25.9 C
Padang
Saturday, September 19, 2020

5 Warga Limapuluh Kota Dikabarkan Positif Covid-19 Ini Rinciannya

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Munculnya data 5 warga Limapuluh Kota terinfeksi virus covid-19 menjadi perbincangan hangat di Luak Limopuluah. Beberapa saat usai Tim Gugus Tugas umumkan data warga yang dinyatakan positif ke 2 di Limapuluh Kota, Beredar berita dengan sumber Wakil Bupati Limapuluh kota sudah ada 5 warga terdata terinfeksi covid-19.
Sementara Tim Gugus mengumumkan 2 warga yang positif corona yaitu Y beralamat Nagari Manggilang kecamatan Pangkalan Koto Baru dan E beralamat Jorong Balai Tolang, Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak.
Sementara itu, Kepala BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir menambahkan Gugus tugas Limapuluh Kota akan bekerja secara maksimal dalam melakukan tracking riwayat kontak pasien positif di Limapuluh Kota tersebut.
Ia melaporkan saat ini, tim gugus tugas telah melakukan beberapa pengambilan sampel kepada masyarakat hasil dari tracking riwayat kontak dua pasien positif di Limapuluh Kota. “Dari pasien pertama positif didaerah kita kita telah melakukan tracking kepada 100 orang dan telah diambil sampel sebanyak 13 sampel dan untuk kasus positif kedua ini kita telah mengambil 3 sampel swab kepada keluarga terdekat dan masih melakukan tracking dilapangan,” tegasnya.
Selanjutnya Joni Amir juga menyampaikan saat ini telah tercatat 6 orang masyarakat di Limapuluh Kota yang dimakamkan dengan menggunakan Protap covid-19. Hal tersebut dilakukan karena almarhum ini menjalani perawatan di rumah sakit sebelum.
“Ada 6 warga kita yang dimakamkan dengan protokol covid-19, diantaranya di Lareh Sago Halaban, Balubuih, Gunuang Malintang, Manggilang, Ketinggian, Maek dan namun hasil dari pemeriksaaan seluruhnya negatif,” imbuhnya.
Sementara menurut Ferizal Ridwan Wakil Bupati Limapuluh Kota yang juga wakil ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sudah ada lima warga limapuluh kota yang terpapar. Pertama kemaren inisial ‘Y’ warga Manggilang, ‘E’ warga Guguak dan terbaru laki-laki ‘D’ (22) warga Taeh Kecamatan Payakumbuh.
“Ada anak laki-laki, usia 22 tahun, inisial “D”, positif. Wali Nagarinya, sekarang menghantarkan “D” ini untuk isolasi ke Padang, proses penjemputan oleh RSUD Payakumbuh. Ini warga Lima Puluh Kota, jangan keliru menghitung. Ingat, ini warga Lima Puluh Kota ” tegas Wabup Limapuluh Kota.
ia menambahkan bahwa dua positif lainnya, juga warga Limapuluh Kota yang jauh hari sudah ditangani Pemko Payakumbuh.
“kami sudah koordinasi dengan pihak Pemko Payakumbuh bahwa ada dua kasus positif di Kota Payakumbuh sebelumnya adalah warga Limapuluh Kota. Jadinya, sudah 5 positif,” pungkas Ferizal Ridwan.
Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wawako Erwin Yunaz memperkuat keterangan Ferizal Ridwan ini. “Iya, dua orang dari 13 pasien positif korona di Payakumbuh, itu KTP nya Limapuluh Kota. Mereka meminta kepada kami, agar diurus Kota, ya sudah kita bantu,” kata Wako Payakumbuh Riza Falepi, Sabtu (09/05/2020) kemarin.
Secara data terpantau 2 warga Limapuluh Kota masuk data Tim Gugus Kabupaten Limapuluh Kota dan 2 masuk data tim gugus Kota payakumbuh. Warga Kabupaten yang di ambil sample untuk swab di Kota payakumbuh merupakan hasil tracking pasien yang sudah dinyatakan positif di Kota Payakumbuh. Juga mereka beraktifitas di Kota Payakumbuh.
Dan hari ini ada satu warga asal taeh baruah yang sample swabnya di ambil di RS Adnan WD sudah di hantar ke Padang untuk penanganan lebih lanjut. Warga inisial D tersebut di jemput kerumahnya oleh petugas medis dari Puskesmas Koto Baru Kecamatan Payakumbuh kabupaten Limapuluh Kota. Warga taeh Baruah ini belum ada pengumuman resmi dari tim gugus baik Kota selaku pengambil sample maupun kabupaten sesuai alamat warga berinisial D tersebut(*)
 

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Agar Tidak Diblokir, Begini Cara Lapor Ponsel yang Dibeli dari Luar Negeri

Aturan pemblokiran ponsel ilegal atau black market (BM) melalui identifikasi nomor IMEI telah resmi berlaku mulai 15 September 2020 kemarin malam. IMEI...

LSM Pekat Limapuluh Kota Goro Bersihkan Jalan Menuju Surau Suluak Di Ketinggian Sarilamak

Limapuluh Kota Kota - LSM Pekat Limapuluh Kota Kota melaksanakan gotong royong di jalan menuju ke surau Suluk Syeikh Mulia di Ketinggian...

Rudi Hariyansyah Prioritaskan Pembinaan UMKM

Pesisir Selatan ,-Bertemu dengan kalangan emak - emak di Nagari Sungai Rotan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Minggu (13/9) bakal calon wakil bupati...

Maymuspi Diamanahkan Pimpin HIMTANI Sumbar

Pariaman, beritasumbar.com Provinsi Sumatera Barat akan mendorong serta mengoptimalkan sumberdaya manusia sektor Pertanian dan Nelayan yang bernaung dibawah lembaga HIMTANI ( Himpunan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Heli Chinook Antarkan Bantuan BNPB Mendarat di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,-Helikopter Chinook CH-47D dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendarat di Lapangan Gor Singa Harau, pada Senin (15/9).

Widya Putra Ingatkan ASN Tak Langgar Prokes

Limapuluh Kota, .-Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) menyusul semakin meningkatnya kasus Covid-19 sejak beberapa waktu belakangan. Aparatur Sipil...

Ketua PODSI Limapuluh Kota Tinjau Atlit Latihan Di Batang Sinama

Limapuluh kota,- Sabtu 12/9 atlit dayung kabupaten Limapuluh Kota gelar latihan di aliran batang Sinama Nagari Taram kecamatan Harau. Latihan kali ini...

LSM Pekat Limapuluh Kota Goro Bersihkan Jalan Menuju Surau Suluak Di Ketinggian Sarilamak

Limapuluh Kota Kota - LSM Pekat Limapuluh Kota Kota melaksanakan gotong royong di jalan menuju ke surau Suluk Syeikh Mulia di Ketinggian...
- Advertisement -