25.1 C
Padang
Rabu, September 29, 2021
Beritasumbar.com

TP PKK Gandeng IIP Gelar Seminar Ibu Profesional
T

Kategori -

Peran penting ibu dalam keluarga, mempunyai imbas terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak ke depan. Apabila ibu tersebut tidak profesional dan kurang pengetahuan, maka akan terjadi generasi yang nantinya berperan sebagai penonton, bukan sebagai pelaku dalam kehidupannya.

Mengingat betapa pentingnya peran ibu di tengah keluarga itu, membuat  TP PKK Kota Payakumbuh bekerjasama dengan IIP (Institut Ibu Profesional) Cabang Payakumbuh danLimapuluh Kota,  menggelar seminar sehari bertemakan  Membangun Peradaban dari Rumah, bertempat di aula SKMN 2 Payakumbuh, Minggu (9/11).

Seminar sehari ini, seperti yang disampaikan oleh Zaminah, ketua Panitia, mendatangkan 2 orang narasumber sekaligus. Mereka adalah pasangan suami istri, founder dari Institut Ibu Profesional (IIP), yakni Dodik Maiyanto dan Septi Peni Wulandani. Para peserta berjumlah 750 orang yang berasal dari guru-guru PAUD sampai SLTA di Kota Payakumbuh, Anggota Dharma Wanita Payakumbuh, Anggota GOW, serta masyarakat yang peduli tentang kesejahteraan keluarga.

Menurut Wakil Ketua TP PKK Kota Payakumbuh, Ny. Merry Benni Warlis, nama narasumber mungkin terdengar asing bagi warga Payakumbuh pada umumnya. Namun, berbagai prestasi dan penghargaan tingkat nasional dan internasional, telah berhasil mereka raih dalam bidang pemberdaya masyarakat dan bidang pendidikan.

“Mereka merupakan orang-orang yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan dibidang pendidikan anak yang berkarakter sejak usia dini. Makanya, TP PKK Kota Payakumbuh mengundang mereka berdua untuk berbagi ilmu dengan kita semua, sehingga dapat kita terapkan di rumah masing-masing” ujar Ny. Meri Benni Warlis.

Selain itu, Staf Ahli Walikota Payakumbuh ini menambahkan, seminar sehari ini juga bertujuan membuka wawasan para ibu dan para orangtua di Payakumbuh, untuk bisa menjadi orangtua yang profesional dalam menumbuh kembangkan potensi dan pendidikan anak.

”Kita tidak ingin, generasi masa depan kita nanti, tidak mempunyai bekal dalam menjalani kehidupan. Bukan hanya bekal materi, namun juga memiliki bekal berupa mental dan pendidikan yang kuat, sehingga tidak melenceng dari apa yang telah diajarkan Islam kepada kita semua” ujar dr. Merri lagi.

Disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Ir. Benni Warlis, MM, Pemko sangat mengapresiasi acara seminar yang digelar oleh TP PKK Kota Payakumbuh ini. Hal ini membuktikan, TP PKK sebagai wadah masyarakat, memiliki perhatian lebih dalam menciptakan keluarga yang sejahtera.

“Seminar ini sangat dibutuhkan oleh keluarga warga Payakumbuh yang ingin menciptakan keluarga yang bisa hidup bersama dan saling berdampingan mencapai masa depan. Anak-anak kita perlu diberikan pembekalan untuk menjalani kehidupan mereka kelak. Oleh karena itu, para orangtua juga harus bisa menjadi orangtua yang kompeten, yang bisa membekali anak dengan apa yang mereka butuhkan nantinya” sambut Sekda.

Sementara itu, menurut Betty Arianti, ketua IIP cabang Payakumbuh dan 50 Kota, IIP sendiri telah berdiri sejak 2012 yang lalu, dengan beranggotakan 600 orang lebih yang tersebar di LuhakLimopuluah. Mereka merupakan kumpulan ibu-ibu yang peduli tentang pendidikan anak dan keluarga. Para anggotanya akan dibekali pengetahuan bagaimana menjadi Ibu yang Profesional mengelola keluarga.

“Jadi peran Ibu dirumah tangga tidak hanya menjadi pengurus rumahtangga, namun juga sebagai perencana dan pembina masa depan anak-anaknya bersama para Bapak-bapak” kata Betty. Bagi yang ingin bergabung, kata Betty lagi, bisa mengakses www.ibuprofesional.com atau menghubunginya di nomor telepon 081363423395. “Semuanya gratis tanpa dipungut biaya” tutup Betty.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Trik Aman Belanja Online Dikupas di Pasaman Barat

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, — Untuk menjaga masyarakat agar tidak menjadi korban penipuan di era digital, Kementerian Kominfo RI menghadirkan webinar di Pasaman Barat, (4/9).
- Advertisement -

Pasar Online Dibahas di Pasaman Barat, Ini Tips UMKM Bertahan Saat Pandemi

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, — Wirausahawan Kuliner Kopi Tarik Ulur, Agung Pramudya Wijaya menjelaskan akibat pandemi Covid-19, pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan. Cara bertahan yang paling ampuh yaitu dengan mengoptimalkan pasar online.

Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Gelar Praktek Penyelenggaraan Jenazah Covid-19

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Kauman Muhammadiyah Padang Panjang_Untuk memberikan edukasi penyelenggaran jezanah Covid-19, sebanyak 77 Santri Kelas XII Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang ikuti pelatihan di Aula Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Padang Panjang, Jumat (24/09/2021).
- Advertisement -

LPPKI Selenggarakan Legal Training Buat Insan Perbankan

Solok -BeritaSumbar.com,-Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) menyelenggarakan Legal Training buat insan Perbankan yaitu Bank Prekreditan Rakyat (BPR) yang diikuti oleh perwakilan BPR se Kota dan Kabupaten Solok serta Solok Selatan yang diadakan di hotel Taufina Kota Solok, pada Kamis 23 September 2021.

Kasus Covid 19 Terus Melandai, Tidak Ada Penambahan Positif dan 1 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Minggu (26/09) kasus aktif virus corona tinggal 24 kasus.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -