk usaha kopi saya ini.” Kata John Aleksi, pemilik usaha Bengkel Kopi.

Didampingi oleh Muhammad Zikri Isril, biasa disapa Arie chaniago seorang pengusaha Travel Agent yang beroperasi di Kawasan Wisata Lagoi Kepulauan Riau yang juga putra Kota Payakumbuh. Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kabid Dinas Tenaga Kerja Kota Payakumbuh Dewi Nofita.

Kunjungan tersebut memang sudah direncanakan sejak lama, tepatnya akhir tahun lalu, ketika Bengkel Kopi mengikut sertakan produk kopinya distand pameran produk Indonesia di Busan Korea. “Rencana kunjungan mereka ke tempat kita memang sudah dikabarkan jauh-jauh hari,” ungkap John Aleksi.

Dalam kesempatan itu Owner Bengkel Kopi sengaja mangajak salah seorang Barista Story Coffe Livino yang buka di jalan Sukarno Hatta, persis didepan apotik Kimia Farma sebagai juru racik kopi yang pernah menjuarai disalah satu kompetisi Barista di Kota Bukit Tinggi beberapa waktu lalu.

Sejak dijadikannya Kota Payakumbuh sebagai pusat Wisata Kuliner secara Nasional, sudah selayaknya Payakumbuh memiliki para Roaster dan Barista-barista yang telah tersertifikasi, karena perkembangan industri kopi di Payakumbuh sangatlah pesat, bisa dilihat dengan maraknya kedai-kedai kopi ada disetiap sudut Kota Payakumbuh.

Kepada Dewi Nofita, John aleksi dan Livino berharaharap melalui Dinas ketenagakerjaan Kota Payakumbuh yang dibidanginya, bisa memfasilitasi mereka untuk bisa mengikuti pelatihan sertifikasi skill Roaster dan Barista.

Menanggapi hal tersebut Dewi Nofita menyampaikan, ia sangat mendukung keinginan mereka itu. “Kita dari Dinas siap memfasilitasi rencana tersebut, jika kepala Dinas menyetujui, kita akan segera realisasasikan”. Ungkap Dewi kepada beritasumbar.com disela-sela makan siang di RM pongek Or si7. Dewi juga menyarankan untuk menemui Bapak Walikota untuk membahas hal ini. (j.a)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img