28 C
Padang
Senin, Maret 8, 2021
Beritasumbar.com

Utusan Payakumbuh Sumbang 1 Emas dan 1 Perak Di MTQ Nasional Ke 28
U

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sukses mengelarnya dan sukses menjadi juara umum, adalah prestasi luar biasa yang ditorehkan oleh Provinsi Sumatera Barat sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 28 tahun 2020 setelah mengalahkan Provinsi DKI Jakarta yang berada pada posisi kedua dan Provinsi Jawa Timur pada posisi ketiga. Sebelumnya, Provinsi Sumbar hanya bisa berada di urutan ke 14 pada MTQ Nasional ke 27 di Medan, tahun 2018 lalu.

Berdasarkan Keputusan Dewan Hakim MTQ Nasional Nomor 01/Kep.DH/MTQN-XXVIII/2020 yang dibacakan Prof. Dr. H. M. Roem Rowi, MA di acara penutupan di Masjid Raya Sumatera Barat, Jumat (20/11) malam.

Namun, prestasi membanggakan itu tak hanya dirasakan oleh Provinsi Sumbar saja, Kota Payakumbuh turut bersuka cita. Karena Muhammad Harun Arrasyid, dan Muhammad Dhonan Lathif, dua siswa SMA IT ICBS Payakumbuh utusan Kota Payakumbuh untuk mewakili Provinsi Sumbar itu telah mencatatkan nama sebagai Juara 1 pada cabang Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) Putra, meraih medali emas setelah di pertandingan final berhasil mengalahkan Provinsi Sumatera Utara dan DKI Jakarta.

Bahkan, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno terharu sempat mengeluarkan air mata menyaksikan langsung perlombaan kafilah Sumbar MTQ tingkat Nasional ke XXVIII tahun 2020 cabang Fahmil Qur’an di Auditorium Universitas Negeri Padang, Kamis (19/11). Karena kemenangan pada cabang MFQ adalah yang pertama masuk catatan raihan emas untuk Sumbar pada MTQ Ke 28 itu.

Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi saat mengetahui hasil yang diraih itu Jumat (20/11) malam reaksinya kaget dan terharu. Utusan Kota Payakumbuh yang mewakili Sumbar dapat berkontribusi memberikan kemenangan besar di iven keagamaan Islam rutin berskala Nasional itu.

Mereka adalah Putra Putri kebanggaan Kota Payakumbuh, dimana selain M. Harrun Arrasyid dan Muhammad Dhonan Lathif untuk cabang Fahmil Qur’an Putra meraih juara 1 (medali emas), Kuntum Khaira Ummah untuk cabang Syahril Qur’an Putri meraih juara 2 (medali perak), dan Diang Kumala untuk cabang Fahmil Qur’an Putri meraih harapan 3.

“Selamat, kita bangga memiliki ananda-ananda hebat yang bisa meraih juara satu maupun yang sudah mewakili Sumbar dari Kota Payakumbuh. Kemenangan ini bisa mengharumkan nama kota dan provinsi kita tercinta,” kata Wali Kota Riza Falepi.

Menurut Riza, hikmah dari MTQ di tengah pandemi Covid-19 saat ini adalah agar ditingkatkan rasa takwa kepada Allah yang maha kuasa, hari ini Sumbar menang MTQ, insyaallah dunia akan menang melawan Covid-19.

“Dari para peserta MTQ ini, kita ambil hikmahnya, kalau mereka adalah para pejuang dari Sumbar dengan meraih prestasi dan mengangkat nama Sumbar di tingkat nasional. Bahkan diharapkan bisa menjadi duta ditingkat Internasional dan sekaligus ikut syiarkan agama Islam di muka bumi ini,” pungkas Riza.

Ketua LPTQ Kota Payakumbuh Rida Ananda didampingi Kabag Kesra Setdako Ul Fakhri yang sangat support kepada peserta dari Payakumbuh serta hadir langsung di acara pembukaan dan penutupan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, mulai dari kantor kemenag, official, pelatih, guru, dan orang tua anak yang telah mendukung dan memberikan dorongan moril serta marterilnya sehingga peserta dapat tampil dan memberikan hasil sebuah prestasi besar.

“Kesra, LPTQ, organisasi keagamaan di kota Payakumbuh sangat antusias memberikan dukungan kepada kafilah Sumbar, terutama yang berasal dari Payakumbuh, dengan cara hadir langsung disetiap lokasi cabang lomba yang diikuti kafilah yang berasal dari Payakumbuh. Prestasi ini milik kita semua, dan patut kita syukuri. Sebagai orang islam, ini adalah kebanggaan kita bersama,” pungkas Rida Ananda. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Pimpin Apel Gabungan Perdana

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri memimpin apel gabungan perdana di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Selasa, (2/3/2021).
- Advertisement -

Warga Transmigrasi Padang Tarok SP 1 Dapat Pelatihan Keterampilan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Untuk peningkatan nilai ekonomis produksi lahan perkebunan warga transmigrasi Padang Tarok SP 1 Kecamatan Kamang Baru kabupaten Sijunjung, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sumbar melakukan pelatihan keterampilan bagi warga transmigrasi. Adapun pelatihan yang diselelenggarakan Dinas Trans Sumbar ini kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.
- Advertisement -

Bersama IKAB Pessel, Wabup Sambut Kunjungan IKAB Kota Palembang

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Jarak bukan menjadi halangan dalam menjalin Silaturrahmi, ini dilakukan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB) Kota Palembang, dengan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB), Kabupaten Pesisir Selatan. Kemarin, Minggu (7/3) kemaren.

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Hadiri Musda XIV Pemuda Muhammadiyah, Ini Pesan Wawako Erwin Yunaz

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wakil Wali Kota Payakumbuh menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) XIV Pemuda Muhammadiyah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang digelar di Gedung Dakwah PDM Kota Payakumbuh, Sabtu (7/3).

Kelurahan Padang Karambia Gelar Pemilihan Ketua LPM Dan Karang Taruna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - "Mamiliah Badunsanak" begitu slogan dalam pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Karang Taruna (KT) Kelurahan Padang Karambia yang dilaksanakan bak pemilihan Kepala Daerah ini, yang dilaksanakan di MTI Tarbiyah Padang Karambia, Minggu (07/03).

Datuak Pangulu Rajo Nan Hitam Terpilih Sebagai Ketua KAN Koto Nan Ompek

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Pemilihan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Ompek akhirnya terpilih Datuak Pangulu Rajo Nan Hitam, acara ini di gelar di Balai Adat Nagari Koto Nan Ompek, Sabtu, (6/3) kemaren.

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Rayakan Hari Jadi Ke-102, Damkar Kota Payakumbuh Hadirkan Pakaian Aluminized

Dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh hari ini memperingati hari jadi mereka yang ke-102. Bertempat di posko Pemadam Kebakaran kota Payakumbuh Jalan Luhak 50 Nomor 1 kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh meriahkan hari jadi yang ke-102 di tahun 2021 dengan membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Akhir Pekan Ala Erwin Yunaz, Seaspal Bareng Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru

Siapa sangka kalau akhir pekannya diisi oleh seorang Erwin Yunaz dengan melakukan touring perdananya menikmati keindahan alam Provinsi Sumatera Barat bersama Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru, yaitu klub otomotif sepeda motor yang sudah terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh.

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.
- Advertisement -