29 C
Padang
Senin, Juli 26, 2021
Beritasumbar.com

Wawako Suwandel Berikan Jawaban Fraksi
W

Kategori -

Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar,  di depan rapat paripurna DPRD, dengan agenda penyampaian jawaban atau tanggapan Walikota Payakumbuh terhadap   pandangan umum fraksi-fraksi  DPRD, terhadap 12 Ranperda, di gedung dewan setempat, Rabu (4/11), mengemukan tahun 2016 nanti DAK Payakumbuh mencapai Rp150 Miliyar.

Jawaban tersebut disampaikan Wawako Suwandel Muchtar, atas pertanyaan anggota DPRD lewat Fraksi PAN, dalam pandangan umum,  sehubungan berkurangnya belanja daerah dalam RAPBD 2016. Waktu itu, kata wawako, pemko belum menerima kepastian besaran DAK yang akan diperoleh Payakumbuh tahun 2016.

Namun, pada 3 November 2015, setelah penetapan  APBN 2016,  sudah ditetapkan  Payakumbuh mendapatkan alokasi DAK sebesar Rp. 104 Milyar  lebih. Untuk selanjutnya  pemko akan membahas dalam rapat kerja DPRD, menyangkut pendapatan maupun belanja 2016. Rapat paripurna itu, juga dihadiri anggota Muspida, Asisten, pimpinan SKPD, pengurus ormas, LSM dan sejumlah undangan lainnya.

Jawaban walikota dalam rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Suparman itu, diawali dari pertanyaan Fraksi Golkar dan Fraksi PAN, tentang belanja bantuan sosial.  Walikota menjelaskan, terhadap  belanja bansos  yang dianggarkan di APBD, diperuntukkan untuk penangulangan bagi masyarakat yang terkena dampak resiko sosial, seperti kejadian kebakaran atau peristiwa lain yang menimbulkan masalah sosial di tengah masyarakat.

Terhadap kegiatan  kongkrit dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan  memperkuat peran nagari dan lembaga kemasyarakatan dalam pembangunan masyarakat, dikatakan, ada 16 program yang dilakukan, di antaranya,  pengawasan obat dan makanan, perbaikan gizi masyarakat, pencegahan dan penanggulangan penyakit menular, pengadaan dan peningkatan perbaikan sarana dan prasarana puskesmas/pustu serta pecegahan penyakit menular.

Sedangkan agenda memperkuat peran nagari dan lembaga kemasyaratan, tercatat 9  kegiatan yang dilakukan,  di antaranya  peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa,  optimalisasi pelayanan publik, peningkatan kapasitas aparatur pemerintah kelurahan. Wawako juga menjelaskan,  posisi nagari dalam RPJMD.

Atas pertanyaan Fraksi PKS, terhadap pembangunan bidang pendidikan, pemko terus berupaya  mewujudkan karakter yang kuat dan baik pada anak sekolah. Dalam hal ini, dibutuhkan kerjasama dan pengawasan dari semua stakeholder.

Sementara,  untuk penambahan anggaran kesehatan, terutama  iuran keikutsertaan program BPJS untuk masyarakat rentan ekonomi, seperti ditanyakan Frakasi PKS dan PPP, dikatakan, akan disesuaikan dengan data yang ada. Tahun ini, pemko menyediakan dana Rp 4 Milyar, untuk iuran BPJS tersebut.

Terhadap pembangunan pasar tradisional, yang juga ditanyakan Fraksi Hanura dan PPP, pihak pemko akan segera melakukan sosialisasi tentang rencana pembangunan pasar tersebut. Wawako juga menyebutkan, untuk mewaspadai ancaman bahaya kabut asap, dengan menambah anggaran buat pembeli masker.

Keinginan fraksi PAN dan Fraksi Gerindra atas penghargaan yang layak kepada guru-guru honor mulai dari PAUD sampai SLTA, dikatakan wawako akan menjadi perhatian serius. Tiap tahun, pemko  selalu menganggarkan insentif untuk guru-guru PAUD maupun guru-guru honor lainnya.

