24.8 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Bagaimana Facebook Dapat Merusak Kesehatan Mental
B

Kategori -

[dropcap color=”#8224e3″ font=”0″]B[/dropcap]ila Anda seseorang yang gemar main Facebook, Anda mungkin pernah mengalami rasa kesal, senang atau frustrasi dengan media sosial ini. Tetapi tahukah Anda, selain hal-hal tadi, Facebook dapat merusak kesehatan mental Anda?

Siapa yang tidak kenal Facebook? Suka atau tidak suka, media sosial ini dikenal oleh milyaran orang di dunia. Bila Anda seseorang yang gemar main Facebook Anda mungkin pernah mengalami rasa kesal, senang atau frustrasi dengan media sosial ini. Tetapi tahukah Anda, selain hal-hal tadi, Facebook dapat merusak kesehatan mental Anda? Mengapa dan bagaimana menanggulanginya?

Obsesi

Bila Anda membuka Facebook puluhan kali setiap hari, muka Anda terbenam di smartphone setiap saat, berarti Anda terobsesi dengan Facebook. Hal ini saja sudah mengganggu hidup Anda. Bagaimana kalau Anda sedang menyeberang jalan dan mata Anda tertuju ke Facebook sehingga tidak melihat mobil melaju ke arah Anda? Banyak pekerja yang tidak peduli berapa kali mereka diperingatkan untuk tidak menggunakan ponsel pada jam kerja. Masih saja mereka mencuri-curi memegang ponsel dan membuka-buka situs atau mengirim serta membaca pesan. Padahal ancamannya tiga kali terpergok akan dipecat. Mereka lebih mementingkan Facebook daripada pekerjaan yang merupakan mata pencaharian penunjang kehidupan keluarga mereka. Tidak ada yang tidak bisa ditunggu sampai jam kerja Anda selesai. Bila ada sesuatu yang genting mereka akan menghubungi Anda lewat telepon perusahaan karena telepon Anda dalam keadaan tidur.

Paranoid

Ada seseorang yang menjadi paranoid gara-gara Facebook. Mulanya orang itu mengetik dan membaca pesan teman-teman secara biasa saja. Namun karena ada beberapa orang yang tidak disukainya di Facebook, dia kemudian menafsirkan setiap perkataan orang-orang itu secara negatif. Dia menganggap bahwa semua tulisan itu ditujukan kepada dirinya. Setiap pembicaraannya berkisar tentang hal-hal itu. Sampai-sampai dia merasa bahwa perbuatannya diamati oleh “musuh-musuhnya” karena apa yang mereka bicarakan selalu menyangkut sesuatu yang dilakukannya. Dia mencari-cari kamera tersembunyi yang mungkin dipasang melalui Facebook. Dia tidak bisa tidur, jiwanya terganggu oleh apa yang dibacanya di Facebook. Akhirnya dia menerima nasihat agar dia menutup akunnya dan jangan membuka Facebook lagi. Sejak itu rasa paranoidnya hilang dan hidupnya kembali tenteram.

Rasa iri

Adalah kebiasaan kita untuk memasukkan sesuatu yang kita anggap penting di Facebook. Tidak heran kita melihat seorang teman memasang foto pemandangan alam yang sedang dia nikmati, berpose dengan mobil barunya, membanggakan anaknya yang lulus perguruan tinggi atau memasang foto cucu-cucunya. Kita tidak bermaksud menyinggung perasaan teman yang tidak mampu jalan-jalan, yang tidak punya mobil, atau yang belum menikah. Tetapi namanya manusia, kadang-kadang tentu timbul perasaan iri terhadap keberhasilan seseorang. Apakah rasa iri ini terkendali atau menggerogoti hati Anda? Rasa iri yang terkendali dapat membantu menggugah ambisi dan hasrat Anda untuk maju. Tetapi rasa iri yang menggerogoti jiwa Anda harus cepat-cepat disingkirkan karena dapat membuat Anda menderita dan melakukan hal-hal yang tidak terpuji. Mungkin lebih baik Anda matikan akun Anda untuk sementara atau selamanya.

Stalking

Mungkin Anda menyukai seseorang yang mempunyai akun di Facebook. Tanpa diketahuinya Anda terobsesi dengannya. Selalu membaca apa yang dia tulis atau pasang di media sosial ini. Anda membuat akun palsu untuk mengikuti postingnya dan Anda berusaha berteman dengan teman atau kerabatnya supaya Anda dapat membaca setiap hal yang ditulisnya. Tentu saja tanpa curiga teman atau kerabat orang itu menerima permintaan Anda untuk berteman. Pernahkah Anda melakukan hal ini? Hati-hati Anda mempunyai kecenderungan menjadi stalker alias orang yang selalu mengamati gerak-gerik seseorang tanpa diketahui orang itu. Lebih baik Anda matikan akun palsu itu dan berusaha berteman dengannya secara terang-terangan. Bila dia tidak menerima permintaan Anda berarti dia tidak menyukai Anda dan jadikanlah itu peringatan bagi Anda untuk tidak mendekatinya lagi.

Nikmatilah Facebook seperti Anda menikmati majalah. Anda baca, Anda tulis komentar, pasang foto, lalu Anda tutup. Janganlah membiarkan kegiatan ini memakan sebagian besar waktu Anda. Bersyukurlah Anda dapat menemukan teman-teman lama yang mungkin sudah lama terlupakan bila tidak ada Facebook. Berbahagialah atas teman-teman yang Anda miliki dan atas keberhasilan mereka, serta berdukalah bersama mereka ketika mereka mengalami kesusahan atau musibah.

 

Ditulis oleh: 
Irma Shalimar (Irma Shalimar graduated from Brigham Young University-Idaho with a Bachelor Degree in English Literature.)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bukannya Tobat, Malah Minta Dikirim Sabu

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan dan berkah ternyata bukan dimanfaatkan bertobat. Namun tidak bagi Risky (21) tahanan narkoba Polres Pessel ini malah memesan kiriman narkotika dari temannya
- Advertisement -

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -