32 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

AM Kuncoro Rilis 3 Karya Lagu dari 3 Genre Musik di Bulan Juni 2021
A

Kategori -

Yogyakarta (BeritaSumbar.com) – Karya lagu biasanya terlahir dalam genre musik tertentu. Setiap genre musik memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Seorang penikmat musik bisa saja menyukai lebih dari satu genre musik. Membaca peluang tersebut, AM. Kuncoro, Vokalis grup band Heniikun Bay akan merilis 3 lagu dari 3 genre di bulan Juni 2021 pada stasiun radio berbagai kota di Indonesia.

Lagu-lagu AM. Kuncoro tersebut, pertama berjudul Maafkan Takutku, dari album Teman dan Senang, bergenre pop romantic, akan dirilis pada Rabu, 9 Juni 2021. Ke dua, bergenre reggae berbahasa Jawa dengan judul Mimi Mintuno Tresno, featuring Steven & Tege, dua personal grup reggae Coconut Treez, dirilis pada 15 Juni 2021, dan yang ke tiga bergenre dangdut, berjudul Kakek Ane, dirilis pada 25 Juni 2021.

AM. Kuncoro tinggal di Yogyakarta, saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Selasa (8/6/2021) ia mengatakan, “Saya merilis lagu dalam berbagai genre karena saya menyukai lagu dari berbagai aliran musik. Bagi saya setiap lagu punya kekuatan yang akan muncul bila dinyanyikan dengan genre yang tepat. Saya berharap, karya-karya lagu saya bisa memberikan sumbangan untuk pengembangan setiap genre yang ada. Sehingga nantinya, ketika ada musisi yang memang berkarya dalam genre tersebut, lagu saya bisa menjadi salah satu pilihan untuk mereka bawakan.”

Seperti dijelaskan oleh AM. Kuncoro, menulis sebuah lagu bukanlah hal yang mudah. Ketika seseorang berhasil menyelesaikan sebuah karya musik, sudah seharusnya mendapatkan apresiasi dan penghargaan atas karya tersebut, apapun genrenya. Inilah yang menjadi alasan bagi AM. Kuncoro untuk menulis lagu dalam berbagai genre musik. Dengan berpikir tanpa batasan-batasan genre, akhirnya ia bisa melakukan proses kreatif dengan lebih leluasa tanpa rasa takut untuk berinovasi. AM. Kuncoro bersyukur, karena hal ini sejalan dengan semangat Prima Founder Records yang terbuka untuk semua genre musik. 

“Saya banyak dibantu oleh Mas Rulli Aryanto yang berperan sebagai Music Designer dan Vocal Director dalam album Teman dan Senang, dan saya juga banyak dibantu oleh Bang Luddy Roos sebagai Music Producer lagu-lagu tersebut. Merekalah yang memberi usulan untuk penggarapan lagunya, kemudian saya review, apakah akan diubah atau dilanjutkan penggarapannya,” kata AM. Kuncoro.

Menurut AM. Kuncoro, kekuatan ketiga lagu yang ia rilis tersebut selain dari sisi musiknya yang unik dan menarik juga ada pada nada dan lirik lagu-lagu itu sendiri. Ketiga lagu tersebut easy listening, mudah diingat dan lugas sehingga sangat jelas makna yang terkandung di dalamnya. 

Lebih rinci AM. Kuncoro menjelaskan bahwa lagu Maafkan Takutku bercerita tentang penyesalan yang dirasakan seseorang tentang masa lalunya, ketika terlalu takut untuk mengungkapkan isi hatinya. Pesan yang ingin ia sampaikan adalah agar setiap orang lebih berani untuk menyerukan kebenaran dengan jujur, apapun resikonya, supaya tidak ada penyesalan di masa mendatang. Untuk lagu Mimi Mintuno Tresno bercerita tentang kesetiaan.

Sementara itu, lagu Kakek Ane bercerita tentang kisah seorang cucu yang lama merantau di Jakarta dan kembali ke desa, tinggal bersama kakeknya. Lagu ini memiliki keunikan dalam syairnya yang mencampurkan bahasa Betawi dan Bahasa Jawa. Pesan yang disampaikan AM. Kuncoro, agar kita membuka wawasan tentang berbagai bahasa di Indonesia, supaya kita dapat menggunakan bahasa yang tepat dalam pergaulan kita sehari-hari, tanpa menimbulkan kesalahpahaman. Lagu tersebut akan menjadi Original Sound Track ‘Kakek Ane’, sebuah film serial komedi situasi yang akan tayang di channel Youtube Prima Founder TV. 

Ketiga lagu yang dirilis dan dinyanyikan oleh AM. Kuncoro tersebut penggarapannya melibatkan Rulli Aryanto (Music Designer), Luddy Roos (Music Producer, bass, keyboard, dan tracking), Eckel Roos (gitar, ukulele, mixing dan mastering), Steven dr Coconut Treez (vocal di Mimi Mintuno Tresno), Tege dari Coconut Treez (gitar di Mimi Mintuno Tresno), Bayu Ari (gitar di Kakek Ane), Ari Juri (ketipung di Kakek Ane), dan Penjol (suling di Kakek Ane).

“Kita bangga sebagai sebuah bangsa yang besar dengan kekayaan budaya dan sumber daya alamnya, kekayaan yang kita miliki tersebut perlu dipupuk, dipelihara, dan dikembangkan. Saya berharap, semakin hari bangsa kita makin kreatif dan inovatif dalam mewujudkan Indonesia Maju, agar makin dapat mengambil peranan serta memberi manfaat besar bagi bangsa-bangsa lain di dunia,” kata AM. Kuncoro.

(Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hadiri Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ketua DPRD Hamdi Agus : Selamat Jalan Letkol Ferry, Selamat Datang Letkol Denny

Payakumbuh,Beritasumbar.com,- Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus hadir dalam malam pisah sambut Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0306/50 Kota yang baru dengan yang lama yang diselenggarakan di Balaikota Payakumbuh, Senin (14/9) malam.
- Advertisement -

Lapas Padang dan Polresta Padang Sinergi Dalam Ungkap Jaringan Peredaran Narkoba

Padang,BeritaSumbar.com,-- Dalam rangka wujudkan komitmen Zero Narkoba, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang Era Wiharto lakukan sinergi bersama Sat Narkoba Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang mengungkap jaringan peredaran narkoba yang melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Hari Santri Nasional Tahun 2021, Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Rapat Persiapan

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga didampingi Kasi Pendi Pontren Editiawarman gelar rapat persiapan pelaksanaan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di Aula Kankemenag, Selasa (14/09/2021).
- Advertisement -

Hadiri Evaluasi PPKM Level 3, Begini Persiapan MTQ XXXIX Di Kota Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Padang Panjang Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menghadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di...

Sonsong Porprov 2022 , KONI 50 Kota Akan Gelar Rakor

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Meski pun Pekan Olahraga Propinsi (Porpov) Sumatera Barat akan ditabuh tahun 2022 mendatang, namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota sudah memasang ancang-ancang untuk bisa tampil sukses pada ajang olahraga dua tahunan yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman 2022 mendatang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Chossy Pratama Production Distribusikan Semua Karya Lagu Chossypratama di Digital Music Stores

Keberadaan Chossy Pratama di belantika musik tentu telah diakui sebagai salah seorang musisi legendaris di Tanah Air. Karya-karya lagunya dari era 90-an hingga sekarang mewarnai sinetron, film, dan dunia hiburan di Tanah Air. Baru-baru ini, karya lagu Chossypratama jadi soundtrack Tersanjung The Movie, dan 1 Amin 2 Iman. Kedua film tersebut tayang di Netflix dan We TV.

Alex Yunggun Rilis Lagu Painting of Beauty untuk Bekal Refleksi Diri

Sebagai bekal untuk merefleksikan diri, Alex Yunggun merilis single solo perdananya yang berjudul Painting of Beauty, lagu ini ditulis sendiri oleh penyanyi asal Yogyakarta tersebut. Menurut Alex Yunggun, kemisteriusan lagu Painting of Beauty ada pada judulnya. Setelah mendengar lagu tersebut, mereka akan mengerti bahwa Painting of Beauty itu sebenarnya adalah gambaran diri yang toxic, seperti dikatakan Alex Yunggun saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Selasa (31/8/2021).

