Hidup adalah perjuangan…!

BeritaSumbar.com,-Gigih berjuang untuk masyarakat, itulah VINO OKTAVIA, S.H., M.H., sejak aktif sebagai mahasiswa, dia bergabung dengan Lembaga Advokasi Mahasiswa & Pengkajian Kemasyarakatan (LAM & PK) Fakultas Hukum UNAND. Di lembaga ini, selama dua tahun, dia terlibat memperjuangan hak atas tanah ulayat dan sumber kehidupan 300 kepala keluarga petani di Nagari Mungo Kabupaten Lima Puluh Kota.  Jenjang perjuangan ini dia lanjutkan bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang sejak tahun 2001.
Sepanjang karirnya bersama LBH Padang, Vino menjadi biang pergerakan organisasi Persatuan Persaudaraan Tani Nelayan Nusantara (P2TANRA). Organisasi ini mengantarkan Vino lebih dekat dengan kaum adat di Sumatera Barat. Kedekatan ini membuatnya ikut berjuang aktif mengadvokasi Perda Provinsi Sumatera Barat tentang Pemanfaatan Tanah Ulayat bersama Paga Alam Minangkabau (PALAM). Di PALAM, Vino didapuk menjadi Kepala Sekretariatan 2003 – 2005.  Organisasi dimana dia terlibat pula menguatkan rasa cinta pada sumber daya alam dan lingkungan hidup.  Hal ini mengantarnya berjuang bersama memberantas pembalakan kayu illegal melalui Masyarakat Anti Illegal Logging (MAIL) Sumatera Barat pada 2005.
Sebagai Direktur LBH Padang periode 2010 – 2015, dia terlibat mendirikan Sekolah Paralegal, sebuah sekolah yang melahirkan kader-kader paralegal berkemampuan hukum dasar untuk membantu masyarakat miskin di komunitasnya.  Sejak 2007 hingga kini, Vino adalah anggota DPC PERADI Padang.  Untuk mendukung hak-hak pekerja media, dia juga terlibat mendirikan dan menjadi anggota LBH Pers Padang sejak tahun 2010.
Sejak 2015, Vino adalah Managing Partner Kantor Advokat, Mediator dan Konsultan Hukum VINO OKTAVIA MANCUN & ASSOCIATES.  Dia juga Mediator bersertifikat dari Mahkamah Agung sejak tahun 2008.
Di kancah internasional, Vino adalah delegasi Indonesia padaSecond Regional Conference of Asian Parliamentarians & Human Rights Defenders on Elimination of Custodial Torture and Ill-treatment in Asia di Hongkong, November 2013.  Pada Juni 2014, di Johanes Burg, Afrika Selatan, dia turut menjadi delegasi Indonesia pada International confrence on Access to Legal Aid In Criminal Justice Systems.
Untuk menyebarluaskan pemahamannya, Vino kerap tampil di depan pubik sebagai pembicara dan narasumber untuk berbagai pelatihan dan lokakarya.  Dia turut aktif menulis buku, diantaranya 1) Pahami Korupsi di Sekitar Kita, terbitan YLBHI 2014; 2) Pedoman Penyelesaian Konflik Kehutanan, terbitan Pokja Timbalun 2014; 3) Kode Etik dan SOP Paralegal, terbitan LBH Yogyakarta 2011; 4) Kearifan Lokal Pengelolaan Sumber Daya Alam, Kekayaan Nagari Menatap Masa Depan, terbitan LBH Padang 2006; dan 5) Obrolan Lapau, Obrolan Rakyat, Sebuah Pergulatan Kembali Ke nagari, terbitanStudio Kendil 2005.  Dia adalah editor buku Paralegal Berbasis Organisasi Rakyat, Aktor Kunci Gerakan Bantuan Hukum Berbasis Komunitas, terbitan LBH Padang 2015.
Vino, lahir di Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok pada 24 Oktober 1979. Vino adalah alumni SD Inpres 82 – 86 Balai Pandan Cupak tahun 1992, SMP Negeri Cupak tahun 1995 dan SMA Negeri 1 Gunung Talang tahun 1998. Selepas SMA, Vino memperoleh undangan melanjutkan pendidikan S1 di Fakultas Hukum UNAND melalui jalur PMDK dan lulus pada tahun 2002 dengan predikat “cum laude”. Pada tahun 2012, Vino kembali melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Hukum UNAND dan meraih gelar Magister Hukum pada tahun 2015. Secara personal, Vino dapat dihubungi melalui Telp/WA : 081363324098, email : vinomancun@gmail.com, fb : vino oktavia mancun.(red)