25 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Riza Falepi, RPJMD Harus Terukur
R

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka mewujudkan visi misi pembangunan Kota Payakumbuh dibawah kepemimpinan Walikota, Riza Falepi bersama Wakil Walikota, Erwin Yunaz sesuai amanat UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Otonomi Daerah dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD, pemko Payakumbuh menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kota Payakumbuh yang dikuti sekitar 400 lebih peserta. Musrenbang digelar di GOR M. Yamin dibuka oleh Walikota Payakumbuh. Sebelum musrenbang tingkat kota ini digelar, sebelumnya telah digelar musrenbang tingkat OPD.

Selain Walikota, tampak hadir dalam Musrenbang ini Wakil Walikota, Erwin Yunaz, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmatio Alam, Kepala Bappeda, Rida Ananda, Dandim 0306/50 kota, Solikhin, Danyon 131/BS, Yusuf Saut Tanjung, Waka Polres, Edisra, Sekda, Asisten, Pimpinan OPD, Kepala BNNK, Kepala Kankemenag bersama instansi vertikal, perbankan, Camat, Lurah, LPM, ormas, tokoh adat, bundo kanduang, fasilsator kelurahan, awak media dan peserta lainnya. Selain itu juga hadir Ketua TP PKK Kota, Henny Yusnita Riza Falepi yang didampingi Magdalena Erwin Yunaz.

Musrenbang tingkat Kota Payakumbuh pada Rabu (27/12) diawali dengan pembacaan wahyu ilahi oleh Censo dan pembacaan doa oleh Kanapi.

Kepada Walikota dan para hadirin, Kepala Bappeda yang diwakili Kabid Sosbud, Yuswaldi melaporkan pelaksanaan musrenbang.

” Musrenbang RPJMD 2017 – 2022 tingkat Kota payakumbuh akan berlangsung selama 2 hari yang kita mulai hari ini hingga esok Kamis. Adapun tujuan kegiatan untuk menampung aspirasi dari semua unsur pemangku kebijakan dan peserta RPJMD sehingga terwujud Rancangan sesuai rpjmd 2017-2022 yang selaras dengan visi dan misi, yang selanjutnya kita sebut sebagai output kegiatan. Dalam musrenbang ini kita akan mendengarkan berbagai paparan dari OPD yang akan kita klasifikasikan menjadi 5 komisi yang akan melakukan sidang pleno yang akan kita lanjutkan ke sidang komisi pada hari kedua pelaksanaan musrenbang ini. Untuk sidang komisi mendatang, komisi I akan berdiskusi di GOR M. Yamin,  Komisi II di aula Bappeda, komisi III di aula Diknas, Komisi IV di aula PU dan Komisi V di aula Koperasi Payakumbuh Timur. Setiap komisi akan didampingi tenaga teknis dan tim ahli,” lapor Yuswaldi

Menanggapai pelaksanaan musrenbang, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB. Dt. Parmato Alam dalam harapannya menyampaikan visi dan misi kepala daerah akan tertuang dalam RPJMD.

“Pergantian kepala daerah seringkali mengabaikan RPJMD yang telah disepakati sebelumnya. Mendatang kita berharap, RPJMD yang belum terlaksana atau terkendala, agar dilanjutkan secara optimal. Karena RPJMD adalah visioner kepala daerah dalam membangun daerah sekaligus harapan dan tumpuan masyarakat. Selamat melaksanakan musrenbang, marilah kita membahas rencana strategis, penajaman rencana sehingga dapat kita eksekusi dalam 5 tahun kedepan,” sambut wakil rakyat.

Membuka musrenbang tingkat Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengharapkan musrenbang berjalan sesuai sistematika yang telah dirancang.

” Berbagai kesepakatan dan komitmen telah kita rancang dengan instansi vertikal. Selain itu koordinasi yang baik dengan berbagai unsur, termasuk masyarakat Tanjung Pauh, Ibuh dan Limbukan. Sebagai kepala daerah kita akan tuangkan dan jabarkan visi dan misi di dalam RPJMD. Dalam menyusun RPJMD, Kami berharap akan menghasilkan rancangan yang tajam. RPJMD yang berhasil dan berdaya guna. Kita tidak butuh RPJMD yang berbahasa baik saja dan muluk-muluk. Tapi RPJMD HARUS TERUKUR yang diturunkan menjadi indikator KINERJA UTAMA. Ini mindset baru yang kami bawa. Kita tak segan bolak-balik untuk belajar ke KemenPAN & RB. Dan mindset kita itu kita sudah cocokkan dengan regulasi yang berlaku,” ungkap Riza Falepi

“Inilah yang melatarbelakangi kami melahirkan mindset ini. Harus jelas SAKIP, karena SAKIP kita dinilai. SAKIP Kita masih banyak yang harus diperbaiki. Selain itu, kami juga didesak Bapak Presiden Jokowi, untuk lebih FOKUS dan selesaikan semua rencana yang telah di RPJMDkan,” imbuh Walikota Riza Falepi.

Setelah Walikota membuka secara resmi musrenbang RPJMD tahun 2017-2022, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan paparan rancangan rencana pembangunan oleh Kepala Bappeda, Kepala DPPKA dan Tim Ahli. Dalam musrenbang ini juga menghadirkan berbagai narasumber, termasuk narasumber dari  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unand.

Di hari kedua pelaksanaan musrembang akan dilaksanakan sidang komisi di 5 lokasi yang telah ditetapkan panitia penyelenggara kegiatan

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rezka Oktoberia Lantik Ketua Unit Kerja Srikandi PP Se Kota Sawahlunto

Ketua Unit Kerja Srikandi Pemuda Pancasila Sawahlunto dilantik pada Minggu 24/01 kemaren. Menariknya, yang melantik lansung ketua DPW Srikandi PP Sumbar. Hal ini merupakan pertama di SumbarPelantikan Unit Kerja Kecamatan Srikandi PP Dilantik lansung ketua DPW.
- Advertisement -

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling

Mobil Samsat keliling mempermudah dan meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka, kata Kepala Samsat Sijunjung, Masri, diruang kerja, Kamis (21/1).
- Advertisement -

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Maksimalkan Pelayanan Keliling

Sejak awal tahun 2021 ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh langsung tancap gas melakukan pelayanan keliling, salah satunya adalah perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum rekam dan memiliki KTP-el.

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).
- Advertisement -