Terpikat Suara Merdu Anak Panti Asuhan di Padang, Firdaus Abie Bawa Sonya Nelta ke Dapur Rekaman

Sejak kecil Sonya Nelta memendam keinginan untuk masuk dapur rekaman. Pertemuan tidak disengaja anak panti asuhan Aisyiyah cabang Ampang – Kota Padang tersebut dengan Firdaus Abie membuat impiannya jadi kenyataan. Kemerduan suara Sonya Nelta memikat hati Firdaus Abie dan membawanya ke dapur rekaman, untuk menyanyikan lagu Raudah Aku Rindu, videoklipnya dirilis pada Sabtu, 28 Agustus 2021 pukul 13.00 WIB di YouTube Official Artist Channel Aci Cahaya.

Maharya Rilis Lagu Jasmerah untuk Bangkitkan Rasa Kebangsaan di HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-76

Untuk membuktikan eksistensinya sebagai grup musik yang mengorasikan nilai-nilai kebangsaan melalui karya-karya lagu, grup musik Maharya merilis lagu Jasmerah tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-76, Selasa 17 Agustus 2021 pukul 11.11 WIB di Bandung.

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

CRID feat Anto Baret Rilis Lagu Honocoroko, Maknai Kesetiaan Hidup Bernegara Saat Hadapi Pandemi

Asal mula aksara Jawa yang dikenal dengan sebutan Honocoroko terdapat dalam legenda Ajisaka. Kisahnya yang mengharukan bisa menjadi bahan edukasi bagi mental bangsa dalam kesetiaan hidup bernegara, apalagi di situasi pandemi saat sekarang ini. Di momen penyambutan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, grup band CRID feat Anto Baret mengangkat mitologi tersebut di lagu terbaru mereka yang berjudul Honocoroko, soft lauching-nya akan dilakukan di acara tumpengan kecil pada Minggu, 18 Juli 2021 di Jalan Kalipasir No. 16 Cikini, Jakarta Pusat.

Amir Roez feat Ocka Sampaikan Pesan Perdamaian untuk Dunia Lewat Rilis Lagu Seperti Waktu

Pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini, wabah tersebut juga menimbulkan prasangka dan rasa saling curiga yang berujung pada caci maki, baik antara individu maupun kelompok tertentu. Tak ingin kondisi tersebut memberi efek negatif pada psikologis masyarakat, Amir Roez featuring Ocka memberi pesan perdamaian melalui lagu terbaru berjudul Seperti Waktu, dirilis pada Rabu, 7 Juli 2021 di kanal YouTube Sembilan Production Official.

Prima Founder Records Gelar Jumpa Pers OST Web Series Mimi Mintuno – The Story of Tresno

Kepiting Tapal Kuda dikenal masyarakat Jawa dengan nama Mimi Mintuno. Mereka memfilosofikan Mimi Mintuno sebagai sepasang hewan sejoli yang saling setia sehidup semati. Filosofi tersebut jadi budaya tersendiri bagi masyarakat Jawa, termaktub dalam doa pada saat prosesi pernikahan, "Dadio pasangan koyo mimi lan mintuno", artinya "Jadilah pasangan yang awet dan setia seperti mimi dan mintuno”.

AM Kuncoro bersama Steven & Tege Coconut Treez Siap Lestarikan Bahasa Daerah Lewat Lagu Mimi Mintuno Tresno

Sebuah lagu juga dapat menjadi media dalam pelestarian bahasa daerah untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya. Seperti Mimi Mintuno Tresno, lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh AM. Kuncoro berkolaborasi dengan Steven & Tege, dua personal Coconut Treez, grup musik reggae legendaris Indonesia yang popular dengan lagu Welcome to My Paradise.

The Bungsu Optimis Rilis Single Perdana Setelah 16 Tahun Berkiprah

The Bungsu bukanlah nama baru di peta musik Tanah Air. Grup band tersebut sudah 16 tahun menjajal berbagai panggung hiburan di Bandung, kota asalnya. Berbekal kematangan dari menjalani proses bermusik, The Bungsu optimis merilis single perdananya yang berjudul 'Cinta Sebelah Mata' pada Kamis, 27 Mei 2021 di kanal YouTube Ruangkreasi TV.
- Advertisement -