Wawako juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang disampaikan oleh Fraksi PPP atas keberhasilan Kota Payakumbuh dalam menekan angka kemiskinan dan pengangguran, tentu hal ini tidak terlepas dari usaha dan kerjasama kita semua dan kedepan tentu akan selalu menjadi fokus utama kita dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Payakumbuh tercinta ini.

Terhadap pembangunan  infrastruktur yang  overlapping, seperti  kegiatan cor beton jalan dengan galian pipa PDAM atau kabel telkom, dikatakan akan menjadi perhatian serius bagi pemko dalam melakukan koordinasi. Namun, terhadap galian yang dilakukan tetap diawasi, agar dilakukan pemadatan kembali.

Begitu juga terhadap harapan Fraksi Partai Gerindra, untuk melakukan perumusan pendapatan yang jelas dan terukur, disambut baik oleh pemko. Kedepan,  dalam perencanaan khususnya pendapatan akan dapat diprediksi sesuai dengan potensinya.

Sementara itu,  tentang penyelesaian kantor walikota di lapangan poliko yang ditanyakan, wawako mengatakan, pembangunan Kantor Walikota  di Lapangan Poliko sesuai hasil perencanaan masih membutuhkan anggaran untuk penyempurnaannya sekitar Rp6.5 Milyar lagi. Dalam konteks APBD Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2016 pemerintah Kota Payakumbuh telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 870 Juta.  Berkaitan pemanfaatannya, pemko telah menempatkan BPBD, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, dan Kantor Satpol PP untuk berkantor disana.

Terhadap pertanyaan  Fraksi Partai Bintang Nasdem,  tentang rendahnya persentase kenaikan PAD di tahun 2016 dibandingkan dengan tahun 2015, dijelaskan, dalam memproyeksi Pendapatan Asli Daerah Tahun berikutnya didasarkan kepada Potensi PAD yang ada dan juga mempertimbangkan realisasi pada tahun – tahun sebelumnya.

Begitu juga terhadap sistem drainase yang diinginkan fraksi Bintang Nasdem, akan menjadi perhatian pemko dalam perbaikannya. Ke depan, akan diusahakan tidak terjadi lagi genangan air pada satu kawasan bila terjadi hujan. Begitupun juga dalam pemeliharaan bantaran sungai, agar tak mudah jebol.

Menyangkut masih kurangnya sarana kantor kelurahan, diakui wawako masih ada beberapa kelurahan dan SKPD yang belum memiliki kantor yang representatif serta sarana dan prasarana yang memadai. Terhadap ini pemko, secara bertahap dan selektif  sudah menganggarkan dan melakukan pembangunan beberapa kantor lurah dan SKPD berikut dengan sarana pendukungnya.

Sedangkan, jawaban  atas pertanyaan  Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hanura, terhadap pembangunan pendidikan dan infrastrukturnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, akan menjadi skala prioritas.  Begitu juga terhadap  pembangunan kesehatan. Karena, menurut wawako, peningkatan fisik akan berimbas terhadap peningkatan pelayanan di bidang kesehatan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Seluruh Jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang Ikuti Takbiran Virtual

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang, beserta seluruh jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Semarak Malam Takbiran Idhul Adha Virtual bersama Presiden Republik Indonesia, Senin (19/07/2021) Pukul 19.30 Wib secara Virtual via Zoom Meeting, Channel You Tube, Tv Nasional, dan Medsos Kementerian Agama Republik Indonesia
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Seluruh Jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang Ikuti Takbiran Virtual

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang, beserta seluruh jajaran ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Semarak Malam Takbiran Idhul Adha Virtual bersama Presiden Republik Indonesia, Senin (19/07/2021) Pukul 19.30 Wib secara Virtual via Zoom Meeting, Channel You Tube, Tv Nasional, dan Medsos Kementerian Agama Republik Indonesia
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -