47 dari 52 hasil Pilwanag Limapuluh Kota ditetapkan bamus

Selanjutnya, Sudahri.S sebagai wali nagari Tarantang, Andri Helmiadi sebagai wali nagari Solok Bio bio, Syukri Andi sebagai wali nagari Harau, Dasril Sofiadi sebagai wali nagari Batu balang, dan Defrianto Ifkar sebagai wali nagari Taram.

“Insya Allah dalam beberapa hari ini, sudah kami ajukan pengangkatan mereka kepada bupati. Bersamaan dengan Sarilamak,” ujar Deki.

Camat Kapur IX Alfian mengatakan, di wilayahnya, ada lima nagari yang ikut pilwana serentak. “Dari lima nagari itu, sebanyak empat nagari sudah ditetapkan calon wali nagari terpilihnya oleh Bamus masing-masing. Tinggal diajukan kepada bupati, lewat bagian pemerintah nagari,” kata Alfian pula.

Keempat cawanag terpilih di Kapur IX yang sudah ditetapkan Bamus Nagari adalah Anwar Dt Bosa untuk memimpin Nagari Kotolamo. Kemudian, Asri Dt Rajo Lelo untuk memimpin Nagari Lubuak alai, Ardi Ekis untuk Nagari Durian tinggi, dan Zasrmudi Khatib untuk Nagari Sialang.

“Sementara, untuk Nagari Koto bangun, Bamus nagarinya baru bersidang malam ini (tadi malam). Kami masih menunggu,” ucap Alfian.

Bamus Nagari Koto bangun agak lama menetapkan cawanag terpilih, karena proses pilwana di sana lumayan sengit. Calon yang untuk sementara meraih suara terbanyak di Kotobangun, yakni Yusarlis, hanya unggul satu suara dari calon lainnya, yaitu Asriyon.

“Memang, selisih suara dalam Pilwana Koto bangun, untuk sementara hanya satu suara,” kata Alfian.

Camat Lareh Sago Halaban (LSH), Muftil Wahyudi mengatakan, dari lima nagari yang ikut pilwana serentak di wilayahnya, sebanyak tiga  nagari sudah ditetapkan cawanag terpilihnya. Yakni, M Fachrur Razi untuk Nagari Halaban, Rilson Dt Mangguang untuk Nagari Tanjuang gadang, dan Efianto untuk Nagari Balai panjang.

Sementara untuk Nagari Sitanang dan Nagari Bukik sikumpa, cawanag yang menang adalah Vanis Wandri S dan Zulfahmi UP. Namun, Bamus kedua nagari belum menetapkan cawanag terpilih.

“Kami di kecamatan masih menunggu,” kata Muftil Wahyudi. Saat ditanya kenapa penetapan cawanag terpilih pada kedua nagari lambat, apakah ada masalah pada kedua nagari, Muftil menyebut, tidak ada masalah.

Sementara itu, Camat Situjuah Limo Nagari Yan Agusra mengatakan, tiga calon wali nagari terpilih hasil pilwana serentak di kecamatannya sudah ditetapkan Bamus. Mereka adalah Bheni Bhalatamon sebagai cawanag terpilih Situjuah Banda Dalam.

Kemudian, Syofiarledi untuk Situjuah godang dan Mawardi Dt Sinaro Nan Paneh untuk Situjuah Ladang Loweh. “Kami akan segera usulkan pengangkatan ketiga wali nagari terpilih ini,” kata Yan Agusra.

Camat Payakumbuh Aimel Nazra juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, lima cawanag terpilih di Kecamatan Payakumbuh sudah ditetapkan Bamus nagari.

Kelimanya, Hendra M Dt Bogah (Koto Tangah Simalanggang), Purwanto (Koto Baru Simalanggang), Akhmad (Simalanggang), Syafan Nur (Piobang), dan Lukmanul Hakim Dt Sinaro Nan Babudi (Sungaibaringin)

Sedangkan di Kecamatan Akabiluru, menurut sekretaris camat setempat, Nofiardi Darlis, ada enam nagari yang ikut pilwana serentak. Sebanyak lima nagari sudah ditetapkan siapa cawanag terpilihnya.

Yakni, Romi Suardi untuk Batu hampar, Nanda Salman untuk Durian gadang, E Dt Rajo Sigoto untuk Pauh sangik, Melda Putra untuk Sariak laweh, dan YA Dt Tuduang untuk Sungai balantiak.

“Sementara untuk Nagari Koto Tangah Batu Ampa, sampai hari ini belum masuk penetapan cawanag terpilih dari Bamus nagarinya. Apakah ada persoalan, kami tidak mengetahui betul,” kata Nofiardi. Sekadar diketahui, dalam Pilwanag Koto Tangah Batu Ampa, untuk sementara calon yang meraih suara terbanyak Syamsu Akmal.

Sedangkan di Kecamatan Bukitbarisan, tiga cawanag terpilih hasil Pilwanag 2016 sudah ditetapkan Bamus. Tinggal diusulkan saja kepada bupati.

“Ketiga cawanag terpilih yang sudah ditetapkan itu adalah Fen Yul Hasni untuk Nagari Sungai naniang, Zamri untuk Nagari Kototangah, dan Sastri Rais untuk Nagari Banjaloweh,” kata Rahmat Hidayat, Camat Bukit Barisan.

Adapun di Kecamatan Luhak, satu-satunya calon wali nagari terpilih di wilayah tersebut, sudah ditetapkan oleh Bamusnya. Yakni, Maskar M Dt Pobo sebagai cawanag terpilih Sikabukabu Tanjuang Haro Padang Panjang. Namun, usulan pengangkatannya masih belum diterima Bagian Pemerintah Nagari dari Camat.

”Kami masih menunggu,” kata Herman Azmar.seperti dilansir www.padek.co