25 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Belajar Dari Covid-19
B

Limapuluh Kota, -Tanggal 2/5 adalah hari pendidikan Nasional, merupakan hari bersejarah untuk mengevaluasi diri sejauhmana makna pendidikan berarti bagi anak bangsa kita, apalagi tahun ini diperingati dalam suasana bulan Ramadhan dan ditengah merebaknya virus Corona Covid 19.
Sesuai surat Mendikbud RI Nomor: 42518/MPK.A/TU/2020 tanggal 29/4/2020 tentang Pedoman Peringatan Hardiknas tahun 2020, menegaskan tema Hardiknas adalah”Belajar dari Covid 19″.
Tema ini secara filosofi memiliki makna yang mendalam.Pertama, mengingatkan kembali peran orang tua akan tanggung jawabnya mendidik putra putrinya terutama akhlak mulia yang mulai diterapkan di lingkungan keluarga.Karna.saat ini orang tua pada umumnya juga Bekerja Dari Rumah dan peserta didik belajar daring/jarak jauh dari rumah.
Selanjutnya orang tua juga akan dapat mengajarkan anaknya untuk beribadah bersama di rumah,apalagi saat ini di bulan Ramadhan mengajarkan kebaikan kepada anak dan mempraktikkan nya besar pahalanya dari Allah Swt. Penyebaran Covid 19 telah mengembalikan makna pendidikan itu adalah tanggung jawab bersama sekolah,orang tua dan masyarakat.
Dengan banyaknya waktu tatap muka orang tua dan anaknya diharapkan capaian makna pendidikan untuk “memanusiakan manusia” akan dapat dilihat dari generasi muda milenial yang akan datang, sesuai tujuan Pendidikan Nasional untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur,cerdas,terampil,kreaktif serta mencintai bangsa dan negaranya. Kedua, Merebaknya wabah Covid 19 ditengah masyarakat dunia mengajarkan makna pembelajaran untuk patuh dan taat terhadap Protokol kesehatan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.
Sikap disiplin yang harus diterapkan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak sosial, menjaga kesehatan dan tetap di rumah, merupakan pembelajaran bagi peserta didik, orang tua dan pendidik untuk menerapkan disiplin dalam kehidupannya.Ketiga, Covid 19 mengajarkan kepada kita untuk selalu siap menghadapi kondisi yang sulit,dengan keharusan untuk bekerja keras,hidup hemat dan selalu memiliki tabungan untuk mampu bertahan hidup dalam situasi darurat seperti ini. Makna kehidupan saat ini akan memberikan pelajaran berharga untuk kita semua.
Akhirnya Covid 19 memberi makna dalam pembelajaran bahwa pendidikan adalah tanggung jawab utama sekolah,orang tua dan masyarakat.Penegakan disiplin adalah kata kunci untuk berhasilan seseorang dalam hidup dan kehidupannya dan Covid 19 memberikan makna kita harus selalu siap dalam menghadapi kondisi darurat.(Semoga)
Oleh: Hendra,S.Pd.MM
Kabag Humas dan Protokol Kab.LimaPuluh Kota dan Pemerhati Pendidikan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kunjungi Kelok 9, Gubernur : Rest Area Ulu Aia Segera Direalisasi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, melakukan kunjungan ke areal yang akan dijadikan rest area di Ulu Aia, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota, Senin (13/9/21).
- Advertisement -

Kemenkominfo RI Sentuh Warga Solsel melalui Literasi Digital dan Literasi Dakwah

Solok Selatan,BeritaSumbar.com, — Direktri Radio Citra Solok, Erna Yuliarti menjabarkan sifat yang harus diperhatikan dalam berinternet. Katanya, informasi yang akan diunggah akan sulit bisa dihapus.

