28 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

SMPN 1 Payakumbuh Gelar Seminar PTK
S

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa “Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”. Empat kompetensi tersebut adalah kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi Pedagogik dan kompetensi profesional.

Kompetensi kepribadian dan sosial dapat ditingkatkan melalui berbagai aktifitas sosial kemasyarakatan, sedangkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional harus dikembangkan melalui berbagai pendidikan dan pelatihan serta penelitian ilmiah. SMPN 1 Payakumbuh sebagai Sekolah Rujukan memiliki berbagai program untuk selalu meningkatkan kompetensi para guru di sekolah tersebut.

Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh akan selalu mengapresiasi karya – karya guru baik berupa laporan penelitian maupun dalam bentuk buku dan tulisan fiksi serta non fiksi. Setahu kami, untuk tahun 2017 ini baru SMPN 1 Payakumbuh yang pertama meluncurkan program fasilitasi guru meneliti (PTK) dengan jumlah terbanyak yang berasal dari satu sekolah yakni 11 orang, sudah bisa diseminarkan.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang diwakili oleh H. Dasril, M.Pd saat membuka Seminar PTK di Aula SMPN 1 Payakumbuh, Rabu (27/12) didampingi Koordinator Pengawas Drs. Armi,
MM dan Narasumber DR. Gusrizal, M.Pd.

“Kami mengharapkan setelah pelaksanaan seminar agar menyempurnakan laporan PTK masing – masing dan di kirim ke redaksi jurnal ilmiah nasional ber ISSN supaya bisa di pakai buat angka kredit naik pangkat guru,” imbuh Dasril.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Payakumbuh, Hj. Desfiwati, M.Si menjelaskan, bahwa setiap guru harus selalu meningkatkan kompetensi yang harus dikuasai secara baik oleh setiap guru sebagai tenaga pendidik.

“Diantara program tersebut adalah fasilitasi dari sekolah untuk melalukan penelitian dan pengembagan dalam yang dikemas dengan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Untuk memudahkan para guru SMPN 1 Payakumbuh melakukan PTK kami sengaja memfasilitasi para guru yang berminat dan termotivasi untuk meneliti. Fasilitasi yang disediakan antara lain biaya mendatangkan narasumber, pendamping kegiatan dan pembanding / pemrasaran dalam Seminar PTK serta biaya ATK dan konsumsi kegiatan,” sebut Desfiwati

” Seminar ini kita laksanakan sehari penuh. Saat ini Seminar PTK dikuti 11 orang guru – guru SMPN 1 Payakumbuh yang telah melakukan penelitian dan sampai mengikuti seminar PTK sebagai berikut, yaitu Syofwarni, Yunia Irianti, Khairanis, Lisa Rahmawati, Yulianis, Ade Candra, Mesra, Indra Abdi Candra, Rifka Dewi, Nurhayati dan Eva Yeni. Terima kasih Dinas Pendidikan dan Narasumber. Kita berharap, semua yang kita impikan dapat terwujud, Insyaallah,” sampul Desfiwati.

Salah seorang peserta Seminar, Indra yang keseharian sebagai Guru BK menuturkan, saat ini kami sedang menerima paparan materi dari nara sumber DR. Gusrizal, M.Pd.

” Kita sangat menyambut baik diselenggarakannya seminar PTK ini, karena manfaatnya juga untuk kita sendiri sebagai tenaga fungsional. Selanjutnya kita juga berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan dan memotivasi guru dan tenaga fungsional lain,” terang Indra singkat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling

Mobil Samsat keliling mempermudah dan meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka, kata Kepala Samsat Sijunjung, Masri, diruang kerja, Kamis (21/1).

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .
- Advertisement -

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Panitia ASN Berkurban 1442 H Kota Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan

Sukses dalam pelaksanaan ASN Berkurban tahun lalu serta lebih terkoordinirnya untuk pelaksanaan ibadah kurban tahun 2021, panitia ASN berkurban 1442 H melaksanakan rapat persiapan di ruangan Sekretaris Daerah, Selasa (19/01).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.
- Advertisement -