25.5 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Taruko Menuju Kampung Wisata
T

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

Kadisparpora Payakumbuh Desmon Corina mengatakan pemerintah melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mendukung adanya keinginan masyarakat untuk menjadikan Kawasan Taruko menjadi sebuah destinasi wisata. Hal ini disampaikannya saat menggelar pertemuan dengan stakeholder terkait seperti anggota DPRD Payakumbuh, Camat Payakumbuh Utara, Lurah Ikua Koto Dibalai, Ketua LPM, Wakil Ketua Pokdarwis, dan KWT serta pihak Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang akan mendampingi Taruko Payakumbuh menuju Kampung Wisata.

“Pemerintah sebagai fasilitator siap mendukung keinginan masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Taruko. Kemudian diharapkan nantinya juga dapat memaksimalkan potensi yang ada tanpa harus mendatangkan dari luar,” kata Kadisparpora Payakumbuh didampingi Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMSB Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Mochammad Abdi menambahkan keinginan menjadikan Taruko Payakumbuh menjadi Kampung Wisata telah lama direncanakan. Salah satunya dengan terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sejak tahun lalu.

“Awalnya sekitar bulan Desember 2019 dan berlanjut hingga awal tahun 2020. Tapi karena pandemi menyebabkan persiapan dan keinginan tersebut tertunda hingga akhirnya tahun 2020 habis,” kata Wakil Rektor III UMSB yang sebelumnya juga mendampingi Kampung Adat Saribu Rumah Gonjong di Kabupaten Lima Puluh Kota hingga masuk 3 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori Kampung Adat Terpopuler.

Memasuki tahun 2021 ini, ia berharap keinginan masyarakat Taruko dapat terlaksana dan diwujudkan agar tahun 2021 ini juga dapat diusulkan untuk mengikuti Anugerah Pesona Indonesia 2021 yang digelar oleh Kementerian Parekraf. Sebab menurut Wakil Rektor III UMSB Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri ini, Taruko memiliki potensi wisata yang dapat bersaing, baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

“Saat ini Pentahelix Payakumbuh untuk mewujudkan Taruko menjadi Kampung Wisata telah terpenuhi. Buktinya telah hadir pihak akademisi, pelaku industri pariwisata, komunitas pariwisata, pemerintah yaitu Disparpora dan DPRD Payakumbuh yang diwakili oleh Pak Mustafa, dan media,” ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Payakumbuh, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh, Camat Payakumbuh Utara, Lurah Ikua Koto Dibalai, Ketua LPM, Wakil Ketua Pokdarwis dan KWT serta perwakilan media. (Relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gandeng Satres Narkoba, Kepala Rutan Sawahlunto Razia Narkoba di Sel Tahanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 86 warga binaan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B kota Sawahlunto, 3 diantaranya perempuan, diperiksa satu persatu. Bahkan, usai diperika seluruh ruang tahanan pun digeledah oleh petugas Rutan di bawah komando Subhan Malik, Selasa 6/4).
- Advertisement -

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Indonesia Records Rilis 3 Versi Lagu ‘Bahagia Untukmu’ dari Rara Zen, Luddy Roos, dan Nay X Zul

Indonesia Records akan mengukir sejarah baru di industri musik Indonesia. Label musik tersebut merilis lagu Bahagia Untukmu karya Bagus Aryanto, Musisi asal Kota Malang, Jawa Timur. Lagu tersebut dirilis secara serentak dalam 3 versi pada 23 April 2021 di platform YouTube dan digital musik stores.
- Advertisement -

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Santri Ponpes Al Jauhar IKHD Kota Duri Senang Ke Sentra IKM Randang Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Kota Payakumbuh dengan brandingnya The City of Randang sudah menjadi bagian dari destinasi wisata bagi semua kalangan, baik berasal dari dalam maupun luar Sumatera Barat.
- Advertisement -