Pasaman Barat,BeritaSumbar.com,-Penyelewengan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium (bbm subsidi) sering kali terjadi di sejumlah Stasiun pengisian Bahan bakar umum (SPBU) yang sengaja menjual kepada pedagang eceran yang menggunakan jerigen dan Drum setiap kali pasokan primium tiba.

Seperti yang tertangkap kamera wartawan Beritasumbar.com wilayah kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Rabu 12/06/2019 Sekira Pukul 06:00 Wib di SPBU (Stasiun pengisian bahan bakar umum) No.14.263535 yang berada di Air Balam Kabupaten Pasaman Barat. Terlihat dengan jelas melalui Agen SPBU setempat, Ia mengisi minyak kesejumlah jerigen dan Drum dalam sebuah mobil bak terbuka dengan cara terang-terangan.

Melihat kejadian tersebut,awak BeritaSumbar.com mencoba mengkonfirmasi kepada pihak SPBU. “Iya itu benar, sebetulnya itu tidak diperbolehkan, tapi saya tidak Menutup-nutupi karena hal itu sudah terbiasa terjadi di SPBU” ujar pengawas SPBU Air Balam yang kerap disapa dengan nama Panggilan Can, di ruang kerjanya kepada Beritasumbar.com.

Sementara itu Informasi yang dihimpun dari salah seorang konsumen pengisi jerigen yang berinisial ‘D’  di lokasi SPBU Air Balam mengatakan, ia mengaku adanya pembebanan biaya terhadap konsumen jerigen.

“konsumen jerigen dibebankan biaya Rp. 750 per liter dengan total biaya yang harus dibayar sebesar Rp. 7.200 per liter, sedangkan harga HETnya adalah Rp. 6.450 per liter”, ungkap D. (Joni Harahap)