24 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Taruko Menuju Kampung Wisata
T

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

Kadisparpora Payakumbuh Desmon Corina mengatakan pemerintah melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mendukung adanya keinginan masyarakat untuk menjadikan Kawasan Taruko menjadi sebuah destinasi wisata. Hal ini disampaikannya saat menggelar pertemuan dengan stakeholder terkait seperti anggota DPRD Payakumbuh, Camat Payakumbuh Utara, Lurah Ikua Koto Dibalai, Ketua LPM, Wakil Ketua Pokdarwis, dan KWT serta pihak Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang akan mendampingi Taruko Payakumbuh menuju Kampung Wisata.

“Pemerintah sebagai fasilitator siap mendukung keinginan masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Taruko. Kemudian diharapkan nantinya juga dapat memaksimalkan potensi yang ada tanpa harus mendatangkan dari luar,” kata Kadisparpora Payakumbuh didampingi Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni.

Sementara itu, Wakil Rektor III UMSB Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Mochammad Abdi menambahkan keinginan menjadikan Taruko Payakumbuh menjadi Kampung Wisata telah lama direncanakan. Salah satunya dengan terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sejak tahun lalu.

“Awalnya sekitar bulan Desember 2019 dan berlanjut hingga awal tahun 2020. Tapi karena pandemi menyebabkan persiapan dan keinginan tersebut tertunda hingga akhirnya tahun 2020 habis,” kata Wakil Rektor III UMSB yang sebelumnya juga mendampingi Kampung Adat Saribu Rumah Gonjong di Kabupaten Lima Puluh Kota hingga masuk 3 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori Kampung Adat Terpopuler.

Memasuki tahun 2021 ini, ia berharap keinginan masyarakat Taruko dapat terlaksana dan diwujudkan agar tahun 2021 ini juga dapat diusulkan untuk mengikuti Anugerah Pesona Indonesia 2021 yang digelar oleh Kementerian Parekraf. Sebab menurut Wakil Rektor III UMSB Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri ini, Taruko memiliki potensi wisata yang dapat bersaing, baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

“Saat ini Pentahelix Payakumbuh untuk mewujudkan Taruko menjadi Kampung Wisata telah terpenuhi. Buktinya telah hadir pihak akademisi, pelaku industri pariwisata, komunitas pariwisata, pemerintah yaitu Disparpora dan DPRD Payakumbuh yang diwakili oleh Pak Mustafa, dan media,” ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Payakumbuh, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh, Camat Payakumbuh Utara, Lurah Ikua Koto Dibalai, Ketua LPM, Wakil Ketua Pokdarwis dan KWT serta perwakilan media. (Relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -

Bambang Surya Irwan Lantik Drs. Hamdani Hasnam, M.Si Sebagai Anggota DPRD Sijunjung

Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Bambang Surya Irwan melantik dan mengambil sumpah jabatan Anggota dewan dari Kader Partai Golkar. Pelantikan dan pengucapan sumpah anggota dewan ini, Sesuai dengan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-4-2021, tentang pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Saudara Drs. Hamdani Hasnam, M.Si, sisa masa jabatan tahun 2019-2024, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Gedung DPRD Sijunjung, Selasa(26/1).

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.
- Advertisement -

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Komisi A DPRD Kota Payakumbuh Kunjungi Disdukcapil

Mengawali tahun 2021 Ditengah masih berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Anggota KomisiA DPRD kota Payakumbuh lakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2021.

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Disnakerin Payakumbuh Berinfak, Bantu Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh Wal Asri bersama jajarannya kembali mendatangi Pesantren Cahaya Islam yang berada di Jalan Puti Elok Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (26/1).

Sempat 4 Tahun Kosong, Pengadilan Negeri Payakumbuh Sekarang Miliki Wakil Ketua

Sudah 4 tahun lamanya Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh tidak memiliki pejabat wakil ketua. Akhir-akhir ini, beberapa pengadilan negeri di Sumatera Barat memang kekurangan pejabat struktural, salahsatunya untuk jabatan wakil ketua, seperti di Payakumbuh.

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Maksimalkan Pelayanan Keliling

Sejak awal tahun 2021 ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh langsung tancap gas melakukan pelayanan keliling, salah satunya adalah perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum rekam dan memiliki KTP-el.
- Advertisement -