28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

3 Orang Mahasiswa Unand Ciptakan PLTS dengan Termoelektrik
3

Kategori -

Padang – Tiga orang mahasiswa Teknik Elektro Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat (Sumbar) yakni Rizqi Akbar, Budion Rizki Putra dan Dicky Ardiansyah berhasil menciptakan suatu sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan memanfaatkan rangkaian komponen termoelektrik.

“Sistem pembangkit listrik yang kami ciptakan ini memanfaatkan cahaya matahari yang diteruskan oleh komponen termoelektrik untuk merubah energi panas menjadi energi listrik,” kata Rizqi Akbar, di Padang, Selasa.

Dalam hal ini katanya komponen termoelektrik memiliki peranan penting dalam penghasil tenaga listrik tersebut.

Dia memaparkan sistem kinerja dari pembangkit tersebut yang berawal dari energi cahaya matahari yang dipantulkan oleh “receiver” penerima berupa refektor yang berbentuk seperti antena parabola.

Kemudian pada bagian atas refektor parabola tersebut ditempel bahan semikonduktor termoelektrik yang kemudian bersambung dengan kabel untuk mesin pengontrol.

Dalam termoelektrik tersebut energi cahaya dirubah menjadi panas yang kemudian menjadi energi listrik searah, katanya.

Dengan memanfaatkan mesin kontrol maka listrik searah tersebut dijadikan arus bolak balik.

“Untuk satu komponen termoelektrik berukuran 4×4 cm dapat menghasilkan daya 2 watt dengan perbedaan temperatur panas dan dingin sebesar 80 derajad celcius,” sebutnya.

Menurutnya bila ingin menghasilkan 1250 watt listrik tentunya membutuhkan 625 komponen termoelektrik.

Tentunya dengan daya listrik sebesar itu dapat menjalankan beberapa produk elektronik rumah tangga, ucapnya.

“Untuk harga bahan, PLTS termoelektrik diperkirakan lebih murah ketimbang sel atau panel surya,” katanya.

Dia menyebutkan bila satu sel surya harganya Rp 2,5 juta maka PLTS Termolektrik ini kesemua komponennya berharga antara 1 hingga Rp 1,5 juta.

Meskipun demikian dia mengaku bahan termolektrik ini belum banyak dijual di pasaran.

Bahkan katanya, dia temannya harus mengimpor bahan tersebut dari negara Tiongkok.

“Sejauh ini PLTS belum teraplikasi sepenuhnya masih butuh penyempurnaan lagi,” ucapnya.

Akan tetapi katanya, karya ini telah mendapat pengahrgaan dalam lomba LKTI Nasional beberapa bulan lalu.

Sementara itu sebelumnya Dirut PLN, Sofyan Basir mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan sumber energi listrik alternatif, dimana salah satunya pemanfaatan melalui cahaya matahari.

 

[Ant/Oleh M R Denya Utama]
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -