25.5 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

20.260 KK Masyarakat Limapuluh Kota Terima BST Kemensos
2

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,– Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemetrian Sosial (Kemensos) tahap 1 melalui PT Pos Indonesia, mulai disalurkan di Kabupaten Limapuluh Kota. Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh bupati Irfendi Arbi, di halaman kantor Camat Harau, didampingi Ketua DPRD Deni Asra, dan Forkopimda, Jumat (8/5).
“Total penerima BST 20.260. Dari jumlah tersebut, yang diserahkan melalui PT. Pos sebanyak 15.142 KK. Sedangkan sisanya disalurkan melalui Bank BRI dan BNI,” ujar bupati.
Bantuan ini nantinya akan diserahkan langsung oleh petugas pos ke rumah masing-masing penerima, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid 19.
“Penyerahannya akan diberikan secara kontinuitas, masing-masing penerima manfaat mendapat 600 ribu perbulan selama tiga bulan,”sebutnya.
Dikatakan, penerima manfaat ini telah melalui verifikasi dan validasi dari Kementerian Sosial RI. Adapun sasaran penerima manfaat bantuan sosial tunai ini ialah warga miskin yang terdampak Covid-19, yang tidak termasuk kedalam bantuan Sembako dan PKH.
“Kalau untuk bantuan sembako dan PKH, kemarin kita telah salurkan kepada 20.260 KK ditambah lagi 1330 KK lainnya. Dimana sebelumnya tidak menerima program sembako dan PKH. Ini sudah berjalan tiap bulan, masing-masing penerima mendapatkan 200 ribu perbulan,”sebutnya.
Ia berharap bantuan ini dapat dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.
Sebelumnya, dikesempatan yang sama, Bupati Irfendi Arbi juga memberikan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Penerima BLT Dana Desa ini tergantung pada hasil pendataan yang diakukan relawan nagari yang ditugaskan untuk melakukan pendataan.
Adapun, penerima bantuan BLT Dana Desa ini adalah mereka yang termasuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK), yang kehilangan mata pencarian, non PKH, Non BPNT dan Non penerima kartu Pra Kerja, Atau keluarga miskin yang tidak termasuk dalam DTKS.
“Besaran bantuan yang diterima sama dengan BST Kemensos. masing-masing KK mendapatkan 600 ribu pe bulan selama tiga bulan,”sebutnya.
Dari total 79 nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota, baru dua nagari yang telah menuntaskan proses verifikasi terhadap warga miskin terdampak COVID-19 yang berhak menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa ini.
Adapun, dua nagari yang sudah lolos verifikasi itu adalah Nagari Tanjuang Bungo Kecamatan Suliki dan Nagari Lubuak Batingkok, Kecamatan Harau. “Untuk nagari lain kami minta segera menyusul,” sebut bupati.
Dikatakan Irfendi, proses verifikasi memang dilakukan sedemikian rupa, mulai dari jorong, nagari, kecamatan, baru sampai ke tingkat kabupaten. “Dengan waktu yang cukup sempit bisa saja terjadi kesalahan. Apabila memang hal itu terjadi, kita akan verifikasi ulang supaya hasilnya maksimal dan semua warga dapat menerima bantuan sesuai aturan,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal Ucok didampingi kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/nagari Limapuluh Kota, A. Zuhdi Perama Putra, menyebutkan masih ada nagari yang masih melakukan pendataan.
Salah satu kendala yang dihadapi adalah memastikan tidak duplikasinya penerima BLT Dana Desa dengan bantuan sosial lainnya baik pusat, provinsi maupun kabupaten.
“Namun kita patut apresiasi terkait validasi data ini, karena kabupaten Limapuluh Kota merupakan daerah ketiga tercepat disumbar yang telah menerima BLT Dana Desa,” sebut Syafrizal Ucok.
Ia berharap, bagi nagari lainnya yang belum selesai melakukan pendataan agar segera melakukan pendataan, paling lambat minggu kedua bulan Mei, sehingga bisa secepatnya disalurkan kepada penerima manfaat.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).
- Advertisement -

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Polres Pesisir Selatan mengadakan Survei Tata Kelola Eksternal Polres 2021 intuk mendorong perbaikan kinerja Kepolisian Republik Indonesia, khususnya di jajaran Polres Pesisir Selata. Penilaian Indeks Tata Kelola (ITK) tersebut bertempat di aula pertemuan Mapolres Pessel, Kamis (8/4/2021).

Optimalkan Pelaksanaan Pembangunan Tahun 2021, Pemko Payakumbuh Lakukan Monev.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bagian Pengadan Barang Jasa Administrasi Pembangunan (PBJ Dalbang) Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) Triwulan I terhadap pelaksanaan dan pelaporan kegiatan pembangunan tahun 2021 di pemerintahan Kota Payakumbuh, Selasa(6/4).
- Advertisement -

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....
- Advertisement -