29.4 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Belajar Dari Covid-19
B

Limapuluh Kota, -Tanggal 2/5 adalah hari pendidikan Nasional, merupakan hari bersejarah untuk mengevaluasi diri sejauhmana makna pendidikan berarti bagi anak bangsa kita, apalagi tahun ini diperingati dalam suasana bulan Ramadhan dan ditengah merebaknya virus Corona Covid 19.
Sesuai surat Mendikbud RI Nomor: 42518/MPK.A/TU/2020 tanggal 29/4/2020 tentang Pedoman Peringatan Hardiknas tahun 2020, menegaskan tema Hardiknas adalah”Belajar dari Covid 19″.
Tema ini secara filosofi memiliki makna yang mendalam.Pertama, mengingatkan kembali peran orang tua akan tanggung jawabnya mendidik putra putrinya terutama akhlak mulia yang mulai diterapkan di lingkungan keluarga.Karna.saat ini orang tua pada umumnya juga Bekerja Dari Rumah dan peserta didik belajar daring/jarak jauh dari rumah.
Selanjutnya orang tua juga akan dapat mengajarkan anaknya untuk beribadah bersama di rumah,apalagi saat ini di bulan Ramadhan mengajarkan kebaikan kepada anak dan mempraktikkan nya besar pahalanya dari Allah Swt. Penyebaran Covid 19 telah mengembalikan makna pendidikan itu adalah tanggung jawab bersama sekolah,orang tua dan masyarakat.
Dengan banyaknya waktu tatap muka orang tua dan anaknya diharapkan capaian makna pendidikan untuk “memanusiakan manusia” akan dapat dilihat dari generasi muda milenial yang akan datang, sesuai tujuan Pendidikan Nasional untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur,cerdas,terampil,kreaktif serta mencintai bangsa dan negaranya. Kedua, Merebaknya wabah Covid 19 ditengah masyarakat dunia mengajarkan makna pembelajaran untuk patuh dan taat terhadap Protokol kesehatan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.
Sikap disiplin yang harus diterapkan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak sosial, menjaga kesehatan dan tetap di rumah, merupakan pembelajaran bagi peserta didik, orang tua dan pendidik untuk menerapkan disiplin dalam kehidupannya.Ketiga, Covid 19 mengajarkan kepada kita untuk selalu siap menghadapi kondisi yang sulit,dengan keharusan untuk bekerja keras,hidup hemat dan selalu memiliki tabungan untuk mampu bertahan hidup dalam situasi darurat seperti ini. Makna kehidupan saat ini akan memberikan pelajaran berharga untuk kita semua.
Akhirnya Covid 19 memberi makna dalam pembelajaran bahwa pendidikan adalah tanggung jawab utama sekolah,orang tua dan masyarakat.Penegakan disiplin adalah kata kunci untuk berhasilan seseorang dalam hidup dan kehidupannya dan Covid 19 memberikan makna kita harus selalu siap dalam menghadapi kondisi darurat.(Semoga)
Oleh: Hendra,S.Pd.MM
Kabag Humas dan Protokol Kab.LimaPuluh Kota dan Pemerhati Pendidikan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)
- Advertisement -

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Jika ada pelanggaran pemilu yang terjadi nanti, silahkan saja laporkan ke Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, jangan pula ragu dan takut. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partisipatif tahun 2024, Selasa (15/6) di Hotel Minang Jaya Lubuak Aluang.

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)
- Advertisement -

13 Pelaku Usaha Di Kota Payakumbuh Terima Sertifikat Halal

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Penyerahan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI yang diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh Ramza Husmen kepada 13 pelaku usaha pangan di Kota Payakumbuh disaksikan oleh Kadis Nakerin Kota Payakumbuh diwakili Sekretaris Dinas Andiko Jumarel dan Ketua MUI Kota Payakumbuh Mismardi di Mushala Baiturahman Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang, Jumat (18/6).

Satu Orang Meninggal dan Tiga Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan tambahan satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Senin (14/06).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

Sosialisasi Kabupaten Layak Anak Dengan Tekan Angka Putus Sekolah

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,- Limapuluh Kota lakukan pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA) secara Top Down dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari. Dari 79 nagari dalam sebaran 13 kecamatan yang ada sudah 10 kecamatan yang layak anak. Pengembangan tersebut dalam bentuk sosialisasi yang dilakukan di 79 Nagari. Sudah ada 52 nagari berkomitmen untuk menciptakan Nagari Layak anak.

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Launching Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Safaruddin: Harus Gerak Cepat

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com, - Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah yang mendapatkan penghargaan Kampung Adat Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (20/5/2021) lalu, kembali mendapatkan undangan resmi dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif untuk mengikuti acara launching Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021

Diskominfo Lima Puluh Kota Ikuti Webinar Penanganan Stunting

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Diskominfo Lima Puluh Kota mengikuti webinar akselerasi program penanganan stunting di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan dukungan perguruan tinggi khususnya dimasa covid-19 secara virtual di Aula Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota, Kamis, (27/05/2021).

Badan Keuangan Lima Puluh Kota Sosialisasikan E-Persuratan

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Dalam rangka mendukung kebutuhan pengolahan data yang dilakukan secara cermat, cepat dan teratur untuk mendapatkan hasil informasi yang akurat relevan dan tepat waktu terutama pada instansi Pemerintah.
- Advertisement -