Tingkatkan Kedisiplinan Personil, Propam Polres Padang Pariaman Laksanakan Gaktibplin

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Usai melaksanakan apel pagi, Kasi Propam Polres Padang Pariaman Ipda Agus Zainal, SH memimpin Operasi Penegakan, Ketertiban, dan Disiplin...
- Advertisement -

20 Pasang Catin Ikuti Bimwin di Aula KUA Padang Panjang Timur

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan materi Pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Bimwin Catin) untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Aula KUA Kecamatan Padang Panjang Timur, Selasa (14/09/2021)

Komitmen Raih Zona Integritas, Kalapas Padang Tekankan Ini kepada Seluruh Petugas !!!

Padang,BeritaSumbar.com, - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang ikuti Monitoring dan Evaluasi Tugas dan Fungsi bersama Kepala Lapas (Kalapas) Era Wiharto di aula Lapas Kelas IIA Padang. Tampak hadir dalam kegiatan ini seluruh pejabat struktural eselon IV, eselon V, staf administrasi dan regu pengamanan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.

KONI 50 Kota dan Tanah Datar Hearing Soal Program Pembinaan Olahraga

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota menerima kunjungan KONI Kabupaten Tanah Datar di Kantor Sekretariat KONI, Jl Olahraga, kawasan pusat Kota Payakumbuh. Bukan untuk bertanding, melainkan saling bertukar informasi seputar kegiatan serta program kerja dalam rangka pembinaan olahraga di daerah masing-masing.

Wujudkan Manusia Beriman-Akhlak, Pemkab Limapuluh Kota Targetkan Setiap Nagari Miliki Rumah Tahfidz

Limapuluh Kota, beritasumbar.com  - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menargetkan setiap nagari atau desa adat di daerah tersebut memiliki rumah tahfidz, guna mewujudkan manusia...

Tinjau Lahan Pembangunan Rest Area Ulu Aia, Ini Kata Gubernur Sumbar dan Bupati Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. lakukan kunjungan kerja peninjauan Rest area Ulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Gubernur menyampaikan pemerintah provinsi akan melakukan penataan kawasan kelok sembilan dan akan memberikan jaminan kepada pedagang agar tetap memperoleh pendapatan.

Peningkatan Hasil Produksi di Sektor Pertanian, Bupati Safaruddin Serahkan Alsintan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian tahap I sebanyak 53 dari 116 alat-alat pertanian (Alsintan). Bantuan Alsintan yang bersumber dari hibah Kementerian Pertanian RI diserahkan kepada kelompok tani penerima manfaat yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Wabup Lima Puluh Kota Buka Musrenbang Nagari Solok Bio Bio

Lima puluh kota,BeritaSumbar.com,-Nagari Solok Bio-Bio Kecematan Harau Kab. Lima Puluh Kota dalam hal ini melaksanakan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Solok Bio-Bio Nagari Harau, Senin, (13/09/2021).

Kunjungi Kelok 9, Gubernur : Rest Area Ulu Aia Segera Direalisasi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, melakukan kunjungan ke areal yang akan dijadikan rest area di Ulu Aia, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota, Senin (13/9/21).

Wujudkan Keluarga Samawa, 30 Pasang Catin Ikuti Bimwin

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan materi Pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Bimwin Catin) untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Hotel Muhammadiyah A. Muin Saidi Kota Padang Panjang, Senin (13/09/2021)

Sonsong Porprov 2022 , KONI 50 Kota Akan Gelar Rakor

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Meski pun Pekan Olahraga Propinsi (Porpov) Sumatera Barat akan ditabuh tahun 2022 mendatang, namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota sudah memasang ancang-ancang untuk bisa tampil sukses pada ajang olahraga dua tahunan yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman 2022 mendatang.

Di Acara Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ini Harapan Bupati

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota menyelenggarakan acara pisah sambut Komandan Kodim (Dandim) 0306/50 Kota dari Letkol Kav Ferry Stevanus Lahe, S.A.P., M.H kepada Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyono, S.H. bertempat di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Minggu (12/09/2021).
- Advertisement -