25 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

20.260 KK Masyarakat Limapuluh Kota Terima BST Kemensos
2

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,– Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemetrian Sosial (Kemensos) tahap 1 melalui PT Pos Indonesia, mulai disalurkan di Kabupaten Limapuluh Kota. Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh bupati Irfendi Arbi, di halaman kantor Camat Harau, didampingi Ketua DPRD Deni Asra, dan Forkopimda, Jumat (8/5).
“Total penerima BST 20.260. Dari jumlah tersebut, yang diserahkan melalui PT. Pos sebanyak 15.142 KK. Sedangkan sisanya disalurkan melalui Bank BRI dan BNI,” ujar bupati.
Bantuan ini nantinya akan diserahkan langsung oleh petugas pos ke rumah masing-masing penerima, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid 19.
“Penyerahannya akan diberikan secara kontinuitas, masing-masing penerima manfaat mendapat 600 ribu perbulan selama tiga bulan,”sebutnya.
Dikatakan, penerima manfaat ini telah melalui verifikasi dan validasi dari Kementerian Sosial RI. Adapun sasaran penerima manfaat bantuan sosial tunai ini ialah warga miskin yang terdampak Covid-19, yang tidak termasuk kedalam bantuan Sembako dan PKH.
“Kalau untuk bantuan sembako dan PKH, kemarin kita telah salurkan kepada 20.260 KK ditambah lagi 1330 KK lainnya. Dimana sebelumnya tidak menerima program sembako dan PKH. Ini sudah berjalan tiap bulan, masing-masing penerima mendapatkan 200 ribu perbulan,”sebutnya.
Ia berharap bantuan ini dapat dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.
Sebelumnya, dikesempatan yang sama, Bupati Irfendi Arbi juga memberikan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Penerima BLT Dana Desa ini tergantung pada hasil pendataan yang diakukan relawan nagari yang ditugaskan untuk melakukan pendataan.
Adapun, penerima bantuan BLT Dana Desa ini adalah mereka yang termasuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK), yang kehilangan mata pencarian, non PKH, Non BPNT dan Non penerima kartu Pra Kerja, Atau keluarga miskin yang tidak termasuk dalam DTKS.
“Besaran bantuan yang diterima sama dengan BST Kemensos. masing-masing KK mendapatkan 600 ribu pe bulan selama tiga bulan,”sebutnya.
Dari total 79 nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota, baru dua nagari yang telah menuntaskan proses verifikasi terhadap warga miskin terdampak COVID-19 yang berhak menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa ini.
Adapun, dua nagari yang sudah lolos verifikasi itu adalah Nagari Tanjuang Bungo Kecamatan Suliki dan Nagari Lubuak Batingkok, Kecamatan Harau. “Untuk nagari lain kami minta segera menyusul,” sebut bupati.
Dikatakan Irfendi, proses verifikasi memang dilakukan sedemikian rupa, mulai dari jorong, nagari, kecamatan, baru sampai ke tingkat kabupaten. “Dengan waktu yang cukup sempit bisa saja terjadi kesalahan. Apabila memang hal itu terjadi, kita akan verifikasi ulang supaya hasilnya maksimal dan semua warga dapat menerima bantuan sesuai aturan,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal Ucok didampingi kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/nagari Limapuluh Kota, A. Zuhdi Perama Putra, menyebutkan masih ada nagari yang masih melakukan pendataan.
Salah satu kendala yang dihadapi adalah memastikan tidak duplikasinya penerima BLT Dana Desa dengan bantuan sosial lainnya baik pusat, provinsi maupun kabupaten.
“Namun kita patut apresiasi terkait validasi data ini, karena kabupaten Limapuluh Kota merupakan daerah ketiga tercepat disumbar yang telah menerima BLT Dana Desa,” sebut Syafrizal Ucok.
Ia berharap, bagi nagari lainnya yang belum selesai melakukan pendataan agar segera melakukan pendataan, paling lambat minggu kedua bulan Mei, sehingga bisa secepatnya disalurkan kepada penerima manfaat.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.
- Advertisement -

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).
- Advertisement -

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -