27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Anak Pesantren Di Padang Data Tanah Mati Ikut Sosialisasi Protokol Kesehatan Dengan Dokter Dari Batalyon 131/BRS
A

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Lurah Padang Data Tanah Mati (PDTM) Rudi Arnel membuka sosialisasi protokol kesehatan yang dilaksanakan oleh Yonif 131/BRS di Pesantren Ibnul Qoyyim PDTM, Kecamatan Payakumbuh Barat, Senin (20/7).
Selain beramah tamah dan sosialisasi oleh dokter dari Batalyon, dr. Hendra Riski yang berpangkat Letnan Satu CKM itu, juga dilaksanakan pembagian masker, pemasangan banner protokol kesehatan, dan pembuatan tempat cuci tangan. Seluruh kegiatan dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan pendampingan dari Puskesmas Parik Rantang yang selalu dilibatkan oleh pihak pesantren.
Mahasiswa KKN Daring Covid-19 di kelurahan itu juga ikut andil dalam kegiatan ini, mereka bersama Lurah Rudi Arnel menyediakan masker sebanyak 150 lembar untuk dibagikan kepada peserta sosialisasi.
“Sosialisasi yang dilaksanakan oleh batalyon ini bagus sekali dan sangat bermanfaat, kita jadi tahu bagaimana protokol kesehatan dilakukan di lingkungan sekolah, apalagi kalau dokter yang menjelaskan kepada anak-anak dan para guru, kita jadi tahu bagaimana standar prosedur kesehatan pencegahan Covid-19 bila sekolah nanti di Payakumbuh dibuka kembali dan diterapkan dengan baik,” kata Lurah Rudi Arnel didampingi Ketua LPM Asrinal Asraf.
Lurah juga berharap sosialisasi serupa dapat digelar juga untuk sekolah lainnya, agar informasi bagaimana protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 dapat tersampaikan kepada masyarakat.
Dalam paparannya, Dokter Hendra menyampaikan materi tentang virus Corona dengan pembawaan yang menarik kepada anak-anak pesantren, termasuk berinteraksi dengan anak-anak, agar secara umum mereka dapat mengetahui bahaya Covid-19 yang mereka sendiri beresiko tertular.
“Tanya jawab sejauh mana anak-anak mengetahui apa itu Virus Corona itu penting, jadi informasi yang mereka dapat di rumah disingkronkan dengan informasi yang kita berikan supaya mereka tidak missinformasi tentang Corona ini,” ungkap dr. Hendra.
Pimpinan Pesantren Ibnul Qoyyim Ustaz Hermanto dalam sambutannya menyebut sekolahnya memiliki 530 lebih siswa pesantren dalam 3 tingkatan. SD, SMP, dan SMA. Protokol kesehatan yang dilakukan di sekolah dengan siswa SD yang masuk dibagi menjadi 2 gelombang belajar, ada pagi dan siang.
“Saat datang, anak-anak dijemput dan diantar orang tua, mereka di cek suhu tubuh terlebih dahulu, apabila anak datang dari luar daerah, mereka diminta memeriksakan diri terlebih dahulu. Anak-anak diusahakan di dalam kelas, mereka membawa bekal dari rumah dan tidak diperkenankan jajan di luar sekolah untuk antisipasi penularan Virus Corona,” jelasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.
- Advertisement -

Bagaimana Itu Sekolah Tangguh? Begini Kata Kadis Pendidikan Agustion

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh pada rapat evaluasi Covid-19 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menjelaskan beberapa hal demi kelancaran program tersebut.

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -